Beranda Honda Pakai mesin CB150R, Honda CB150SS Racer Punya Komponen Luar Standar

Pakai mesin CB150R, Honda CB150SS Racer Punya Komponen Luar Standar

0
BERBAGI
Honda CB150SS Racer ketika di pamerkan
Honda CB150SS Racer ketika di pamerkan

Hallo masdab, sudahkah kamu mendengar kabar sosok motor baru Honda di negara tetangga yakni di Thailand sana, bawasanya mereka punya moror 150 cc dengan gaya Cafe Racer Modern.. segala sesuatunya tetap dalam konsep Cafe Racer namun dipadukan dengan komponen kekinian yang kalau saya bilang Nggilani .. (Menakutkan).

Namanya adalah Honda CB150SS Racer.. Ya masdab, CB “City Bike” tentunya motor ini adalah Naked seperti halnya Honda CB150R Streetfire di Indonesia, hanya saja ketambahan SS dan kata “Racer”.. entah apa artinya SS, mungkin “Super Sport” maybe..

Mesin Honda CB150SS pakai basis CB150R
Mesin Honda CB150SS pakai basis CB150R

Kalau dilihat dari blok mesin (crank-case), motor ini memang merupakan basic dari CB150R dengan mesin DOHC, 6-speed dengan konfigurasi ukuran piston hampir persegi-nya.. tapi meski menggunakan basis mesin CB150R namun rangka dan hampir keseluruhan body motor ini sangatlah tidak sama..

Sampeyan bisa melihat pada bagian Headlamp.. designya membulat khas motor klasik atau juga Cafe Racer.. tapi disitu peneranganya bukan pakai bohlam melainkan sudah full-LED.

Konsep Honda CB150SS Racer
Konsep Honda CB150SS Racer

Nah kalau di pameran otomotif lalu AP Honda Thailand masih menyajikan sebuah motor dengan status konsep.. kini mereka sudah punya unit yang siap diproduksi massal dan terbaru mereka sudah tebar teaser masdab.. dari beberapa capture mari kita simak apa saja komponen nggilani yang ada di Honda CB150SS Racer ini.

Komponen Honda CB150SS yang diluar Standar motor 150 cc

Speedometer Digital Indikator Lengkap

Speedometer Digital Honda CB150SS Racer
Speedometer Digital Honda CB150SS Racer lebih lengkap

Pertama bagian yang akan kita sorot adalah pada Speedometernya, nampak sebuah Speedo LCD Digital dengan backligh warna ungu dengan panel indikator yang lebih lengkap dari CB150R, disana ada Average Fuel Consumction Meter dan Gear Indicator.. terus penempatan panelnya juga berbeda, Indikator bensin (fuel meter) ada di sebelah pojok kiri dan jam diatasnya, terus bedanya lagi dengan CB150R adalah pada bagian Indikator RPM mesin.. limiternya ada di 10.500 rpm masdab.. wah bisa jadi ECUnya beda nih karena kalau CB150R limiternya ada di 10.000 rpm.. IMO

Swing-Arm Banana kek CBR25RR bro

Swing Arm Banana Honda CB150SS Racer
Swing Arm Banana Honda CB150SS Racer

Dari speedo kita langsung ke belakang wae masdab dibagian Swing-Arm, kita bisa lihat Swing-Armnya model bengkok melengkung dan sepertinya Asimeteris seprti punyanya CBR250RR.. asimetris artinya kanan kiri porsinya beda (untuk keseimbangan).. IMO. Dan perhatikan knalpotnya yang underbelly. Rem belakang cakram bergelombang (wave).

Shockbreaker Up-Side Down berdiameter besar

Shock Up-Side Down (USD) Honda CB150SS Racer
Shock Up-Side Down (USD) Honda CB150SS Racer

Hmm.. warna Gold, sungguh menggoda. Ya, itulah dia shockbreaker depan Honda CB150SS Racer masdab.. suspensi model terbalik yang terkenal memberikan efek sporty dan diameternye gede banget ya.. katanya ini lebih besar dari punyanya CBR250RR wah wah.. terus kalipernya pakai Nissin, sudah jelas beda tuh ya kalipernya sama punya CB150R (sama mereknya aja).

Rem depan juga Cakram bergelombang, sudah ABS

Kaliper Rem depan Honda CB150SS Racer
Kaliper Rem depan Honda CB150SS Racer

Kita perjelas pandangan pada bagian kalipernya.. dual piston. Nah terus kalau rem belakangnya model bergelombang, di depan dick-brake nya juga bergelombang masdab.. dan dikelilingi grid sensor, jadi motor ini sepertinya sudah dibekali rem ABS (Anti-Lock Braking System) yang sudah menjadi piranti standar keselamatan di beberapa negara Eropa.

Tail Lamp dan Lampu sein LED

Tail Lamp Honda CB150SS Racer
Tail Lamp Honda CB150SS Racer

Lampu rem/belakang designya mirip-mirip Yamaha Xabre ya? hmm.. nah katanya beda nih pada tail lampnya, bedanya kalau tuas rem belakang dibejek (hard braking) jadinya berkedip jadi bisa buat isyarat untuk pengendara dibelakangnya untuk ngerem keras juga, kalau remnya biasa ya cuma menyala terang biasa. Nah terus ini nih yang sama, Lampu seinya baru sama punya CB150R.

Nah itu tadi masdab sederetan komponen nggilani yang dimiliki oleh Honda CB150SS Racer, konklusinya motor ini punya part yang luar biasa meski hanya bermesin 150 cc.. sepertinya memang didaulat sebagai Cafe Racer Modern dengan mesin mini. Kita tunggu rilis resminya dan ikuti perkembangan selanjutnya apakah juga AHM juga akan membuatnya di Indonesia. Salam gaspol! BlogOtivecom

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini