Beranda Pengetahuan Kelebihan dan Kekurangan Rem Cakram (Disk Brake)

Kelebihan dan Kekurangan Rem Cakram (Disk Brake)

0
BERBAGI

Rem merupakan komponen pada sepeda motor yang memiliki peran sangat penting, selain bekerja untuk menghentikan laju sepeda motor, rem juga menjadi perangkat untuk mengatur kecepatan laju dan saat ini sudah menjadi perangkat atau komponen motor yang menjadi piranti keselamatan atau safety.

Seperti diketahui bahwa saat ini, dalam sepeda motor dikenal dua jenis pengereman yakni Disk brake atau yang lebih familiar disebutnya di Indonesia sebagai rem Cakram dan jenis Rem Tromol atau Drum Brake. Jika kemarin BlogOtive membahas tentang Kelebihan dan Kekurangan Rem Tromol (Drum Brake), kini kita akan membahas mengenai Rem Cakram (Disk Brake).

Rem Cakram bekerja dengan sebuah alat yang disebut Kaliper dengan Piston yang akan menjepit Disk Brake atau Piringan Cakram yang sedang berputar bersama roda untuk memperlambat atau menghentikan laju, dengan sistem ini memiliki beberapa Kelebihan dan kekurangan, berikut adalah plus dan minusnya

Rem Cakram
Rem Cakram (Disk Brake)

Kelebihan Rem Cakram

Cepat menghentikan Laju/Pakem
Kelebihan yang pertama pada Rem Cakram adalah kecepatan dalam menghentikan laju kendaraan atau yang kita sebutnya pakem. Dengan model jepit dan bukan gesek (pelebaran kampas rem) seperti sistem pada Drum Brake, dalam menhentikan laju akan lebih cepat.

Lebih Stabil dan Konsisten
Penggunaan Rem Cakram lebih stabil dan konsisten dalam setiap takaran pengereman, dengan rem cakram kita tidak akan menjumpai pengereman yang terkadang tajam dan terkadang tidak seperti apabila menggunakan rem tromol.

Good Looking
Secara Visual, dengan penggunaan Rem Cakram dapat memperindah penampilan sepeda motor atau istilahnya Lebih Good Looking daripada penggunaan Rem Tromol.

Kekurangan Rem Cakram

Riskan Kerusakan dan Mudah terkena kotoran
Krena rem Cakram menggunakan Disk Brake yang posisinya di luar, maka jika terjadi benturan akan merusah keseluruhan kinerja rem dan laju roda motor, selain itu debu atau kotoran juga menjadi penghambat rem cakram bekerja maksimal. Hal ini berbeda dengan rem Tromol yang posisinya didalam.

Kinerja Pengereman Kasar
Hasil pengereman menggunakan rem Cakram lebih galak daripada rem Tromol, jadi pengereman tidak begitu halus dan cenderung kasar. Meskipun hal itu bisa disiasati dengan menekan rem secara perlahan yang membutuhkan tingkat detail dalam menekan tuas rem.

Risiko Rem Mengancing
Untuk Disk Brake yang tidak dilengkapi dengan fitur ABS (Anti-Lock Braking System), risiko rem mengancing selalu membayangi pengguna rem cakram. Rem mengancing sangat berbahaya bila terjadi di kecepatan yang sangat tinggi dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Itulah dia Kelebihan dan Kekurangan Rem Carkam atau Disk Brake menurut BlogOtive, Silahkan share artikel ini apabila bermanfaat dan selamat menjelajahi artikel menarik tentang sepeda motor yang lainya.

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini