Beranda Pengetahuan Motor Tidak Mau Hidup Setelah Terjatuh? Jangan Cemas dulu!

Motor Tidak Mau Hidup Setelah Terjatuh? Jangan Cemas dulu!

0
BERBAGI
Motor Tidak Mau Nyala setelah Jatuh
Ilustrasi : Motor Tidak Mau Nyala setelah Jatuh

Halo masdab, Apakah motormu tidak hidup setelah terjatuh? entah hanya terjatuh karena roboh atau setelah kecelakaan, kamu jangan cemas dahulu karena itu bisa jadi bukan karena kerusakan.

Jika kamu mengalami kecelakaan ringan yang tidak mengakibatkan fisik berarti pada motormu, apalagi komponen lain yang berhubungan dengan kelistrikan atau apapun yang menyebabkan motormu mati maka kamu jangan risau dahulu pengen cepat-cepat membawa motormu ke bengkel atau melakukan pengecekan komponen apa yang rusak karena bisa jadi motormu hanya dimatikan sementara elektroniknya oleh sebuah sensor.

Lean Angle Sensor (LAS) atau Sensor sudut Kemiringan, bekerja mematikan otomatis elektronik motor (ECU) ketika motor melewati derajat kemiringan tertentu (biasanya 60 derajat) yang bisa mengindikasikan motor terjatuh atau roboh, disaat itu Sensor bekerja mengiririmkan sinyal ke ECU untuk dimatikan, jadi hanya kelistrikan saja yang berfungsi (lampu dll). Cara kerjanya seperti switch atau saklar Engine Cut off.

Lean Angel Sensor
Lean Angel Sensor

Jadi ketika itu, setelah terjatuh motor tidak bisa dihidupkan karena sensor belum kembali.

Motor Tidak Mau Hidup setelah Jatuh? Apa yang harus dilakukan supaya Motor cepat hidup kembali?

Yang kamu lakukan cukup memberdirikan motor, menonaktifkan (off) kunci kontak dan menyalakanya lagi. Tunggu beberapa saat sampai motor bisa dihidupkan. Biasanya tidak sampai 5 menit.

Dalam kondisi ini, bisa jadi Sensor sudut kemiringan belum mendeteksi kalau motor telah kembali, maka dari itu solusinya tunggu sesaat beberapa menit.

Jadi namanya lean angel sensor ini bekerja untuk keselamatan masdab, ketika motor terjatuh dan mesin masih menyala, motor bisa saja membanting kmana-mana karena nyala pada posisi stasioner masih bisa memutar roda, apalagi kalau gasnya ngancing. Maka dari itu lean angel sensor bekerja mematikan ECU, supaya mesin motor mati dan tidak terjadi hal-hal yang diluar kendali.

Kejadian seperti ini dari pengalaman saya sendiri masdab, ketika motor terjatuh karena jalan licin dan roboh motorpun langsung mati dan saat menghidupkan kembali ternyata tidak langsung hidup padahal motor sudah dalam posisi berdiri.

Karena motor tidak ada yang rusak fisik sedikitpun maka saya tidak ada pikiran terdapat komponen yang rusak karena terjatuh, dugaan karena Sensor Lean Angel belum mendeteksi motor sudah tidak dalam kemiringan, maka ya saya tunggu saja dan ternyata benar, motor bisa nyala kembali.

Karena rasanya banyak orang yang mengalami hal seperti ini belum tahu dan langsung panik akhirnya saya bergegas untuk di share saja info seperti ini, karena ada salah satu teman teman juga mengalami kejadian seperti ini dan dia mengaku kebingungan/panik.

Ya jadi seperti itu saja masdab untuk info kali ini, kalau motormu masih belum nyala setelah ditunggu sekitar 10 menit, baru cobalah untuk melakukan pengecekan komponen-komponen motor atau dibawa ke bengkel.

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini