Semakin jelas, itulah yang kiranya tergambar soal kemungkinan ajang balapan motor tertua dan terpopuler, MotoGP yang direncanakan bakalan di gelar untuk tahun 2017 mendatang.

Indonesia terus mendapatkan sorotan untuk pergelaran balap dua tahun kedepan, seperti yang diberitakan situs balap Jerman, speedweek.com dengan judul “GP Indonesia untuk 2017, di Sentul lagi?” yang isinya tentang para atasan yang mulai memikirkan hal ini untuk MotoGP Indonesia.

Speedweek menuturkan bahwa Asia kususnya Asia Tenggara menjadi kawasan yang memiliki peluang besar, namun sayang gelaran MotoGP hanya ada di Jepang yakni GP Motegi dan ajang Suzuka Hours dan di Malaysia ada GP Sepang.

Sebelumnya Dorna telah meminang beberapa negara kawasan Asia namun kebanyakan hasilnya nihil, mulai dari Thailand di Sirkuit Burriam yang sudah siap menyelenggarakan MotoGP namun hanya ada kontrak tiga tahun saja, ditambah lagi ajang World Superbike Championship (WSBK).
Dari Shanghai China, masih ada kendala lagi karena minimnya minat masyarakat disana dan akhinya Dorna menariknya.
Lanjut ke India di Sirkuit Internasional Buddh, masih sama kasusnya seperti Shanghai ditambah lagi ada masalah pengurusan Bea Cukai disana. Lalu harus kemana?

Indonesia, dikenal memiliki antusias yang sangat tinggi ditambah lagi dukungan Pabrikan yang terus mendorong Dorna menyelenggarakan MotoGP disini. Beberapa waktu lalu, CEO Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta berkunjung ke Indonesia dan membincangkan soal MotoGP Indonesia.

Dalam kunjunganya, ia menyarankan agar pemerintah merevisi sirkuit yang sudah ada karena untuk membangun Sirkuit Baru yang dikabarkan akan dibangun di dekat Jakarta dua tahun itu tidaklah cukup. (2015-2017).

Sentul International Circuit, sirkuit untuk MotoGP Indonesia 2017
Sentul International Circuit. (image source: speedweek.com)

Dan seakan menyetujui umpan balik Carmelo, Indonesia menunjuk Hermann Tilke untuk memperbaiki kekurangan Sirkuit Sentul agar Layak untuk MotoGP, Sekarang pihaknya akan meminta kejelasan Biaya, Jadwal dan Design.
“Setelah itu anda (Indonesia) akan hadir untuk mengirim proposal yang bertujuan untuk menggambar tata letak dan infrastruktur,” tutur CEO Dorna.
“Jika kita menerima proposal, pembangunan bisa dimulai pada akhir 2015 dan akan terus berlanjut sepanjang tahun 2016. Bunga tinggi. ” tambahnya seperti yang diberitakan speedweek.com.

Selanjutnya berkas dari Indonesia ini hasilnya akan diumumkan Dorna pada Akhir Agustus pasca berlangsungnya GP Silverstone Inggris untuk menindaklanjuti lngkah selanjutnya yang akan dibahas. 2017 Calendar for MotoGP Indonesia, Sentul International Circuit.

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu