Yamaha punya banyak model kunci untuk saat ini, jika kemarin hanya mengembangkan untuk versi biasa saja jadi kunci kontak dengan pengaman magnet, kini ada beberapa model kunci baru yang tersemat pada motor-motor si garpu tala, umumnya untuk model skutik diantaranya Smart Key System (SKS) menggunakan Keyless dan yang akan kita bahas kali ini, Advance Key System (AKS).

Smart Key System (SKS) atau Keyless Ignition hadir untuk skutik kelas menengah hingga atas seperti pada Yamaha Aerox, XMax dan TMax series. Sementara untuk Advance Key System untuk skutik entry-level seperti Yamaha Mio M3, All New Soul GT dan New Fino 125. Untuk SKS mungkin dibahas di artikel lain ya, untuk AKS mari kita mengenal fitur kunci ini selengkapnya

Fitur Kunci Advance Key System

Advance Key System
Advance Key System pada Fino 125 (pict by garasimosifikasi.com)

Jadi kunci AKS ini kalau menurut BlogOtive adalah hasil pengembangan dari kunci berpengaman magnet Yamaha, hanya saja diperbarui secara lebih Advance tepatnya pada bagian untuk shutter/penutup lubang kunci dan ketambahan fitur Answer-back untuk memudahkan pencarian motor saat diparkirkan bersama banyak kendaraan. Oh iya.. pada lubang kunci juga ditambahkan lampu supaya lubang terlihat disaat kondisi gelap/malam hari.

Untuk pengoperasianya, membuka lubang kunci tidak perlu untuk menggeser pengaman magnet, cukup tekan (hold) lumayan lama pada tombol yang sudah ada pada kunci, maka otomatis lubang akan terbuka.. kemudian untuk mengaktifkan Answer-back cukup menekan 1x pada tombol.

Bagaimana masdab? cukup mudah dan praktis kan.. namanya juga Advance ya kan. AKS mula-mulanya diterapkan pada New Fino 125, kemudian tahun ini fitur turun ke Mio dan All New Soul GT sekaligus memperkenalkan fitur Stop Start System (SSS). Semoga bermanfaat!

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu