Beranda Masyarakat Otomotif Jenis Helm Sepeda Motor, banyak macam lho!

Jenis Helm Sepeda Motor, banyak macam lho!

0
BERBAGI

Helm merupakan alat untuk melindungi kepala dari benturan, helm diwajibkan bagi siapapun yang mengendarai sepeda motor, aturan ini sudah diatur dalam Undang-undang Lalu-lintas Repubik Indonesia. Nah, Kali ini BlogOtive akan memberikan info tentang Jenis, Macam atau Model Helm Sepeda motor, setelah kamu tau pasti kamu akan merasa ternyata ada banyak macam.

Jenis Helm ini bisa menunjang kebutuhan kamu dan menjadi cerminan sebagai tingkat proteksi atau keamanan-nya, jadi beberapa yang ditampilkan disini sudah di shortir berdasarkan tingkat safety-nya sob, Check it Out!

1. Helm Shorty

Jenis Helm Shorty
Jenis Helm Shorty

Helm Cetok atau Shorty merupakan helm yang hanya memiliki pelindung diatas kepala saja, sepintas mirip dengan hel proyek.
Tingkat keamanan helm ini sangatlah kecil karena biasanya juga tidak terdapat kaca pelindung di bagian depan, jenis helm ini trend untuk pengendara motor-motor tedahulu, sekarang sudah banyak di tinggalkan bahkan tidak masuk Standar Nasional.

2. Helm Open Face

Jenis Helm Open Face
Jenis Helm Open Face

Helm Open Face sesuai namanya adalah helm yang memperlihatkan bentuk muka, sama seperti jenis helm Halft Face hanya saja tidak memiliki proteksi seperti katup topi di atasnya.
Helm seperti ini biasanya bermodel Retro, cocok untuk bergaya di jalan raya namun kelemahan helm ini kamu beresiko silau jika digunakan di siang hari karena tanpa penutup topi itu tadi.

3. Helm Halft Face

Jenis Helm Halft Face
Jenis Helm Halft Face

Bentuknya sih sama seperti Helm Open Face, hanya saja dalam helm ini dilengkapi dengan katup topi diatas, bentuknya juga lonjong dan tidak memperlihatkan muka.
Helm jenis ini paling banyak digunakan oleh Masyarakat Indonesia, selain lumayan aman, helm Halft Face juga terjangkau.

4. Helm 3/4

Jenis Helm 3/4
Jenis Helm 3/4

Helm tiga per empat atau bisa disebut juga Modular Helmet tidak jauh beda dengan helm Halft Face, hanya saja biasanya terdapat komponen lebih dibagian leher, tingkat keamanan diatas satu tingkat dibandingkan dengan helm Halft Face.

5. Helm Full Face

Jenis Helm Full Face
Jenis Helm Full Face

Helm Full Face adalah helm yang melindungi kepala dari semua sisi, ini adalah jenis helm paling aman.
Karena melindungi dagu atau bagian depan wajah/kepala, Menggunakan Helm Full Face sangat disarankan untuk Otivers semua karena jelas lebih safety daripada empat helm sebelumnya.

6. Helm Flip-up

Jenis Helm Flip Up
Jenis Helm Flip Up

Sama dengan helm Full Face dalam tingkat keamanan dan sebagainya, hanya saja helm Flip-up ini memberikan jenis helm yang lebih opsional.
Opsional karena helm ini bisa dijadikan sebagai helm Halft Face dengan sisi dagu dinaikkan menjadi fungsi topi atas atau dikembalikan standar menjadi helm Full Face yang sifatnya Flip-up.

Nah, jadi itu tadi Jenis Helm Sepeda Motor. Jangan lupa untuk memilih helm yang berlisensi minimal Standar Nasional Indonesia (SNI). BlogOtive 

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini