Beranda KTM Motor 2 Tak Injeksi Enduro buatan KTM sudah lolos Euro 4

Motor 2 Tak Injeksi Enduro buatan KTM sudah lolos Euro 4

0
BERBAGI
Mesin Motor 2 tak Injeksi KTM

KTM mengumumkan bahwa mereka telah berhasil mengembangkan motor Enduro bermesin 2 tak (2-stroke) dengan sistem Injeksi, dua motor sedang digarap yakni KTM 250EXC dan 300EXC akan diperkenalkan pada Mei 2018 medatang, hebatnya.. meskipun mesin 2 tak, motor temua KTM ini sudah lolos Euro 4 dab.

Seperti kita ketahui bersama, motor 2 tak terkenal akan banyak hal keunggulan daripada motor 4 tak, power luar biasa, mesin yang lebih enteng dan perawatan yang mudah menjadi segudang kelebihan motor 2 langkah.. sayang kehadiranya terhalang standarisasi emisi gas buang yang sudah mulai berlaku di beberapa negara, khususnya benua Eropa yang mewajibkan standar Euro 4.

Namun sebagai pabrikan yang terus berinovasi, termasuk kebutuhan akan motor bertenaga besar yang lebih dimiliki oleh karakter mesin 2 tak, apalagi untuk off-road yang sudah mendarah daging dengan citra KTM yang begitu baik di kategori motor penggaruk tanah KTM akhirnya menemukan teknologi baru yang mereka namai dengan Tranfer Port Injection (TPI) yang fungsinya mengeliminasi kebutuhan pencampuran antara bensin dan oli bersamaan, dengan itu alhasil, emisi bisa ditekan dan konsumsi bahan bakar bisa lebih irit daripada mesin 2 tak karburator konvensional.

Teknologi ini dikembangkan oleh departemen Riset dan Pengembangan KTM yang ada di Mattighofen, Austria. Dikatakan Manager KTM Product Marketing, Joachim Sauer melalui press release untuk media, beliau katakan ini penemuan baik untuk KTM.

“Ini merupakan perkembangan yang sangat menarik untuk KTM, kami telah mengembangkan motor bahan bakar injeksi 2 tak untuk beberapa waktu dan tujuan kami untuk menciptakan motor yang kompetitif dengan mengambil kelebihdan dari sistem injeksi, sepatutnya telah menjadi semboyan READY TO RACE kami. Telah ada pegujian ekstensif dan pertimbangan untuk tim Riset dan Develompent selama proses ini, jadi kami sangat termotivasi oleh langkah berikutnya dan menjadi yang pertama dalam urusan teknologi,”

Mesin Motor 2 tak Injeksi KTM

Menarik dab, beberapa mesin saat ini sudah mengarah ke motor 4 tak injeksi.. para pabrikan masih menengok kebelakang bagaimana kekuatan super 2 tak dengan segala kelebihanya, dan kalau sudah ketemu sebuah teknologi yang bisa pangkas emisi.. para pecinta motor 2-stroke bisa tersenyum kembali merasakan sensasi motor 2-tak dengan jambakan power yang luar biasa.

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan Balasan