Beranda Masyarakat Otomotif Kelebihan dan Perbedaan BBM Pertalite dibandingkan Premium

Kelebihan dan Perbedaan BBM Pertalite dibandingkan Premium

0
BERBAGI

BlogOtive – Pertalite adalah BBM jenis baru dengan RON yang lebih tinggi yakni 90. dengan kehadirannya, Pertalit  memiliki kelebihan dan perbedaan dibanding Premium.

Upaya Pemerintah dalam meningkatkan kualitas standar Bahan Bakar untuk Kendaraan umum di Indonesia saat ini adalah dengan menghadirkan BBM jenis baru yakni Pertalite, Pemerintah juga menerapkan regulasi baru untuk kendaraan agar bisa berstandar Euro 3, seperti diketahui bahwa kualitas bahan bakar Indonesia sebelumnya masih berstandar Euro 2 sementara negara lain terutama negara-negara Eropa sudah menerapkan standar Euro 3 sejak dahulu.

Dengan hadirnya Pertalite, tentu akan membawa perubahan-perubahan untuk banyak aspek terutama untuk dampak pada kendaraan, beberapa perubahan Pertalite dibandingkan dengan Premium yang akan coba BlogOtive berikan. Selain perubahan, Pertalite juga memiliki kelebihan-kelebihan dibandingkan Premium dan terutama soal Harga, dimana Harga Pertalit dijual dengan Rp 8400 per Liter untuk promo, dan normalnya Rp 8700/L namun masih berkemungkinan bisa naik.

Pertalite
Himbauan menggunakan Pertalite oleh Pertamina.

Berikut adalah Perbedaan beserta Kelebihan Pertalite dibandingkan Premium secara Umum:
Oktan (RON) Premium 88 sementara Pertalite 90-92.
Perbedaan yang pertama adalah nilai oktan atau juga bisa disebut RON (Research Octane Number), semakin tinggi Oktan semakin baik pula kualitas bahan bakar. Dengan ini memunculkan perbedaan-perbedaan dan kelebihan tersendiri diantaranya

  • Dengan Pertalite maka mesin lebih irit, jika Premium bisa menempuh 11 Km/L maka dengan Pertalit bisa menempuh antara 12 hingga 15 Km/Liter.
  • Menggunakan Pertalite mesin lebih awet, Premium adalah jenis bahan bakar dengan Oktan terendah dan menggunakan tambahan pewarna.
  • Kelebihan Pertalite Lebih ramah lingkungan, diketahui dengan bahan bakar Premium dapat menghasilkan NOx dan COx berjumlah besar.

Dapat disimpulkan bahwa Kelebihan Menggunakan bahan bakar jenis Pertalite memberikan dampak lebih baik dibandingkan menggunakan jenis Premium , namun pernedaan keduanya adalah Harga yang lebih mahal Rp 1000 atau Rp 1300.

Itulah da Perbedaan Pertalite dan kelebihanya dibandingkan Premium, Pertalite melengkapi varian jenis bahan bakar di Indonesia, dimana Pertalite ditempatkan di atas Premium (ron 88/90-92) namun dibawah Pertamax (90-92/92-95 termasuk Pertamax Plus).

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini