Beranda Moto GP MotoGP Indonesia: Dorna-Pemerintah sudah oke, Sentul?

MotoGP Indonesia: Dorna-Pemerintah sudah oke, Sentul?

0
BERBAGI

Progress Penyelenggaraan MotoGP Indonesia hampir jadi ke titik yang serius, Dorna Sport sebagai pihak yang menaungi balapan motor populer tersebut dikabarkan sudah klik dengan Pemerintah Indonesia yang memiliki kewenangan untuk mendapatkan restu balapan di tanah air, namun kabarnya untuk venue disini pihak Sirkuit Sentul masih belum memberikan keputusan.

Pemerintah melalui Menpora menggandeng Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk dilibatkan dalam urusan penyelenggaraan MotoGP Indonsia untuk melakukan komunikasi dan semacamnya kepada Dorna, hal ini dikatakan oleh Ketua Umum IMI, Sadikin Aksa, dikutip Dapur Pacu berikut penuturanya.

“Alhamdulillah IMI sudah dilibatkan pemerintah dalam komunikasi dengan Dorna, dan Dorna juga melibatkan IMI untuk menjadi jembatan komunikasi soal penyelenggaraan MotoGP di Indonesia,” ujarnya.

Pembalap MotoGP, Marc Marquez di Sentul
Marc Marquez di Sentul

Kata dia, pemerintah sudah sepakat membayar commercial fee dan sudah disanggupi Dorna, sekarang tinggal menunggu keputusan pihak Sirkuit Sentul.

“Pemerintah sudah sepakat membayar commercial fee kepada Dorna, dan Dorna pun sudah menyanggupinya, tapi yang menjadi kendalanya adalah sirkuit, mau di mana MotoGP nanti dilaksanakan. Sekarang pemerintah tinggal menunggu keputusan dari pihak Sentul saja, mau tidak merenovasi Sentul tanpa harus menggunakan anggaran pemerintah.”

Dalam komunikasi terakhir antara Ikatan Motor Indonesia dengan Dorna Sport, Dorna meminta agar penyelenggaraan MotoGP nanti harus memenuhi unsur safety, belajar dari insiden Catalunya dimana kata Ikin dampak dari kejadian tersebut sangat besar. Ketum IMI tersebut juga menjelaskan jika Dorna-Pemerintah sudah klik dalam hal ini.

“Pemerintah dengan Dorna sudah tidak ada masalah, pemerintah tinggal menjalankan saja. Terakhir komunikasi dengan Dorna, sirkuit untuk menyelenggarakan MotoGP harus memenuhi unsur safety, jangan sampai kejadian di Catalunya, Spanyol terulang lagi, karena kejadian di Catalunya berdampak sangat besar.” jelasnya.

Selanjutnya Dorna memberikan deadline hingga 30 Juni 2016 untuk melakukan penandatanganan kontrak penyelenggaraan MotoGP Indonesia, pihak Sentul juga diminta untuk segera menyerahkan Master Plant yang diminta FIM sebagai federasi balap motor dunia dan Dorna sendiri. (sumber: Dapur Pacu, http://dapurpacu.com/290607/imi-permasalahan-motogp-indonesia-tergantung-sentul/).

Master Plan MotoGP Indonesia
LayOut sirkuit Sentul yang dituang dalam master plan

IMI sebenarnya juga punya dua kandidat sebagai rekomendasi sirkuit untuk penyelenggaraan MotoGP Indonesia yakni Sentul dan Jakabaring, Kalimatan Selatan namun kata Ketum IMI, hal itu bukan jaminan karena tergantung kesiapan pihak Sirkuit itu sendiri dalam melakukan renovasi.

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini