Beranda KTM Mesin KTM Overheat? Sepertinya itu cerita lama

Mesin KTM Overheat? Sepertinya itu cerita lama [Opini]

0
BERBAGI

Mesin Motor KTM Overheat Cerita lama? , BlogOtive – Yup seperti yang tertera dalam judul masdab, KTM yang notabenenya sebagai motor Eropa terkenal sering mengalami masalah dengan yang namanya Overheat atau Kepanasan (Panas Berlebih), sudah banyak yang mengulas ini terutama dari kalangan Blogosphere maupun curhatan dari pemiliknya langsung. Namun sepertinya menurut kita itu cerita lama, loh kenapa? jadi gini masdab..

Kalau motor 4 silinder, panas dikit itu biasa.. lah kalau motor 250 cc, apalagi Satu Silinder seperti KTM Duke 250 dan RC 250 sampai panas berlebih (Overheat) itu tidak wajar.

Mesin Motor KTM Overheat
High Coolant Temperature, indikator speedo KTM RC series untuk menunjukkan Overheat. (original image sourcer: arantan.wordpress.com)

Tapi kalau dari konstruksi masdab, Masalah Overheat pada KTM itu terjadi karena dua hal yang pasti, pertama karena ada masalah pada sektor pendingin termasuk radiator, fan atau kipas dan cairan atau coolant-nya, di bolak-balik yang diutak-atik untuk menyelesaikan masalah Overheat adalah itu tadi, yang kedua bisa jadi oleh komponen mesin yang kalau ini BlogOtive enggak tahu, komponen mesin masih menyesuaikan cuaca Eropa masdab.. jadi ya wajar disana suhunya dingin, kalau di Indonesia? panas dan macet (wajar, popilasi motor nomor 3 di dunia) tentunya racikanya harus beda.. jadi cerita lama itu datang dari sini

Enggak cuma merek KTM atau brand Eropa, brand Jepang-pun kalau ada masalah pada sektor pendingin pasti juga Overheat, ketambah lagi kalau komponenya menyesuaikan Eropa.. tapi yang enggak terjadi pada motor Jepang masalah Overheat ya karena mereka pengembanganya melakukan research di Indonesia, basis produksinyapun di Indonesia.. jadi dari Indonesia untuk Indonesia, lah kalau KTM?

KTM RC 250
KTM RC 250

KTM diracik dari Austria, meskipun basis produksinya ada di India untuk versi CBU ini namun jika penerapanya masih seperti yang dijual di Austria itu sama saja, tapi BlogOtive yakin kalau KTM untuk yang baru-baru ini sudah melakukan perubahan, pasar untuk India beda, dan bahkan untuk Indonesia, terutama pada setelan sektor pendingin mesin.. jadi bisa jadi kasus Overhead pada motor KTM itu hanya ditemukan dulu, alias cerita lama.. sekarang atau esok, kalau pabrik KTM dibuat di Indonesia, komponen mesin dan pendinginya pasti juga menyesuaikan..

Entahlah Opini ini benar atau tidak adanya.. mungkin waktu yang akan menjawab benar atau tidaknya, yang pasti inilah sedikit konklusinya bahwa Overheat pada motor KTM diakibatkan karena researchnya yang kurang pas (katanya cerita lama tapi) atau terdapat masalah (komponen tidak beres) pada sektor Pendingin mesin. Mungkin itu dia sedikit opini BlogOtive tentang mesin KTM yang katanya Overheat.. disclaimer: ini artikel [opini]. Semoga bermanfaat!

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini