Analisa Peluang Kemungkinan Jorge Lorenzo juara MotoGP 2016 , BlogOtive – Kembali lagi kita akan menggunakan perhitungan matematis kesempatan untuk pembalap Movistar Yamaha yang saat ini berada di klasemen tiga sementara MotoGP musim ini dengan selisih yang cukup jauh dari klasemen pertama yang saat ini disandang Marquez.

Jorge Lorenzo juara dunia
Jorge Lorenzo terakhir juara tahun 2015 lalu dan 2012 silam

Jika kemarin kita juga sudah menganalisa bagaimana Peluang Marquez dan Peluang Rossi sekarang lanjut ke Lorenzo yang saat ini memiliki gap 14 poin dari posisi kedua, Valentino Rossi dan gap 66 poin. Cukup sulit untuk Lorenzo bisa juara mengingat selisih yang begitu banyak, hampir tidak mungkin untuk keadaan normal. Kemungkinan yang masih bisa terjadi adalah Lorenzo bisa runner-up, menggeser klasemen Rossi. Itu mission possible por fuera saat ini.

Kita bakalan menganalisa berdasarkan pengandaian dalam 4 race sisa selama musim ini (total 18 race) melalui sebuah drawing berikut ini;

Drawing data peluang pembalap MotoGP juara
Drawing data peluang pembalap MotoGP juara

Bisa dilihat data diatas menampilkan bagaimana kemungkinan yang terjadi apabila ketiga pembalap ini menempati podium tertentu (1-5) dengan berapa poin yang akan mereka dapat. Dengan gambar diatas, Otivers sudah bisa menyimpulkan senidiri bagaimana agar Lorenzo juara, kurang lebih kalau BlogOtive simpulkan adalah berikut ini

Peluang Kemungkinan Lorenzo juara MotoGP 2016

Lorenzo bisa juara asalkan beberapa kondisi ini terjadi;

  • Lorenzo harus cleansheet di 4 race terakhir tetapi Marquez harus tampil buruk, setidaknya selalu finish diurutan 6 hingga akhir musim.
  • Marquez melakukan kesalahan, DNF sebanyak minimal sebanyak 3 kali

Analisa diatas bukan untuk mendoakan yal yang negatif untuk Marc, tetapi hanya untuk diambil kemungkinan terburuk yang bisa membuat peluang Lorenzo juara, sangat kecil peluang untuk Marc untuk DNF sebanyak itu kecuali memang nasib, toh rekor DNF Marc musim ini lebih sedikit daripada rekor Lorenzo, musim ini Marquez luar biasa, lebih dewasa dan konsisten.

Peluang yang masih terbuka lebar adalah ketika Lorenzo mengincar runner-up saja dengan melampaui perolehan poin Rossi dan meninggalkan mimpi untuk mengulang juara tahun lalu, nah bagaimana kesempatan Lorenzo untuk jadi runner-up, berikut analisanya;

  • Lorenzo harus selalu finish di depan Rossi hingga akhir musim (namun harus minimal posisi 2 3, jika posisi diatas 3 4 maka poin Lorenzo tetap terlampaui)
  • Lorenzo cleansheet di sisa race
  • Rossi DNF 2 kali, Lorenzo selalu finish di posisi dua
  • dan kemungkinan-kemungkinan lainya yang bisa diambil kesimpulan dari drawing perumpamaan diatas

Nah, bagaimana, semakin seru saja perebutan gelar Rossi dan Lorenzo untuk sisa-sisa race ini. Selanjutnya BlogOtive masih akan memberikan Analisa Peluang keduanya untuk bisa menjadi juara/runner-up MotoGP 2016 setelah kita melihat hasil di race ke-15, Motegi Jepang.

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu