Seperti kita tahu, Oli merupakan cairan yang sangat dibutuhkan oleh kendaraan kita terutama motor. Oli berfungsi untuk melumasi mesin supaya memperkecil gaya gesek antar komponen mesin yang bisa berputar ribuan bahkan tak terhingga saat kita pakai, mengurangi aus adalah salah satu funsgi oli.

Tentu Oli pada Motor memerlukan penggantian, setiap beberapa kilometer oli harus diganti hal ini disesuaikan oleh tingkat kinerja mesin, setiap sering dipakai di kondisi jalan yang memaksa mesin bekerja ekstra, disitulah oli perlu lebih sering diganti. Tetapi ada metode pergantian oli yang bisa kita pakai untuk mengingatkan kapan kita harus mengganti oli yakni berdasarkan Trip atau jarak tempuh tertentu, seperti setiap 2000 km atau setiap 4000 km.

Indikator pergantian Oli Suzuki GSX-R150
Indikator pergantian Oli Suzuki GSX-R150

Tentu di sepeda motor sekarang, Trip ini mulai ada di indikator speedo.. Indikator Pergantian oli yang bisa menyala di speedo jika melewati jarak tertentu atau setiap interval tertentu, setiap speedo atau merek kendaraan biasanya ada settingan default berbeda-beda.

Indikator Trip Oli ini sudah mulai diterapkan oleh beberapa motor, diantaranya yang BlogOtive tahu adalah Yamaha R25, NMax 155, Suzuki GSX-S150 dan Suzuki GSX-S150. Untuk motor sekarang umumnya sudah menggunakan trip indikator oli.

Tripmeter pergantian Oli
Tripmeter pergantian Oli, buku manual NMax

Nah, jadi banyak biker yang mengira bahwa Indikator pergantian Oli pada speedo ini memiliki sensor khusus untuk mengukur tingkat kualitas kapan oli bisa diganti, disini BlogOtive menginformasikan bahwa indikator Oli ini adalah berdasarkan Trip atau jarak tertentu jadi bukan sensor seperti BBM (Bahan Bakar Minyak) yang memang bisa diketahui berdasarkan Volume, untuk Oli ini hanya berdasarakan Trip (jarak tempuh tertentu) jadi bukan karena terdapapat sensor.

Biasanya di beberapa motor, Indikator pergantian Oli ini juga bisa disesuaikan (disetting) pengguna, kita bisa berpatokan berdasarkan kebutuhan atau rekomendasi dari pabrikan. Jadi itu dia Fungsi Indikator Oli masdab, jadi infikatornya berdasarkan Tripmeter ya bukan sensor. Semoga bermanfaat!

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu