Honda CRF150L Modif Supermoto keren
Honda CRF150L Modif Supermoto keren (@crfsupermoto)

Modifikasi Honda CRF150L Supermoto, Berikut Panduan, Biaya dan Part yang Harus diganti

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Halo masdab dimanapun anda berada, sudah lama tidak update tentang Modifikasi lagi. Kali ini saya akan mengajak teman-teman untuk merubah Honda CRF150L menjadi Supermoto.

Honda CRF150L merupakan motor dual purpose yang lebih mengarah ke off-road dengan ban-nya yang bergerigih. Berbeda dengan Kawasaki yang punya dua versi, KLX sebagai versi offroad sementara D-Tracker yang lebih mengarah ke versi on-road atau kita familiar menyebutnya Supermoto.

Karena Honda tidak punya versi Supermoto maka banyak pecinta Si Sayap Mengepak yang geregetan ingin merubah Honda CRF150L menjadi versi Supermoto supaya lebih pure untuk jalanan aspal. Padahal banyak banget yang pengen CRF150 versi Supermoto.. nih Gerry Salim saja gas pakai CRF Supermoto..

Gerry Salim pakai CRF150L Supermoto
Gerry Salim pakai CRF150L Supermoto

Paduan Merubah Honda CRF150L Supermoto

Untuk merubah Honda CRF150L sebenarnya tidak sulit-sulit amat masdab, cukup mudah sekali dan biayanya tidak mahal-mahal banget, kita hanya perlu mengganti beberapa part utamanya di sektor kaki-kaki.

Velg dan Jari-jari
Pertama yang harus dicari adalah Velg aftermarket yang mendukung tromol original Honda CRF150L biar tidak perlu mencari tromol aftermarket, soalnya kalau diganti nanti bakalan merembet ke part lain seperti bearing dan disc brake.

Tromol Honda CRF150L ini punya hole (lubang jari-jari) berjumlah 36 di bagian depan dan hole 32 di tromol belakangnya. Jadi silahkan cari velg aftermarket ring 17 inch yang punya hole yang sama berikut dengan jari-jari (ruji) untuk rim 17 yakni ukuran 172.

Idealnya Velgnya pakai ring 17 lebar 3,0 inchi depan dan 3,5 inch belakang masdab, disini pandangan BlogOtive mengarah ke Velg V-Rossi Sprint masdab karena lengkap dan kompatibel untuk tromol ori CRF, ada semua untuk hole 32 dan 36 untuk lebar 3,0 inch dan 3,5 inch. Seperti ini nih..

Velg V-Rossi Sprint XD
Velg V-Rossi Sprint XD Lapak Mitra Gemilang Motor

Pemilihan Ban
Selanjutnya part yang diincar adalah Ban masdab, kamu mau pilih ban tubeless dengan perakitan khusus (pakai manset) biar biasa dipakai velg jari-jari atau pakai ban tipe tube dengan ban dalam, selanjutnya tinggal pilih ukuran ban.

Kamu bisa aplikasikan ban ukuran lebar 110 bagian depan dan 140 bagian belakang, untuk pasangan lebar alias tingginya (per) silahkan menyesuaikan keinginan. Kalau mau yang pipih pakai /60 nanti membulat gitu atau /70 kalau mau dapat tingginya.

Atau kalau mau kekar lagi silahkan pakai ban yang lebih lebar lagi, depan 120 dan 160 belakang.. tapi ya itu masdab.. Beraat! Mau lari berapa motormu nanti.

Ada banyak sekali ban ring 17 yang bisa kamu pilih, mau merek apa, lokal atau import ada banyak sekali pilihan yang bisa menyesuaikan budget kamu.

Ganti Gear dan Rantai
Kita sebenarnya masih bisa pakai Gear dan rantai bawaan, tapi untuk menyesuaikan kondisi kita perlu mengganti gear belakangnya masdab, idealnya kita bisa pakai gear mata 52 dan rantai 428, seperti punya bro Hasby ini pakai gear 52 belakang merek ROZ dan rantai SSS gold.

Modif CRF150L Supermoto Ganti Gear
Modif CRF150L Supermoto Ganti Gear (@hasbyfiqsani)

Adjust Suspensi
Nah karena dengan ban Supermoto beratnya lebih melar maka perlu di setting juga suspensinya biar enggak terlalu mengayun, shock belakangnya di adjust supaya lebih keras.

Karena suspensi depanya tidak bisa di adjust, bisa disiasati dengan menambahkan oli shock sedikit saja kiri kanan dengan takaran yang sama tapi BlogOtive tidak menyarankan hal ini soalnya oli shock sudah sesuai takaran, biarin saja untuk yang depan.

Ganti Spakbor
Nah kalau ini opsional biar serasi saja, karena untuk Supermoto kita hilangkan ban ring 21 dengan model offroad di roda depan menjadi ring 17 supermoto, biar kelihatan wangun kita rubah lebih pendek juga biar konsepnya Supermoto.

Biaya Modifikasi CRF150L Supermoto

Sekarang coba kita estimasi biaya modifikasi CRF Supermoto yang sudah kita buat masdab, jadi ini sifatnya relatif tergantung merek yang dipakai.

  1. Tromol pakai Original Honda CRF saja
  2. Disc brake dan piranti rem juga pakai bawaan
  3. Velg depan 3,0 hole 36 : V-Rossi Sprint – Rp 400.000
  4. Velg belakang 3,5 hole 32 : V-Rossi Sprint – Rp 450.000
  5. Jari-jari (ruji) 172 mm : Wilwood (36holex2pcs) – Rp 110.000
  6. Ban luar tubeless ring 17 110/70 : IRC Roadwinner RX-01F – Rp 300.000
  7. Ban luar tubeless ring 17 140/70 : IRC Roadwinner RX-01R – Rp 600.000
  8. Gear belakang 52T : Azzuro – Rp 200.000
  9. Rantai 428 HSBT : Gear SSS – Rp 200.000
  10. Spakbor Custom – Rp 200.000

harga per item perkiraan kasar (tergantung penjual). kalau dijumlah, Total Rp 2,46 juta.

Bagaimana masdab?  dengan mengeluarkan biaya Rp 2,5 jutaan saja sudah bisa modifikasi CRF150L menjadi Supermoto.. kalau kamu kesulitan nyari sparepart di kota kamu, kamu juga bisa order via online, ada banyak yang menawarkan paket modifikasi juga tapi ya lebih mahal tentunya.

Hasil Modifikasi CRF Supermoto by rumah Modifikasi MX Shop Magetan
Hasil Modifikasi CRF Supermoto by rumah Modifikasi MX Shop Magetan

Untuk menambah performance saya juga menyarankan untuk mengganti knalpot racing, karena ban supermoto ini lumayan berat, jadi perlu diperhatikan juga. Mungkin itu saja ya.. selamat mencoba! (Hendri)

Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015, menulis lebih dari seribu kata setiap hari.. :)