Triple Crown seperti yang kita tahu adalah sebuah penghargaan kejuaraan yang didapat sebuah brand/manufacturer yang bisa meraih 3 kejuaraan sekaligus yakni Rider World Champions, Team World Champions dan Construktor World Champions. Tahun ini, MotoGP 2016 adalah tahun dimana pembalap Repsol Honda, Marc Marquez menjadi juara namun disayangkan Honda gagal raih gelar Triple Crown tahun ini.

Marc Marquez juara
Marc Marquez juara

Tren Triple Crown biasanya mengikuti pembalapnya (Rider World Champions), biasanya nih masdab.. setiap pembalap cemerlang, mesti team-mate si pembalap juga sama dan hasilnya gelar triple kejuaraan ini selalu berpihak.. seperti tahun 2013 dan 2014 lalu saat Marquez juara.. Honda selalu raih Triple Crown, Yamahapun juga sama.. saat Lorenzo juara pada MotoGP 2015 kemarin Yamaha raih 3 kejuaraan sekaligus.

Tetapi saking kompetitifnya musim MotoGP 2016 kali ini, pembalap dengan kemenangan berbeda saja sampai dirasakan 9 rider.. dan begitu juga dengan predikat Triple Crown, saat ini Honda memang berhasil meraih Rider World Champions oleh Marquez dan Construktor World Champions, Honda sendiri namun Team World Champions bukan diraih Repsol Honda melainkan rivalnya, Movistar Yamaha MotoGP.

Sebenarnya saat memasuki 3 race terakhir.. Tim Repsol Honda memimpin klasemen Team World Champions, dan lumayan terpaut jauh poinya dengan Movistar Yamaha.. namun waktu itu Dani Pedrosa tidak bisa membalap lantaran terjatuh dan mengalami patah tulang selangka, di race Australia digantikan Nicky Hayden itu saja finish diurutan terakhir plus saat itu Marc Marquez crash dan DNF.. jadi poin 0 untuk tim Repsol, meskipun poin untuk Construktor bisa di raih sempurna 25 poin lantaran Crutchlow juara, tapi dari sini klasemen Tim mulai tersalip.

Lanjut ke Grand Prix Malaysia.. Nicky Hayden tidak lagi menggantikan Dani, melainkan Hiroshi Aoyama namun tidak beda dengan Hayden.. pembalap asal Jepang ini tidak bisa mempersembahkan poin untuk Dani maupun Tim karena hanya finish diposisi 16, ditambah lagi Marquez saat itu crash namun tidak DNF, tetapi hasilnya hanya berhasil finish posisi 11 dengan tambahan poin 5 untuk tim.

Di race terakhir di Valencia, Honda full skuad, Dani kembali membalap tapi sayangnya harus DNF, poin untuk tim kembali kurang sempurna meskipun Marc beri kontribusi 20 poin karena finish diurutan kedua.. tetapi rivalnya tim Movistar Yamaha, berhasil raih 38 poin karena Lorenzo juara dan Rossi finish urutan ke-4.

Yamaha Movistar Juara Tim MotoGP 2016
Yamaha Movistar Juara Tim MotoGP 2016

Hasil akhir ini membuat tim Movistar Yamaha keluar sebagai Team World Championship, mematahkan Triple Crown Honda di musim MotoGP 2016.

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu