Honda memperbarui CBR Lokal menjadi bertajub All New pada bulan Februari kemarin, motor ini membawa banyak perubahan, nyaris semua sektor diperbarui tanpa ada komponen yang current-part dengan yang lama, nah kali ini BlogOtive akan membahas tentang Kelebihan dan Kekuarangan All New CBR150R 2016 versi kami, check it out bro!

Sebelum membahas keunggulan dan kelemahan motor ini kita akan melihat beberapa yang baru dari motor ini, dari yang paling mudah kita lihat adalah sektor design yang 100% berubah, filosofi CBR ini adalah bigbike 500cc Honda, CBR500R jadi jangan ditanya soal design, yang kedua adalah engine, mesin yang digunakan merupakan current engine Sonic-CB150R namun memiliki setup paling tinggi, output motor ini paling besar dikelasi 150cc Honda.

Dan bicara soal merk motor, tentu saja ada kompetitor sob.. dan kompetitor terberat Honda CBR150R ini kita tau adalah Yamaha R15 yang bisa dikatakan sudah usang karena dalam 3 tahun mengaspal belum juga di update. Nah untuk mencari kelebihan dan kekurangan All New CBR150R, pembanding utama adalah R15 sob karena dia adalah kompetitor utamanya. Lalu apa Keunggulan dan kelemahanya?

Kelebihan dan Kekurangan Honda CBR150R

Kelebihan dan Kekurangan All New Honda CBR150R 2016
All New CBR150R 2016

Kelebihan All New CBR150R 2016

Design total All-out
Kalau BlogOtive bilang design All New Honda CBR150R gak nanggung-nanggung, berbeda dengan versi sebelumnya yang masih hanya mencontoh CBR versi sebelumnya lagi (CBU Thailand). Design CBR150R 2016 ini benar-benar total wis.. sudut-sudut lancip dan dari depan hingga belakang membuat mata melotot mendelengi motor ini, CBR150R yang satu ini juga memiliki dual headlamp, dual layer dan split seat atau jok yang didesign benar-benar berubah. motor ini benar-benar mirip CBR500R sob!

Penerangan Full LED, speedo LCD Digital
Kelebihan All New Honda CBR150R 2016 ada di sektor pencahayaan, lampu yang digunakan sudah menggunakan Full Light Emiting Diode (LED) baik head, tail lamp bahkan hingga lampu sein sudah mengaplikasikan lampu model terkini yang dikenal hemat energi namun lebih terang itu.
Untuk speedometer, All New Honda CBR150R juga sudah menggunakan Full Digital berpanel LCD.

Mesin baru, powerful dan irit
Honda telah membuat mesin 150cc yang dicangkokan ke sport 150cc miliknya, semuanya berkubikasi 149,16cc namun untuk CBR150R ini memiliki setelan ECU yang memiliki output power  terbesar.
Selain powerful, Klaim Honda motor ini mampu melibas 40Km/liter bahan bakar (Euro2), dan menggunakan Euro3 dengan RON yang tinggi seperti Pertamax atau Pertamax Plus bisa mencapai 35 Km/liter-an, dengan konsumsi BBM seperti itu, bisa dikatakan cukup irit untuk motor bermesin 150cc. Kelebihan motor ini sudah memakai Dual Overhead Camshalft (DOHC) dimana kompetior masih pakai Single Cam.

Handling
Handling CBR150R 2016 diperbaiki oleh Honda, mereka menyebutnya dengan Total Control dimana memang rasa mengendarai motor ini akan lebih pede dan nyaman dibandingkan dengan versi sebelumnya. Honda membuat titik pusat berada di tengah dengan perbandingan 50:50 yang tentunya motor ini akan memiliki akselerasi yang lebih baik saat digunakan.

Lebih Futuristik
Honda sepertinya berusaha untuk memberikan pembeda guna membuat motor ini benar-benar memiliki keunggulan, beberapa fitur disematkan seperti menempatkan bahan Alumunium di sasisnya agar bisa mengurangi getaran atau Radiator (pendingin cairan) yang dibuat Fan khusus yang secara otomatis akan menyala bila mencapai suhu tertentu. Ini menjadi kelebihan CBR150R karena kompetitor belum ada fitur seperti ini.

Kekuranan All New CBR150R 2016

Kalau kita bicara kelebihan, pastinya kita juga akan menjumpai kekurangan. adapun beberapa kekurangan CBR150R 2016 ini adalah

Tidak ada Engine cut Off
Sayang sekali All New CBR150R tidak memiliki fitur mematikan mesin tanpa mematikan sistem elektronik, Engine Cut off atau beberapa orang menyebutnya dengan Kill Engine, motor sport kelas 150 cc hampir sudah semua mengaplikasikan fitur ini hanya saja sepertinya untuk All New CBR150R tergantikan dengan fitur mati otomatis jika dalam kemiringan tertentu.

Winshield terlalu rendah
Visor atau Windshield milik All New CBR150R 2016 ini lebih rendah daripada versi 2015 lalu yang sangat tinggi, efeknya pengendara akan lebih terasa kena hembusan angin. Sepertinya Honda menghilangkan fungsi dari windshield ini dan menggantikan hanya sekedar gaya saja.

Design fairing dalam terkesan kurang rapi
Pada bagian fairing dalam sebelah panel speedo disana kita menemukan banyak ruang kosong yang “ngowoh” kalau orang jawa bilang. Look luar terlihat bagus tapi didalamnya Honda perlu merapikan designya kalau menurut kami.

Masih sedikit berat
Meskipun Honda berusaha membuat motor ini seringan mungkin daripada versi sebelumnya, namun jika dibandingkan dengan kompetitor motor ini masih sedikit berat, untuk Yamaha R15 memiliki berat isi 135 kg sementara All New CBR150R ini memiliki berat 135 kg namun berat kosong. Selisihnya memang tidak terlalu banyak, namun rasio power ke beratnya akan sedikit berkurang.

Nah, jadi mungkin itu saja Kelebihan dan Kekurangan All New CBR150R ini versi kami. Mungkin untuk versi Otivers semua bisa berbeda-beda, selamat menjelajahi artikel menarik lainya.

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu