Hallo masdab, baru saja BlogOtive update artikel tentang Biaya Pegurusan STNK dan BPKB tarif baru 2017 yang melambung naik dua hingga tiga persen.. sekarang ini admin curiga juga dengan trend para Pabrikan Sepeda Motor yang menyembunyikan harga motor baru tidak seperti biasanya.. Mungkin jawabanya juga ada kaitanya dengan aturan baru Pemerintah ini yang ingin membuat pendapatan negara makin membaik dengan membebankan pajak di hampir semua bidang.

Kita tahu dua pabrikan Jepang, Yamaha dan Suzuki secara resmi launching motor baru beberapa bulan terakhir yakni Aerox 155 dan GSX-R150 atau GSX-S150 tapi dari ketiga motor diatas belum diketahui bandrol harganya, pabrikan masih merahasiakan.. untuk kasus ini bahkan sudah terjadi pada Honda CBR250RR tetapi beberapa bulan lalu sudah di umumkan harga resminya.

Alasan Pabrikan Merahasiakan Motor baru
Cakep-cakep enggak ada harganya?

Kenapa Pabrikan Motor menyembunyikan harga Motor baru?

Bagian Strategi mungkin bisa dibilang demikian, namun menurut BlogOtive itu hanya sekian persen.. lebih tepatnya alasan pabrikan Merahasikan harga motor baru memang karena berbagai perhitungan.. menurut opini BlogOtive, pabrikan tidak mau blunder membuat bandrol harga produk barunya.. cermat betul harus dilakukan agar bisa bersaing dengan kompetitor, apalagi untuk Suzuki GSX-R150 yang sudah dijanjikan bakalan lebih murah dari kompetitor yang akan digunakan sebagai kelebihan motor ini nantinya.. itu alasan pertama.

Alasan kedua adalah Kebijakan dari Pemerintah melalui Bank Indonesia dengan kebijakan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) barunya yang dibidik untuk perusahaan finansial/leasing yang ikut berkaitan erat dengan dealer dalam menjual motor dari si pabrikan.. seperti yang sudah diutarakan oleh admin FP Techno Racing Manufacture.. selain alasan tadi, juga didukung dengan keluarnya PP No.60 tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di Lingkungan Polri yang menaikkan Biaya Pengurusan STNK, BPKB dan surat lain seperti STCK yang tarifnya dibuat lebih mahal bahkan sampai tiga kali lipat.. tentu dampaknya ke harga OTR bakalan naik karena juga berhubungan dengan Biro Jasa pembuatan STNK yang pasti jasanya lebih mahal.

Menurut BlogOtive ketiga hal tadi yang menjadi alasan Kenapa Pabrikan masih menyembunyikan atau merahasiakan Harga Motor barunya.. selain karena tidak mau blunder dengan mewanti-wanti, wait and see kalau bahasa jawanya.. juga disebabkan karena Kebijakan baru yang dibuat pemerintah. Sepertinya pemerintah berusaha menekan pajak terutama untuk bisnis Otomotif/Motor yang terus berkembang pesat.

Jadi sekarang Pabrikan sedang berusaha menunggu momen yang tepat dengan perhitungan-perhitungan matang sebelum ketok palu bandrol harga di umumkan.

Mungkin itu dia jawabanya.. yang sabar ya masdab untuk yang menanti bandrol harga resmi motor baru, kalau minat ya inden online dulu saja. BlogOtive jadinya juga belum bisa memprediksi harga GSX-R150, GSX-S150 dan Aerox 155 nih.. kabar simpang siurpun kayaknya masih diragukan juga. kita tunggu resminya saja!

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu