Semakin berjalanya waktu, Teknologi semakin berkembang seiring perkembangan jaman. Mengingat itu semua orang harus berinovasi agar selalu berada di jamanya dan tidak tertinggalkan, begitu juga dengan dunia otomotif saat ini, khususnya motor bahwa sekarang tiba jamanya Lampu LED (Light Emiting Diode) ataupun juga eranya suspensi USD (Up-Side Down).

Dalam dunia yang serba modern ini, yang dianggap memiliki nilai guna kecil otomatis akan mulai ditinggalkan, dan dengan penemuan baru orang akan berbondong-bondong menggunakanya karena alasan lebih berguna dan powerful. Pabrikan motor mulai meninggalkan sektor penerangan konvensional atau yang akrab disebut Bohlam (bulp) dengan menggunakan lampu ini masih menggunakan reflektor atau pengubah arah cahaya.

Lampu LED hadir dengan penyempurnaan itu semua, awalnya lapu ini memeng tidak diperuntukkan untuk motor, tapi setelah melihat kinerjanya, terpaksa para produsen motor berfikir ulang untuk tidak menggunakanya. Dengan Lampu LED seakan kelemahan sang Bohlam malah menjadi kelebihanya, lampu Emiting Diode ini jelas tanpa reflektor.

LED Headlamp Yamaha NMax
Lampu (Headlamp) Yamaha NMax. (sumber gambar: motorhits.com)

Jamanya lampu LED? ya, benar sekali, motor baru siap-siap untuk pakai lampu LED karena memang daya tidak butuh banyak, tidak menghasilkan panas, cahaya merata, tidak butuh reflektor dan cahaya lebih terang tentunya. la.. kurang apa, minusnya cuma harganya yang mahal dan saat ini memang ketersediaanya tidak banyak, ini wajar karena masih transisi dari bohlam ke LED.

Motor apa saja yang sudah menggunakan LED? Sudah banyak, kita cari tau yang di Indonesia dulu.. Untuk motor matic, Honda PCX dan Yamaha NMax sudah menerapkanya, untuk sport All New Honda CB150R dan Honda New Sonic 150R juga sudah menggunakanya, dan kedepan Yamaha MT15 dan Suzuki Satria F injeksi juga akan menggunakan lampu LED.

Nah itu, dan selain jamanya Lampu LED sekarang juga lagi ngetren suspensi depan tipe USD (bukan U$ Dolar ya, tapi Up-Side Down.. hehe), untuk kelebihan USD BlogOtive masih belum memahaminya, yang pasti sesaat lagi era suspensi depan Teleskopik bakalan berakhir, namun kemungkinan di motor-motor tipe tertentu, kalau kami boleh bilang adalah tipe motor sport yang kebanyakan akan menggunakan USD, jadi teleskopik tidak akan musnah 100%.

Suspensi USD konsep Honda CBR250RR
Suspensi USD konsep Honda CBR250RR.

Motor apa saja yang sudah menggunakan suspensi USD? kita menengok motor masa depan, USD suspension akan mulai diterapkan pada motor Yamaha MT15 dan juga calon Honda CBR250RR.

Selain LED dan USD, yang juga tak kalah ngetren adalah masalah Speedometer, seperti kita tau bahwa alat tersebut digunakan untuk memberikan informasi salah satunya adalah kecepatan laju, jaman jarum (Analog) akan mulai ditinggalkan dan akan mulai digantikan Speedometer Full Digital.

Nah itu dia bro info dari BlogOtive mengenai jaman-jaman sekarang dan yang akan terjadi esok.. mari kita ikuti dan manfaatkan teknologi masa depan yang lebih baik. Semoga bermanfaat!

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu