Jatuh Bego di jalan raya
Jatuh Bego di jalan raya (ilustrasi)

Istilah Jatuh Bego menurut para Blogger Otomotif Motor

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Halo masdab dimanapun anda berada, tahu kan istilah para biker yaitu “Jatuh Bego” . Istilah ini sering terlontar ketika seorang biker mengalami crash kecil yang diakibatkan oleh sesuatu hal yang sepele. Nah, saya penasaran nih Apa Arti dari istilah Jatuh Bego ini menurut beberapa orang. Apa dong artinya?

Jawaban setiap orang pasti beragam namun intinya menjurus inti sari yang sama yakni Jatuh Konyol.. loh istilah lagi.. daripada mungkin bingung muter-muter yuk kita kupas saja artinya apa.

Sebelumnya, ini ada artikel dari Bang Rizky Monkeymotoblog yang membahas apa itu Jatuh Bego sebelumnya, menurut beliau Jatuh Bego adalah Jatuh yang Gak Pinter.. hehe, monggo simak artikelnya di Kenapa Disebut “Jatuh Bego”? Siapakah Penemunya?.

Jatuh Bego balapan
Jatuh Bego pas balapan

Nah kalau disini BlogOtive menanyai beberapa teman Blogger kondang tentang Istilah Jatuh Bego itu sendiri, mereka tak chat dan tak suruh mendeskripsikan apa itu makna dari Jatuh Bego menurut mereka.

“Jatuh Bego menurutku jatuh naik motor secara tiba-tiba dengan kecepatan rendah. Misal mau puter balik tiba-tiba jatuh karena beban enggak seimbang,”

Itu pengertian Jatuh Bego secara istilah menurut kang Bukhori Muslim (pertamax7.com), Blogger Pekalongan yang kondang dengan julukan Blogger Page One, ya karena aerikel-artikelnya biasa nangkring di halaman pertama Google.. wkwk

Nah, jadi intinya menurut kang Muslim, Jatuh Bego itu terjadi di kecepatan rendah dan tiba-tiba enggak seimbang. “Bisa jadi begitu, gak konsen mikirin sesuatu,” tambahnya.

Setelah mendapat jawaban kang Muslim, berikutnya saya bertanya pada Kang Rajendra (macantua.com) tentang makna Jatuh Bego menurut penjelasan beliau secara istilah, dan inilah jawaban beliau

“Ya jatoh dalam posisi yangg bego, bukan orgnya yg bego ya Tapi cara jatohnya yang bego,”

“Misal gini, bawa Mio lawas tanpa parking brake berenti di tanjakan
Mundur tuh tapi berhubung gak sempet kepegang rem jadinya orang yg di atas motor ikut jatoh,”

Menurut Blogger asal Bandung ini, Jatuh Bego adalah proses jatuhnya saja yang bego dan bukan orangnya. Jatuh Bego diakibatkan karena kesalahan-kesalahan kecil, contohnya lupa pegang rem dsb.

Jadi intinya sama saja nih masdab, menurut BlogOtivepun juga demikian.. Jatuh Bego itu karena proses jatuh yang tidak wajar dialalami seorang yang bisa dikatakan sudah mahir naik motor jadi ra wangun lah kekgitu terjadi sama biker pro… ya minimal mahir pakai motor lah.

Kesimpulan, Makna Jatuh Bego adalah

  • Jatuh di kecepatan rendah
  • Biasanya disambil mikir sesuatu jadi kurang konsentrasi
  • Jatuh Bego bukan Si Jatuh itu Bego, bukan juga pengendaranya yang bego, tapi proses jatuhnya yang bego

Ya mungkin seperti itu pengertian singkat mengenai Jatuh Bego.. kalau ada yang nanya penemu Jatuh Bego itu siapa, ada satu jawaban unik dari mas Kusnanto Kasaran melalui sebuah kolom komentar yang membahas topik ini..

Menurut kusnantokarasan.com, Blogger Bantul ini berpendapat kalau penemu istilah Jatuh Bego adalah Orang Pinter atau orang yang enggak bego.. hehe. Sekian artikel mengenai Jatuh Bego menurut Blogger Otomotif ini, semoga berguna atau minimal terhibur… (Hendri)

Gambar Gravatar
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!