Mesin Ducati MotoGP Desmosedici Stradale
Mesin Ducati MotoGP Desmosedici Stradale (Image: Ducati)

Mengenal 3 Konfigurasi Mesin Motor MotoGP yang dipakai Honda, Yamaha, Suzuki, Ducati, KTM dan Aprilia

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Mesin Motor MotoGP memiliki konfigurasi mesin yang bermacam-macam tergantung dari keinginan dari manufacturer masing-masing.

Beberapa pabrikan yang berkompetisi seperti Honda, Yamaha, Duzuki, Ducati, KTM dan Aprilia memilih konfigurasi yang berbeda-beda, namun setidaknya ada 3 jenis konfigurasi yang mereka pakai.

Meskipun di bebaskan menggunakan jenis konfigurasi, namun penyelenggara balapan memiliki regulasi penyetaraan kapasitas mesin dan jumlah silinder yang dipakai yakni 1.000 cc dengan 4 piston.

Seperti halnya motor pabrikan massal yang di jual umum, racikan mesin motor di MotoGP juga memiliki mesin yang beranekaragam, tergantung selera para insinyur pabrikan yang mempercayakan jenis konfigurasi apa yang cocok untuk si kuda besi.

Konfigurasi Mesin Motor MotoGP

Kebanyakan konfigurasi yang dipakai adalah mesin V-4, dari seluruhnya 6 pabrikan yang berkompetisi di ajang balap MotoGP, konfigurasi piston membentuk huruf “V” itu sudah dipakai oleh 3 pabrikan, sisanya menggunakan konfigurasi piston segaris atau Inline-4 dan L4 90 derajat. Untuk mengetahui mesin motor apa saja, berikut rangkumanya.

Yamaha – Inline4.

Konfigurasi Mesin Inline4 Yamaha
Konfigurasi Mesin Inline4 Yamaha

Pabrikan asal Jepang yang ikonik dengan logo Garpu ini memilih konfigurasi mesin dengan piston sejajar Inline-4 untuk motor andalanya Yamaha YZR-M1.

Honda – V4 Engine.

Konfigurasi Mesin V4 Honda
Konfigurasi Mesin V4 Honda

Berbeda dengan Yamaha yang pakai Inline-4, Honda memilih menggunakan konfigurasi V-4 dengan membagi piston membentuk huruf “V” untuk Honda RC-213V.

Suzuki – Inline4.

Konfigurasi Mesin Inline4 Suzuki
Konfigurasi Mesin Inline4 Suzuki

Pabrikan Jepang yang baru saja ikut kembali dalam kompetisi balap di tahun 2015 ini memilih konfigurasi mesin sama seperti Yamaha dengan mesin Inline-4 untuk GSX-R1000.

KTM – V4 Engine.

Konfigurasi Mesin V4 KTM
Konfigurasi Mesin V4 KTM

Pabrikan asal Austria, KTM juga ikut menyusul menjadi tim pabrikan di MotoGP pada tahun 2017 full season, Namun berbeda dengan Suzuki, KTM lebih memilih konfigurasi yang sama seperti Honda dengan menggunakan V-4 untuk KTM RC.

Aprilia – V4 Engine.

Konfigurasi Mesin V4 Aprilia
Konfigurasi Mesin V4 Aprilia

Pabrikan asal Italia ini juga menggunakan konfigurasi mesin yang sama seperti dipakai Honda dan KTM dengan konfigurasi V-4 untuk Aprilia RS-GP.

Ducati –  L4 90 derajat.

Konfigurasi Mesin L4 Ducati
Konfigurasi Mesin L4 Ducati

Motor Ducati juga memiliki konfigurasi paling beda diantara pabrikan lainya karena mesin L-4 Ducati Desmosedici GP memiliki jarak antar piston 90 derajat seperti sudut siku-siku atau huruf L, 90 degree L-4, Ducati sendiri menyebutnya dengan mesin Desmosedici V4 Stradale.

Video Komparasi Konfigurasi Mesin Inline-4, V4 Engine dan L4 Engine

Sumber: MotoGP

Itulah dia 3 Konfigurasi piston yang dipakai 6 pabrikan MotoGP yakni Inline-4, V4 Engine dan 90 degree L4, berlaku juga untuk motor tim satelit mereka. (Hendri)

Gambar Gravatar
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!