24.1 C
Yogyakarta
Rabu, Oktober 20, 2021

MotoGP Indonesia 2017, masih ada 3 Syarat lagi

Gelaran MotoGP Indonesia 2017 sudah dalam posisi mendapat restu dari dorna, namun masih ada 3 syarat lagi yang menjadi tunutan Dorna untuk Pemerintah. Ibarat traffic light, sudah nyala lampu Hijau untuk negara paling antusias untuk motoGP ini, kemarin, Rabu (21/10/2015) CEO Dornasport, Carmelo Ezpeleta datang ke Kantor Kemenpora untuk menyerahkan surat penunjukkan sebagai penyelenggara Grand-Prix motoGP 2017, ia mengaku bahwa diantara banyak negara lain yang juga ngebet menyelenggarakan GP 2017 seperti Thailand dan Brazil, namun Indonesia diprioritaskan oleh Dorna.

“Kami tahu banyak negara yang ingin menjadi tuan rumah MotoGP, tapi sekarang fokus kami ke Indonesia. Kami sudah berkomunikasi dengan Pak Menpora” ungkap Mr Carmelo Ezpeleta, seperti yang BlogOtive kutip dari CNN Indonesia.

MotoGP Indonesia 2017
Pengelola Sentul, CEO Dorna dan Kemenpora.

Setelah ini, ada 3 Syarat lagi sebagai jaminan dan tahap untuk mewujudkan gelaran balap populer ini yakni berkas Letter of Intention (LoI), Masterplan dan Keutusan Presiden (Keppres), dan tiga syarat tadi ada fungsinya sendiri-sendiri

(1) Letter of Intentin dan (2) Masterplan
LoI dan Masterplan digunakan untuk syarat mutlak sebuah negara mengajukan sebagai peserta tuan rumah motoGP, kedua berkas ini kata juru bicara Kemenpora, Gatot S berguna agar Indonesia memiliki posisi tawar yang lebih baik ketimang negara lain.

“Dorna meminta agar kepastian dari pemerintah, dalam bentuk LoI dan Masterplan. Tanpa itu tidak tertutup kemungkinan indonesia tidak akan menjadi tuan rumah Moto GP 2017,” ungkap Gatot seperti yang BlogOtive kutip dari Liputan6.

Saat ini pemerintah sedang memprioritaskan kedua berkas tersebut untuk diserahkan ke Dorna paling lambat akhir November 2015 ini agar Indonesia terpilih menjadi tuan rumah motoGP 2017 saat rapat Dorna bersama Federasi balapan motor Internasional (FIM) kedepan.

(3) Keputusan Presiden
Keppres digunakan untuk legalitas hukup penuh dari negara melalui restu Presiden, dengan keluarnya Keppres dari Istana Negara otomatis Dorna mendapatkan izin sepenuhnya untuk menggelar balapan di Indonesia.

Sampai saat artikel ini dimuat memang Kepres belum keluar, memang untuk Kepres merupakan urusan Negara yang tidak hanya mengerjakan satu urusan saja, jadi nanti Kemenpora bisa mencoba belobi Dorna jika Keppres belum keluar akhir November, mungkin bisa dimaklumi oleh Dorna lho ya..

“Keppres bisa cepat bisa lambat. Urusan di Istana kan banyak bukan kita saja. Misal nanti November belum selesai ini kami akan menyampaikan kepada Carmelo Ezperalta (CEO Dorna) bahwa ini masih on going process.” kata Gatot.

Selain itu, Keppres juga berfungsi untuk pengaliran dana untuk renovasi Sirkuit Sentul, karena biaya yang setidaknya butuh 150 Milyar tidak cukup bila hanya bersumber dari Pemerintah (Kemenpora), jadi akan dilakukan kerjasama dengan pihak Dunia Usaha atau Swasta.

“Dengan keluar Keppres diharapkan ada tambahan dana dari dunia usaha karena dunia usaha kan butuh kepastian hukum,” ujar Gatot.

Dikutip dari Media lain, Sindonews, Pengelola Sirkuit Sentul, Ananda Mikola mengungkapkan bahwa untuk mencati dunia usaha sebagai penggelontor dana bukanlah hal yang sulit, karena pihak-pihak begitu antusias.

“Initinya begini, saat ini yang kita perlukan kepastian hukum semacam Kepres untuk menyelenggarakan event ini. Karena dunia usaha sangat antusias (mau berpartisipasi) jika mendapat jaminan kepastian hukum,” kata Mikola seperti yang BlogOtive kutip dari Sindonews.

Nah, jadi itulah dia bro 3 Syarat selanjutnya untuk memastikan MotoGP Indonesia 2017 di Sirkuit Sentul. Melihat progresnya sih BlogOtive yakin Indonesia mampu, untuk dunia Otomotif jangan ragukan Indonesia bro.. Marketnya besar!

MotoGP Indonesia 2017, are you ready Indonesia
Are you Ready Indonesia?

referensi
tidak akan ada artikel ini kalau tidak ada media-media berikut ini.
http://www.cnnindonesia.com/olahraga/20151021152530-156-86379/dorna-janji-satu-slot-tuan-rumah-motogp-untuk-indonesia – CNN Indonesia.
http://bola.liputan6.com/read/2345599/3-pr-pemerintah-dalam-mewujudkan-motogp-indonesia-2017 – Liputan6.
http://sports.sindonews.com/read/1054976/49/dapat-kepastian-gelar-motogp-2017-indonesia-malah-bingung-1445409808 – Sindonews.

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Starting Grid MotoGP Perancis 2021, Quartararo Pole Position

BLOGOTIVE.COM - Starting Grid MotoGP Perancis 2021 di Sirkuit Le Mans menempatkan pembalap pabrikan Yamaha, Quartararo start dari posisi pertama, Fabio meraih...

24 Nama Pembalap MotoGP 2021 beserta Foto Motornya

BLOGOTIVE.COM - Ada 24 Nama Pembalap MotoGP 2021 yang akan mulai bertarung untuk berkompetisi di musim ini, banyak jebolan dari Moto2 sedang...

Starting Grid MotoGP Jerez 2021, Quartararo Pole Position

BLOGOTIVE.COM - Posisi Start pertama MotoGP Jerez 2021 menempatkan pembalap Pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo berhasil meraih Pole Position dengan catatan waktu 1...

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

[Foto] Bocoran All New Avanza Veloz Hitam tipe Q 2022 Interior-Exterior

BLOGOTIVE.COM - Sudah bukan rahasia lagi, Bocoran All New Avanza Veloz tipe Q terlanjur menyebar di jagat maya..

Pajak Innova Reborn 2016-2021 Bensin dan Diesel, Catat Sebelum Membeli!

BLOGOTIVE.COM - Siapa yang tidak tahu Toyota Kijang Innova, mobil MPV 7 seater yang sudah sejak lama menjadi favorit masyarakat Indonesia karena...

9 Pilihan Warna Honda BeAT 2021, Dibagi Dua Varian

BLOGOTIVE.COM - Untuk kamu yang pengen meminang Honda BeAT, tidak tanggung-tanggung ada 9 pilihan warna keren yang disediakan PT Astra Honda Motor...

Biaya Biro Jasa STNK Perpanjangan Tanpa KTP, Ini Tarifnya

BLOGOTIVE.COM - Perpajakan masih menjadi kendala bagi beberapa orang yang membeli kendaraan bekas atau second, jika hendak perpanjangan tahunan si pemilik STNK...

All New CB150R facelift 2021 Resmi Launching di Yogyakarta, Kedu dan Banyumas

BLOGOTIVE.COM - Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer sepeda motor Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas secara resmi telah memperkenalkan motor sport...