Beranda Yamaha New Yamaha R15 Facelift, kemungkinan DOHC ?

New Yamaha R15 Facelift, kemungkinan DOHC ?

7
BERBAGI

BlogOtive – Analisa Yamaha R15 yang akan mengusung tipe Facelift dengan power mesin yang lebih, mungkinkah New Yamaha R15 Facelift menggunakan lampu LED atau mesin DOHC ?.

Yamaha memang terbilang ‘pelit’ dalam memberikan mesin tipe Double Camshalft pada motornya, ada di level tertentu motor yamaha bisa menerapkan tipe ini, seperti kelas mesin berkapasitas 250 cc keatas, seperti YZF-R25 yang menggunakan Double Overhead Camshalft (DOHC) ditambah lagi dengan Double Cyliner (Twin Cylinder), lah karena akhir-akhir ini kita mendengar Informasi bahwa Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mendaftarkan kode Yamaha BG7 ke Kementerian Perindustrian RI yang kemudian sama dengan yang sedang di rakit di Jepang bahwa produk ini adalah pembaruan dari Yamaha YZF-R15. adakah kemungkinan menganut juga sistem DOHC pada R15?

Kita sama-sama mengetahui bahwa current Yamaha R15 masih menggunakan Single Overhead Camshalft (SOHC) setara dengan motor-motor Yamaha di kelas 150cc seperti Vixion dan Byson, jika ditelaah memang ada perbedaan antara ketiga motor Yamaha dengan mesin SOHC ini dimana Yamaha R15 sebagai motor tipe Performa jelas lebih memiliki power yang lebih tinggi dibandingkan Duo Naked Vixion dan Byson dibawahnya, perbedaan lain Yamaha R15 sudah bertransmisi 6 speed.

Sebenarnya jika BlogOtive boleh beropini sedikit, tipe SOHC kurang sesuai diterapkan untuk motor Perform seperti YZF-R15, dimana kompetitor di tipe Full-Fairing seperti Honda CBR150R atau Ninja 150 (2tak) saja sudah menerapkan mesin tipe DOHC. Untuk motor naked yang diposisikan dibawah R15 seperti Vixion dan Byson dibilang okelah.. namun apakah cocok untuk motor seperti YZF-R15 ini? tidak kan. yups, kembali ke alasan pabrikan dan opini masing-masing (meski kata YIMM mesin SOHC masih powerfull samakah dengan Yamaha Global?). jika hal ini dimungkinkan seperti itu (R15 DOHC), maka leveling motor Yamaha akan seperti ini

  1. Yamaha YZF-R25 – 2 Silinder DOHC (full fairing/motor high-perform)
  2. Yamaha YZF-R15 – 1 Silinder DOHC (full fairing/motor high-perform)
  3. Yamaha Vixion – 1 Silinder SOHC increase power (nakedbike/motor harian)
  4. Yamaha Byson – 1 Silinder SOHC decrease power (nakedbike/motor harian)

Cukup berurutan dan masuk akal kan? berbeda dengan yang terjadi di Yamaha YZF-R15 sekarang yang masih menganut mesin tipe SOHC, posisinya diatas Vixion dan Byson namun tipe mesin masih setara? kurang greget bro, leveling wajar kurang main! nah, namun itu opini BlogOtive lho..

Yamaha R15 berkonsep Yamaha R125
Yamaha R15 berkonsep Yamaha R125

Beralih dari Opini kita ke realitanya, Untuk New Yamaha YZF-R15 ini nantinya akan mendapatkan pembaruan di beberapa sektor, berikut adalah beberapa yang akan dirubah

  1. Design – Mengusung tampilan Facelift berkonsep seperti Yamaha YZF-125, apakah lampu juga akan Full LED?
  2. Mesin – Dengan power yang lebih tiggi, mungkinkah dari SOHC ke DOHC?

Entahlah apa yang akan dilakukan Yamaha nantinya dengan segala perubahanya, jika benar bahwa akan masuk produk baru New Yamaha R15 Facelift DOHC jelas akan menjadi angin segar bagi pengguna setia si Garpu Tala dan dampaknya juga akan semakin memanasi pertarungan sport 150cc yang nantinya juga akan masuk Suzuki GSX-R150 yang  sedang hangat diperbincangkan Majalah Jepang, Young Machine ataupun sosok pengganti Kawasaki Ninja 2tak, Ninja 150 FI yang dikabarkan semuanya akan rilis tahun 2016. kita tunggu kedatanganya!

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

7 KOMENTAR

  1. Setuju banget deeech Bro …
    Yamaha YZF-R15 – 1 Silinder (full fairing/motor high-perform) seharusnya mengusung mesin yang lebih powerful dibandingkan dengan motor harian, maka sebaiknya menggunakan tipe Double Over Head Camshaft… alias DOHC
    Thanks yaaaaaa Bro ….

  2. makasih yah bro imformasinya
    aku setuju bgt dengan kputusan di atas apa lagi tampilanya sperti yzf r125 hahaha ap temen2 aku di facebok pada ngomong..klw r15 tampil sperti r125 apa lagi bermesin dock cbr bisa mati pasaran katanya ngowahahahaha

  3. Emang udh seharusnya yamaha benar2 keluarin motor yg bagus. Jgn tanggung tanggung. Body jg haarus apik. Harapan new R15 brn2 rapih dn pastinya sudah doch. Kalau bisa 2silider aj skalian, 150cc 2silinder blm ada di dunia.. Wahh muaaantep broo.

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini