Kunci keyless Honda PCX Lokal
Kunci keyless Honda PCX Lokal

6 Kelebihan Honda PCX Lokal yang tidak dimiliki Yamaha NMax

Diposting pada

Ya Betul sekali Honda PCX Lokal memiliki fitur kunci berteknologi keyless seperti pada gambar diatas, dan tentunya fitur tersebut belum dimiliki oleh rival utamanya, NMax itu sebabnya disini BlogOtive akan membuat beberapa daftar tentang Kelebihan dan Kekurangan Honda PCX bila dibandingkan dengan Yamaha NMax.

Tren motor matic bongsor memang sedang naik daun di maysarakat Indonesia saat ini, motor ini memiliki looking gagah, ruang penyimpanan yang luas dan juga kaya fitur, sehingga para pabrikan berlomba-lomba merebut hati konsumen seperti pertarungan PCX vs NMax ini.

Setelah kemarin BlogOtive membahas tentang 10 Fitur Honda PCX Lokal maka kurang pas rasanya kalau kita tidak menghadirkan pembanding satu kelas yang disini Yamaha NMax degan segala fitur yang juga tidak kalah, apalagi performa mesinya yang sudah pakai VVA. Yuk langsung saja

Kelebihan Honda PCX yang tidak dimiliki Yamaha NMax

1. Kunci Berteknologi Keyless
Yang pertama menjadi sorotan adalah hadirnya Smart Key System pada Honda PCX Lokal ini, sebuah sistem kunci tanpa menggunakan anak kunci (keyless) dan hanya berbekal remot multifungsi.

Dalam teknologi kunci yang satu ini, sistem kunci Honda PCX mengemas 3 fitur sekaligus yakni Immobilizer, Answer Back dan Alarm anti-theft (anti maling).

2. Idling Stop System
Ini adalah teknologi mematikan mesin otomatis ketika tidak dipakai sesaat yang bisa diaktifkan dan di non-aktifkan melalui switch sebelah kanan panel steer Honda PCX.

Yamaha sebenarnya juga punya SSS (Stop Start System) namun fitur ini diterapkan untuk skutik 125 cc mereka serta Aerox S-version dan belum diaplikasikan untuk Yamaha NNax.

3. ACG Starter
Fitur ini yang bikin starter Honda PCX halus minim suara, satu paket dengan ISS motor ini borong Smart Technology milik Honda.

Yamaha juga punya kok teknologi canggih seperti ini, namanya SMG (Smart Motor Generaror) yang belum ada di NMax.

4. Combi Brake System (CBS)
Rem Kombinasi depan belakang rupanya bukan cuma diterapkan untuk pengereman tromol dan cakram, tapi dual cakram seperti yang dimiliki PCX juga ada fitur ini.

Bekerja ikut menarik tuas rem depan secara otomatis apabila rem belakang dipakai hanya saja porsinya tidak sama, fungsinya untuk keseimbangan pengereman.

Fitur CBS ini memang ciri khasnya Honda, Yamaha tidak punya. Meskipun tidak sedikit pengguna motor Honda yang tidak suka dengan fitur ini.

5. Power Outlet
Honda PCX punya kompartemen berupa laci di bagian kiri dashboard yang tertutup, isinya adalah ruang untuk menyimpan sarung tangan atau papan charger untuk meletakan handphone sambil di charge.

Memiliki arus DC dengan daya maksimal 12 volt. Sayang di NMax tidak ada fitur seperti ini, tapi Yamaha bukanya enggak punya loh ya.

6. Kapasitas BBM
Honda PCX punya kapasitas penyimpanan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang lebih lega daripada NMax (6,6 liter) maupun versi sebelumnya (PCX Import) yang hanya 4,5 liter.

Kapasitasnya kali ini naik 2x lipat menjadi 8 liter, jadi enggak perlu bolak-balik mampir SPBU deh!

Kekurangan Honda PCX yang dimana NMax lebih unggul

Kurang afdol dan fair ya kalau kita hanya membahas kelebihan Honda PCX Lokal ini, karena setiap hal pasti punya plus minus jadi kita juga akan membahas kelemahan atau kekurangan motor ini, dan pastinya yang menjadi kelebihan rivalnya NMax, Apa saja?

1. Rem ABS 1 channel
Untuk versi Anti-Lock Braking System (ABS) sayangnya Honda hanya membuat sistem ABS untuk rem depanya saja, hanya satu channel bro!

Pastinya rem belakang masih berpotensi mengunci jadi rasa-rasanya masih kurang sempurna lah ya, tapi kalau ABS-nya NMax pakai dual-channel artinya depan dan belakang ABS.

2. Kalah teknologi Mesin, Powernya juga rahasia
Dari spesifikasi dapur pacu, volume mesin Honda PCX ini lebih kecil daripada NMax dan sepertinya performanya juga lebih kecil.

Meski sama-sama pakai mesin SOHC, Single Cylinder tapi jeroanya si NMax pakai 4 katup sementara PCX hanya 2 katup.

Yamaha punya mesin berteknologi VTec Honda roda empat, dia adalah VVA (Variable Valve Actuation) yang bisa mengatur ke-empat katupnya bekerja efisien serta tidak mubazir, dibagi low cam dan high cam pada 6.000 rpm.

Tenaga Yamaha NMax adalah 11,1 kW @ 8.000 rpm didukung torsi 14,4 Nm @ 6.000 Rpm, kalau tenaga mesin Honda PCX Lokal yang pakai mesin Vario 150 ini masih dirahasiakan oleh AHM.

3. Ban Masih Kalah Gambot
Kalau skutik bongsor identik dengan ban gambot, maka ukuran ban standar yang dipakai Honda PCX Lokal ini masih kalah gambot masdab.

Honda PCX pakai profil ban 100/80-14 untuk bagian depan dan 120/70-14 untuk bagian belakang sementara milik NMax satu tingkat lebih lebar 110/70 di depan dan 130/00-13 di belakang. Kalau diameter rimnya Nmax lebih kecil 1 inchi karena pakai ring 13.

4. Yamaha NMax punya Shock Tabung
Yang tidak dimiliki Honda PCX 150 Lokal kalau dibandingkan NMax adalah shockbreaker belakang yang dimana NMax punya shock dengan tabung berwarna emas yang berisi nitrogen. Selain tambah keren kalau menurut saya, suspensinya jadi lebih optimal.

Honda PCX Lokal vs Yamaha NMax
Honda PCX Lokal vs Yamaha NMax

Kurang lebih itulah dia Kelebihan dan Kekurangan Honda PCX 150 jika dibandingkan dengan Yamaha NMax, intinya kalau melihat data-data di atas, kalau saya ini bikin bingung mau pilih yang mana. Kalau kamu masdab?

Gambar Gravatar
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!