Beranda Honda Indonesia jadi pasar terbesar Honda di seluruh dunia

Indonesia jadi pasar terbesar Honda di seluruh dunia

0
BERBAGI

Perusahaan Multinasional, Honda Motor Company Ltd (HMC) yang merupakan manufacturer Sepeda Motor merk Honda telah merasakan bagaimana dasyatnya Indonesia melalui PT Astra Honda Motor (AHM), Agen Tugal Pemegang Merk (ATPM) Honda di tanah air yang saat ini jadi pasar terbesar Honda di seluruh dunia.

Indonesia sendiri memang merupakan salah satu negara penggila Otomotif terutama Sepeda Motor yang masuk dalam rating 5 besar menurut polulasi atau jumlah penggunanya. Indonesia menempati posisi ke-3 konsumen motor terbanyak setelah China dan India jika dihitung untuk semua Brand. Namun, untuk Brand Honda sendiri pasar Indonesia posisi pertama.

Produksi Sepeda Motor Honda
Produksi Sepeda Motor Honda di Indonesia

Diungkapkan Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman dilansir Kompas Otomotif, pasar Indonesia menjadi yang nomor satu.

“Untuk total market sepeda motor seluruh merek, kita (Indonesia) ada di urutan ketiga setelah India dan China. Meski begitu, khusus untuk Honda, Indonesia merupakan pasar terbesar kami di dunia, mengalahkan India dan China.” ujarnya.

Menurut data yang dihimpun Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) semester pertama tahun ini dan beberapa tahun lalu, BlogOtive mencatat bahwa Honda memimpin pasar Sepeda Motor dengan market share lebih dari 55% per-tahun-nya dan bahkan mencapai 71% per-bulan-nya. Setidaknya ada 5 brand sepeda motor yang masuk dalam statistik AISI.

Loman menanmbahkan bahwa status pasar terbesar Honda di Seluruh Dunia pernah di pegang oleh Honda India, namun pada akhirnya pasar Honda di sana melemah.

“Karena saat ini di India, penjuanya juga sudah kecil, dibanding ketika merek masih bergabung dengan Her Honda (Hero Group). Sehingga saat ini Indonesia menjadi nomor satu, baru kemudian negara lain,” jelas Johannes Loman.

Ditulis Kompas, Honda Motor Company (HMC) Jepang bekerja sama dengan Astra International dengan kepemilikan saham sama rata (50 persen berbanding 50 persen). Sementara ATPM Honda di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) sendiri sudah berdiri sejak tahun 1971 dan sudah memiliki 4 pabrik produksi yang disebar di beberapa wilayah, penggunaan pabrik disesuaikan dengan jenis motor yang diproduksi seperti Skutik, Moped atau Sport. AHM hanya saja tidak atau belum memproduksi Bigbike.

Selain pasar domestik, AHM juga memproduksi motor untuk di eskspor meskipun dengan jumlah yang belum begitu besa. Indonesia menjadi pasar terbesar Honda di seluruh dunia masdab. bagaimana pendapatmu?

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini