Pada akhirnya Honda akui siapkan Maxi Scooter masdab, jika kemarin perusahaan berlogo sayap mengepak masih bersikukuh untuk mempertahankan PCX 150 CBU Thailand sebagai Skutik Maxinya, kali ini sepertinya PT Astra Honda Motor (AHM) setidaknya merespons pasar maxi scooter yang saat ini dikuasai Yamaha NMax, meskipun pada akhirnya internal dan para petinggi AHM enggak mau dibilang dikatakan berdekatan dengan NMax. PCX Lokal atau Forza 150?

Muncul beberapa romor senter bahwa Forza 125 bakalan menjadi inspirasi munculnya maxi scooter Honda, bisa jadi Forza akan dibendamkan mesin 150 cc, namun kalau di pasar Indonesia lagi-lagi Forza itu pasaranya juga tinggi, opsi kedua yang bisa dilakukan adalah melokalkan PCX yang saat ini masih import CBU Thailand, seperti kasusnya CBR150R dan CBR250R dimana Honda Indonesia (PT AHM) seakan wait and see dulu dengan pemasaran produk import.

Honda Forza
Honda Forza 125

Tetapi yang pasti Honda memang mengakui sedang mengembangkan sang maxi scooter, seperti yang di ungkapkan oleh orang internal perusahaan sendiri, David Budiono sebagai Production, Engineering & Procedurement Director AHM dikutip Otomania.

“Bentuk dan desinnya seperti apa saya masih belum tahu, karena masih kita kembangkan. Tetapi, rencana memang akan dita produksi tahun depan, waktu tepatnya kapan belum bisa kita informasikan,” jelasnya.

Selanjutnya yang masih menjadi pertanyaan adalah soal harga, sebagaimana yang diinginkan oleh para biker bahwa mereka menginginkan Maxi Scooter yang lebih kompetitif masalah harga, seperti Yamaha NMax yang hanya di lego Rp 24 jutaan. Enggak seperti Honda PCX 150 yang dijual Rp 39 jutaan, dirasa kurang memiliki value. Jikapun Maxi scooter Honda ini akan masih melambung bebas, masih sulit rasanya untuk bertarung dengan kompetitor.

Direktur Pemasaran AHM, Koji Sugita beberapa waktu lalu juga mengatakan bahwa tugas AHM saat ini yakni bagaimana cara membuat maxi scooternya lebih terjangkau, yakni salah satunya dengan melokalkan Honda PCX yang saat ini statusnya masih import, namun katanya itupun tidak seberapa mengurangi soal harga meskipun memang masih lebih murah.

Honda PCX
Honda PCX 2016

Lalu apa yang akan dilakukan AHM mengingat kata David Budiono diatas? hmm Apakah mungkin benar rumor saat ini mereka menyiapkan maxi scooter baru seperti yang senter saat ini yakni Forza 150 atau memilih untuk melokalkan Honda PCX? mungkin kita bakalan mengetahui jawabanya dalam waktu yang lain sob.. 2017 mungkin saat planing Honda sudah matang, toh saat ini mereka juga sedang memperhatikan ekonomi Indonesia di tahun ini masih lemah.

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu