Honda pakai 3 Winglets, Uji coba di Jerez

Diposting pada

Honda Repsol Team sekarang sedang melakukan uji coba di sirkuit Jerez mengenai pemakaian penambahan menjadi 3 pasang Winglets (total 6) setelah sebelumnya hanya memakai satu unit winglets saja.

Honda adalah tim ketiga yang menyusul perkembangan Winglets dalam musim ini setelah Ducati dan Yamaha, salah satu fungsi Sayap Aerodinamis ini yakni untuk menjaga motor dari Wheelie.

Winglets Honda

Marc Marquez mengungkapkan bahwa Honda sedang mencoba melakukan perkembangan dan menaikkan performa dengan menggunakan winglet ini.

“Hari ini kami mencoba banyak, banyak, banyak hal, kita melewati banyak putaran dari hari ini sampai setengah hari nanti,” ujar Marquez dikutip Motorsport.

“Kami mencoba sayap yang berbeda, dan kelihatanya ini bekerja dengan jalan yang berbeda, tetapi mereka [3 pasang winglets] memiliki potensi. Ini kelihatanya kami memulai dan kami tidak pernah berhenti, untuk masa depan kita harus melakukan sesuatu,”

“Dalam peraturan kami dapat melakukan ini, lalu kita bekerja dengan Aerodinamik untuk mencoba untuk memperbaikinya [improve].”

Klaim bahwa Winglets membahayakan dari pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa saat crash bersama Dovizioso kemarin memang menjadi kejanggalan dari penggunaan Winglets ini.

Namun sepertinya, Winglets juga sangat berguna untuk MotoGP, beberapa buktinya bahwa Ducati selalu ngotot soal wacana penghapusan Winglets, sementara tim lain seperti Yamaha, Suzuki, Aprilia bahkan Honda-pun juga menggunakan-nya.

Gambar Gravatar
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!