Kali ini Kami ingin membahas tentang Keunggulan Motor Matic daripada jenis lainya bro/sist, sepertinya ini juga menjadi alasan kenapa motor jenis ini bisa eksis di era-era sekarang, popularitasnya mulai menyeruak dua tahun terakhir ini bahkan jenis skutik ini menjadi Best Seller untuk pabrikan yang memproduksinya. Sebenarnya apa sih Kelebihan Matic itu?

Yups, kami yakin sudah banyak yang tau kelebihan utama motor dengan transmisi Otomatis ini, disini BlogOtive cuma ingin menandaskan saja karena motor ini sudah banyak dipakai oleh banyak kalangan baik muda, tua, perempuan atau laki-laki sekalipun. Check it Out !

Motor Matic
Motor Matic

1. Irit Bahan Bakar
Kelebihan Motor Matic itu adalah irit, produsen sepeda motor berlomba-lomba untuk membuat motor ini se-irit mungkin dengan berbagai optimalisasi penggunaan bahan bakar.

Kita bisa menengok dua produsen sepeda motor besar di Indonesia yakni Honda dan Yamaha, mereka menyematkan teknologi efisiensi bahan bakar untuk motor tipe skutiknya, seperti fitur Enhanced Smart Power (eSP) atau Bluecore, secara nama keduanya berbeda namun pada fungsinya sama yakni mengoptimalkan bahan bakar dengan optimalisasi sana sini tadi untuk menciptakan skutik yang irit bahan bakar.

ECO indikator (indikator Ekonomis) juga disematkan sebagai pengingat dan paduan kepada pengendara untuk mengeumudikan motor dengan gaya Ekonomis seperti tidak berkendara di putaran RPM (kecepatan putaran mesin) tinggi atau tidak membuka trottle gas dadakan (stop and go).

Ini jelas menjadi keunggulan motor Matic karena tidak ada di motor jenis lainya seperti bebek atau motor sport, mungkin ada optimalisasi bahan bakar tetapi hanya seperti ECO indikator atau redline pengingat RPM tinggi, tidak ada fitur seperti eSP atau Bluecore.

Seberapa irit motor matic? jika pengendara memacu motornya dengan Ekonomis Mode, kebanyakan skutik di Indonesia mampu menghasilkan irit BBM dengan kisaran 48 sd 60 km per liter, tetapi hal ini tergantung bobot muatan, medan dan kembali ke gaya pengendara pengemudi (meskipun sama-sama ECO mode).

2. Kapasitas muat barang besar

Kapasitas muat barang motor Matic, Helm in

Kedua, yang menjadi kelenihan Skutik adalah bisa memuat barang bahkan dengan kapasitas yang besar, terdapat banyak tempat untuk menyisipkan barang bawaan seperti di area pijakan kaki, dibagian belakang sayap atau di bagasi, tiga tempat tadi yang biasanya tersedia di motor-motor matic.

Dibagian pijakan kaki contohnya, kita bisa menaruh kotak kecil atau mencantelkan tas atau kantong plastik, ditambah lagi di bagian belakang sayap, kita bisa menaruh sarung tangan, uang logam, kertas parkir atau bahkan handphone, belum lagi di bagasi, disana banyak jenis skutik yang bisa dimasukan helm half face atau umumnya untuk menyimpan jas hujan.

Apakah motor jenis lain bisa melakukanya? tidak bro/sist.. Bayangkan untuk jenis bebek atau sport (apalagi sport fairing) yang bahkan tidak ada sama sekali ruang penyimpananya. Jelas sekali ini menjadi kelebihan skutik.

3. Praktis

Transmisi Matic
Sistem Transmisi Automic

Dengan sistem transmisi  Automatic hasilnya Motor Matic akan lebih praktis dikendarai, kerja pengemudi hanya menarik gas dan tuas rem, tidak perlu memikirkan transmisi.

Pegendara hanya akan di ajak fokus untuk melihat jalanan dan mengatur gas serta rem, kaki pengendara tidak akan ikut bekerja.

Pengemudi akan sangat menyadari efisiensi skutik ini bila menggunakanya di jalanan yang macet, motor jenis ini bisa selap selip karena praktis digunakan.

Transmisi yang sudah diatur Otomatis ini menjadi Kelebihan motor Matic bro/sist untuk tingkat ke-praktisan-nya apabila dibandingkan dengan jenis bebek yang harus pakai kaki untuk mengatur perseneling atau jenis naked yang harus mengatur transmisi serba manualnya (kopling).

4. Handling lebih baik, mudah di arahkan

Handling Motor matic
Handling Motor matic umumnya lebih mudah diarahkan

Skutik umumnya menggunakan ban dengan ukuran kecil, ring-14, dengan menggunakan ban kecil ini otomatis dampaknya akan sangat terasa ke bagian hadling. Motor matic akan lebih mudah diarahkan ketimbang jenis lain yang menggunakan ban lebih besar.

Coba Otivers bandingkan menggunakan matic dan dengan jenis lainya, dibagian stang kamu akan lebih mudah menekuk ban ring 14 daripada ring-17.

Yup, Handling skutik lebih baik ini menjadi kelebihan motor jenis Matic dibandingkan yang lainya.

5. Minim Getaran
Motor Matic itu sangat minim getaran, karena kebanyakan mesin ditempatkan di bagian 50:50 atau tepat berada di posisi duduk si pengendara, maka getaran yang dihasilkan oleh mesin sangat minim, getaran ini langsung di-eliminasi oleh Sockbraker.

Efeknya, pengemudi sering tidak merasa bahwa dia sedang mengemudikan motor dengan kecepatan tinggi (apalagi yang baru beralih dari jenis motor lain), karena getaran ini tadi tidak terlalu dirasakan.

Berbeda dengan motor jenis bebek atau apalagi motor sport, bahkan baru-baru ini produsen sampai-sampai memberikan hanger berbahan alumunium alloy untuk motorsportnya ditujukan mengurangi getaran yang dihasilkan mesin.

Nah, itu tadi untuk Kelebihan atau Keunggulan Motor Matic, setiap kelebihan pasti akan ada kekuranganya Otivers, sekarang coba kita telisik beberapa kekurangan yang terdapat pada skutik.

Kekuranganya diantaranya seperti (1) kita tidak bisa mengntrol akselerasi sesuai selera karena transmisi yang dihasilkan otomatis, (2) ban kecil juga menjadi kendala dan risiko guncangan dan terselip apabila menjumpai jalanan berlubang.

Nah, jadi itu Otivers beberapa Keunggulan Motor Matic versi BlogOtive.. Selama skutik masih efisien dan banyak keunggulanya seperti yang kami sebutkan diatas, motor matic akan tetap menjadi idola transportasi roda dua di Indonesia.

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu