Beranda Pengetahuan Mudik pakai Motor Matic lebih rentan Kecelakaan

Mudik pakai Motor Matic lebih rentan Kecelakaan

0
BERBAGI

Mudik adalah tradisi masyarakat Indonesia yang sudah ada sejak dahulu dan hampir dilakukan oleh semua Masyarakat Muslim Indonesia baik yang memiliki keluarga dekat maupun yang dari perantauan Luar Kota, Provinsi bahkan Luar Pulau atau yang memiliki keluarga di kejauhan.

Melihat dari statistik, Pengendara Motor menjadi yang terbanyak dibandingkan transportasi lain seperti mobil pribadi, roda empat umum, kereta, bahkan mengalahkan pesawat yang dikarenakan menggunakan sepeda motor dianggap lebih cepat, praktis dan mungkin lebih ekonomis. Namun taukah bahwa Jumlah kecelakaan terbesar disumbangkan oleh Kecelakaan bermotor? Ya, memang itu yang terjadi.

Waspada dan Hati-hati adalah Tips yang selalu BlogOtive ingatkan untuk teman-teman semua yang mudik menggunakan motor, namun taukah kamu motor tipe apa sajakah yang aman untuk dikendarai? semua tipe motor bisa dikatakan aman-aman saja itu tergantung pengemudi dan kondisi, karena kecelakaan bukan karena kesalahan kita sendiri melainkan kesalahan orang lain yang melibatkan kitapun bisa terjadi.

Pengendara Motor Matic saat Mudik

Taukah kita bahwa Pengendara Motor Matic lebih rentan kecelakaan? ya, bila dibandingkan dengan tipe motor lain justru tipe matic lebih berbahaya. Salah satu alasanya karena ukuran Ban yang lebih kecil dibanding tipe lainya yang menyebabkan ban kecil tidak bisa menahan guncangan yang diakibatkan oleh jalanan berlubang.
Hal ini juga diungkapkan oleh Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) kabupaten Banyumas, Agus Sriyono.

“Pemudik bersepeda motor sekarang banyak yang menggunakan sepeda motor matic yang mempunyai ukuran ban lebih kecil dari sepeda motor biasa,” ungkap Agus saat berada di Purwokerto, Jawa Tengah seperti yang BlogOtive kutip dari aripitstop.com (22/6/2015).

Ditambah lagi dengan statistik hasil pantauan beliau mendapati kecepatan Motor Matic relatif tinggi atau rata-rata diatas 70 Km/jam hal itu menyebabkan pengendara akan sulit menghindari jalanan berlubang.
Selain itu, pemicu lain dikarenakan pengemudi yang jarang melintasi jalan tertentu tidak mengetahui kondisi jalan tersebut.
“Ini menjadi suatu permasalahan kenapa pemudik sering terlibat kecelakaan. Ini mungkin karena mereka tidak tahu kondisi lingkungan sekitarnya atau daerah-daerah yang dilalui sehingga mereka bisa terlibat kecelakaan,” imbuhnya.

Nah jadi seperti itu alasanya, lebih baik untuk anda pengendara Matic tetap hati-hati dan jaga kecepatan laju motormu terutama untuk jalan yang kamu belum hafal betul seluk beluk dan kondisi jalanan, karena masih banyak jalanan di Indonesia yang berlubang.

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini