27.9 C
Yogyakarta
Kamis, Oktober 14, 2021

Mengenal 3 Konfigurasi Mesin Motor MotoGP yang dipakai Honda, Yamaha, Suzuki, Ducati, KTM dan Aprilia

BLOGOTIVE.COM – Mesin Motor MotoGP memiliki konfigurasi mesin yang bermacam-macam tergantung dari keinginan dari manufacturer masing-masing.

Beberapa pabrikan yang berkompetisi seperti Honda, Yamaha, Duzuki, Ducati, KTM dan Aprilia memilih konfigurasi yang berbeda-beda, namun setidaknya ada 3 jenis konfigurasi yang mereka pakai.

Meskipun di bebaskan menggunakan jenis konfigurasi, namun penyelenggara balapan memiliki regulasi penyetaraan kapasitas mesin dan jumlah silinder yang dipakai yakni 1.000 cc dengan 4 piston.

Seperti halnya motor pabrikan massal yang di jual umum, racikan mesin motor di MotoGP juga memiliki mesin yang beranekaragam, tergantung selera para insinyur pabrikan yang mempercayakan jenis konfigurasi apa yang cocok untuk si kuda besi.

Konfigurasi Mesin Motor MotoGP

Kebanyakan konfigurasi yang dipakai adalah mesin V-4, dari seluruhnya 6 pabrikan yang berkompetisi di ajang balap MotoGP, konfigurasi piston membentuk huruf “V” itu sudah dipakai oleh 3 pabrikan, sisanya menggunakan konfigurasi piston segaris atau Inline-4 dan L4 90 derajat. Untuk mengetahui mesin motor apa saja, berikut rangkumanya.

Yamaha – Inline4.

Konfigurasi Mesin Inline4 Yamaha
Konfigurasi Mesin Inline4 Yamaha

Pabrikan asal Jepang yang ikonik dengan logo Garpu ini memilih konfigurasi mesin dengan piston sejajar Inline-4 untuk motor andalanya Yamaha YZR-M1.

Honda – V4 Engine.

Konfigurasi Mesin V4 Honda
Konfigurasi Mesin V4 Honda

Berbeda dengan Yamaha yang pakai Inline-4, Honda memilih menggunakan konfigurasi V-4 dengan membagi piston membentuk huruf “V” untuk Honda RC-213V.

Suzuki – Inline4.

Konfigurasi Mesin Inline4 Suzuki
Konfigurasi Mesin Inline4 Suzuki

Pabrikan Jepang yang baru saja ikut kembali dalam kompetisi balap di tahun 2015 ini memilih konfigurasi mesin sama seperti Yamaha dengan mesin Inline-4 untuk GSX-R1000.

KTM – V4 Engine.

Konfigurasi Mesin V4 KTM
Konfigurasi Mesin V4 KTM

Pabrikan asal Austria, KTM juga ikut menyusul menjadi tim pabrikan di MotoGP pada tahun 2017 full season, Namun berbeda dengan Suzuki, KTM lebih memilih konfigurasi yang sama seperti Honda dengan menggunakan V-4 untuk KTM RC.

Aprilia – V4 Engine.

Konfigurasi Mesin V4 Aprilia
Konfigurasi Mesin V4 Aprilia

Pabrikan asal Italia ini juga menggunakan konfigurasi mesin yang sama seperti dipakai Honda dan KTM dengan konfigurasi V-4 untuk Aprilia RS-GP.

Ducati –  L4 90 derajat.

Konfigurasi Mesin L4 Ducati
Konfigurasi Mesin L4 Ducati

Motor Ducati juga memiliki konfigurasi paling beda diantara pabrikan lainya karena mesin L-4 Ducati Desmosedici GP memiliki jarak antar piston 90 derajat seperti sudut siku-siku atau huruf L, 90 degree L-4, Ducati sendiri menyebutnya dengan mesin Desmosedici V4 Stradale.

Video Komparasi Konfigurasi Mesin Inline-4, V4 Engine dan L4 Engine

Sumber: MotoGP

Itulah dia 3 Konfigurasi piston yang dipakai 6 pabrikan MotoGP yakni Inline-4, V4 Engine dan 90 degree L4, berlaku juga untuk motor tim satelit mereka. (Hendri)

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Starting Grid MotoGP Perancis 2021, Quartararo Pole Position

BLOGOTIVE.COM - Starting Grid MotoGP Perancis 2021 di Sirkuit Le Mans menempatkan pembalap pabrikan Yamaha, Quartararo start dari posisi pertama, Fabio meraih...

24 Nama Pembalap MotoGP 2021 beserta Foto Motornya

BLOGOTIVE.COM - Ada 24 Nama Pembalap MotoGP 2021 yang akan mulai bertarung untuk berkompetisi di musim ini, banyak jebolan dari Moto2 sedang...

Starting Grid MotoGP Jerez 2021, Quartararo Pole Position

BLOGOTIVE.COM - Posisi Start pertama MotoGP Jerez 2021 menempatkan pembalap Pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo berhasil meraih Pole Position dengan catatan waktu 1...

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

Pajak Innova Reborn 2016-2021 Bensin dan Diesel, Catat Sebelum Membeli!

BLOGOTIVE.COM - Siapa yang tidak tahu Toyota Kijang Innova, mobil MPV 7 seater yang sudah sejak lama menjadi favorit masyarakat Indonesia karena...

9 Pilihan Warna Honda BeAT 2021, Dibagi Dua Varian

BLOGOTIVE.COM - Untuk kamu yang pengen meminang Honda BeAT, tidak tanggung-tanggung ada 9 pilihan warna keren yang disediakan PT Astra Honda Motor...

Biaya Biro Jasa STNK Perpanjangan Tanpa KTP, Ini Tarifnya

BLOGOTIVE.COM - Perpajakan masih menjadi kendala bagi beberapa orang yang membeli kendaraan bekas atau second, jika hendak perpanjangan tahunan si pemilik STNK...

All New CB150R facelift 2021 Resmi Launching di Yogyakarta, Kedu dan Banyumas

BLOGOTIVE.COM - Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer sepeda motor Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas secara resmi telah memperkenalkan motor sport...

Starting Grid MotoGP Perancis 2021, Quartararo Pole Position

BLOGOTIVE.COM - Starting Grid MotoGP Perancis 2021 di Sirkuit Le Mans menempatkan pembalap pabrikan Yamaha, Quartararo start dari posisi pertama, Fabio meraih...