28.7 C
Yogyakarta
Minggu, April 18, 2021

Motor Sport Honda Termahal, Harganya menyentuh 7 Milyar

BLOGOTIVE.COM – Motor termahal didunia saat ini tidak bisa ditebak harganya, bisa melampaui harga mobil sport mewah bahkan. Harganya bisa saja tak terbatas, tergantung komponen apa yang digunakan. Nah, tapi kita tidak akan ngomongin motor termahal di dunia dan berapa harganya karena kita akan membahas Merek Motor Sport Honda termahal saat ini yang saya ketahui.

Honda adalah salah satu manufacturer sepeda motor kondang di dunia, perusahaan asal Jepang ini memang memiliki line-up sepeda motor yang beragam dan masih bisa dikatakan terjangkau untuk didapatkan di Indonesia jika dibandingkan dengan brand lain, apalagi manufacturer asal Eropa, Inggris dan Amerika, ya tidak heran karena Honda memiliki perusahaan multinasional dan punya banyak pabrik di sini, dia adalah PT Astra Honda Motor (AHM) selaku ATPM.

Baca juga:  Mencoba Honda RC213V-S, Motor Marc Marquez versi jalanan

Namun meskipun terjangkau alias murah, tetapi bukan berarti Honda tidak memiliki motor mahal. Ada banyak sekali motor yang dijual perusahaan dengan logo sayap mengepak ini dengan harga yang sangat fantastis, salah satunya adalah yang akan kita bahas ini, sebab merupakan kandidat Motor Sport Honda Termahal. Apa itu?

Moto Sport Termahal, Honda RC213V-S

Salah satu motor mahal Honda yang BlogOtive ketahui adalah Honda RC213V-S. Motor ini adalah versi jalanan dari Honda RC213V yang dimana imbuha “S” artinya adalah Street atau Street legal.

Baca juga:  Mencoba Honda RC213V-S, Motor Marc Marquez versi jalanan

Saya bertemu motor ini di beberapa tempat pameran Honda, salah satunya di Honda Bikers Day 2017 kemarin. Motornya serba membulat, sepertinya untuk tujuan aerodinamika.

Motor Termahal Honda
Honda RC213V-S

Seperti kita ketahui, Honda RC-213V merupakan motor khusus balap yang dipakai di kompetisi balap motor paling populer saat ini, MotoGP.

Honda RC213V adalah motor yang dipakai Marc Marquez dan Dani Pedrosa membalap di kompetisi balap MotoGP dan RC213V-S adalah turunanya yang dibuat legal di jalanan dan menggunakan beberapa komponen balap makanya harganya biasa mahal.

Baca juga:  Kesempatan Test Ride Honda RC213V-S Bagi pemilik CBR, Ayo Ikut Syaratnya mudah!

Untuk bisa mengaspal di jalanan, motor ini dilengkapi penerangan; lampu depan dan belakang, lampu sein, lampu plat nomor dan juga beberapa piranti lain untuk bisa dipakai di jalan seperti spion, speedometer, dudukan plat nomor, kunci kontak, self starter, standar samping dan knalpot dengan catalytic converter supaya gas buang lebih ramah lingkungan.

Berapa Harga Motor Mahal Honda RC213V-S?

Harga Honda RC213V-S ini dibandrol 188 ribu Euro di Eropa, 184 ribu Dollar di Amerika dan 21,9 juta Yen di pasar Jepang.

Kalau di rupiahkan, Harganya bisa menyentuh Rp 3 Milyar, jika di kalkulasi dengan margin keuntungan importir, biaya import dan juga pajak, kasar harganya bisa menembus Rp 7-8 Milyar rupiah kata Executive Vice President PT AHM, Koji Sugita. Wow!!

Baca juga:  Kesempatan Test Ride Honda RC213V-S Bagi pemilik CBR, Ayo Ikut Syaratnya mudah!

Tujuh Milyar masdab! Motor ini memiliki body dan rangka yang sama persis dengan RC213V yang dipakai balapan oleh para pembalap Honda di MotoGP.

Baca juga:  Kesempatan Test Ride Honda RC213V-S Bagi pemilik CBR, Ayo Ikut Syaratnya mudah!

Mesin juga memiliki konfigurasi yang sama, V4 dengan kubikasi 999 cc, 16 klep. Dapur pacunya bisa menghasilkan tenaga sebesar 212 tenaga kuda (HP) dan masih berpotensi meningkat drastis jika diganti dengan sistem pengapian dan knalpot berlapel track only alian balapan.

Bedanya dengan RC213V, versi jalananya ini pada spesifikasi mesin tidak mengaplikasikan klep pneumatik dan menggantinya dengan per klep biasa, tanpa stransmisi seamless dan pada Piston serta rasio kompresi disesuaikan untuk memperpanjang masa perawatan mengingat maintenance motor ini tidak bisa dilakukan di sembarang tempat, bahkan di Indonesia tidak ada. Terakhir di bagian Crankcase diganti menjadi berbahan alumunium bukan magnesium.

Motor Sport Mahal Honda RC213V-S
Motor Sport Mahal Honda

Bagaimana, mahal bukan? (Hendri)

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Arti Kedipan Indikator Mesin Menyala Kuning (MIL) di Spidometer Motor Honda

BLOGOTIVE.COM - Saat ini semua sepeda motor Honda telah menggunakan sistem PGM-FI, dimana salah satu kelebihan dari sistem ini dapat mendiagnosa permasalahan...

All New Vario 160 dengan 4 Katup, Kapan Rilis?

BLOGOTIVE.COM - Generasi penerus All New Vario disinyalir akan menggunakan mesin yang sama seperti halnya PCX, mengusung mesin 156 cc (dibulatkan 160 cc...

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

Starting Grid MotoGP Portugal 2021, Quartararo Start Posisi Pertama

BLOGOTIVE.COM - Starting Grid MotoGP Portugal 2021 menempatkan pembalap Pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo meraih Pole Position dengan laptime 1 menit 38,8 detik...

Jam Tayang MotoGP Portugal 2021 Minggu Malam di Trans7

BLOGOTIVE.COM - Jam Tayang MotoGP Portugal akan di siarkan secara Langsung di Trans7 malam nanti, 18 April 2021 mulai pukul 18:00 WIB...

Arti Kedipan Indikator Mesin Menyala Kuning (MIL) di Spidometer Motor Honda

BLOGOTIVE.COM - Saat ini semua sepeda motor Honda telah menggunakan sistem PGM-FI, dimana salah satu kelebihan dari sistem ini dapat mendiagnosa permasalahan...

Prediksi MotoGP Portugal 2021, Revans Yamaha-Ducati Part 3

BLOGOTIVE.COM - MotoGP Portugal 2021 diprediksi akan kembali memanas, Pembalap tuan rumah tim pabrikan KTM, Miguel Oliveira memiliki sejarah manis di Sirkuit...

Modifikator: Yamaha NMax 155 Motor yang Mudah di Modifikasi

BLOGOTIVE.COM - Berkembangluasnya modifikasi sepeda motor di Tanah Air juga marak pada kategori MAXI Yamaha. Ubahannya menjadi sebuah karya seni yang tidak...