Honda test RC213V dengan Mesin baru untuk 2016

Diposting pada

Honda melalui dua pembalap sekaligus test ridernya, Marc Marquez dan Dani Pedrosa akan test motornya untuk persiapan MotoGP 2016, Honda RC213V dengan mesin baru.

Seperti diketahui, musim 2015 menjadi musim buruk untuk Honda dimana dalam empat balapan awal harus menelan kegagalan beruntun. Marc Marquez sebagai joki andalan si sayap mengepak sering crash dengan RC213V yang menggunakan chasis 2015, begitu juga dengan Dani Pedrosa yang memiliki perform yang tidak begitu bagus. Musim lalu, Honda Racing Corporation (HRC) akhirnya memutuskan untuk kembali menggunakan chasis lama (2014), chasis yang pernah membawa The Baby Alens juara dunia.

Honda Test RC213V
Honda Test RC213V oleh Dani Pedrosa

Pada Juni lalu, Tim Honda Repsol sudah test Honda RC213V menggunakan chasis baru 2016 dan ban baru menggunakan ban Michelin, karena mulai musim depan pemasok ban Bridgestone sudah digantikan dengan Michelin, kemudian pada Test Ride Resmi ini, tidak hanya chasis dan ban saja namun Honda akan mulai test mesin baru.

Seperti yang dikatakan Direktur teknik HRC, Takeo Yokoyama bahwa RC213V ini nantinya adalah motor yang benar-benar baru dengan penyempurnaan-penyempurnaan dari feedback para pembalapnya di musim ini.

“Ini adalah benar bahwa kita telah diuji prototipe. Tapi dasar itu motor tahun ini yang kita konsentrasikan dengan ban Michelin. Menggunakan data yang dikumpulkan dan komentar dari driver kami telah kemudian kami buat modifikasi. Itu prosedur normal untuk proses pengembangan mesin. Kami siap untuk tes pertama di minggu depan,”

Official Test ride 1 akan dilakukan hari ini, Selasa 10 November 2015 pukul 16:00 WIB hingga jam sebelas malam nanti, kemudian test ride 2 dilakukan besok pada waktu dan durasi yang sama. Test ride resmi ini ditujukan untuk persiapan para Manufacturer untuk menghadapi gelaran MotoGP 2016 yang akan dimulai pada bulan Maret mendatang.

Kembali ke topik, Tim Repsol Honda telah belajar banyak dari pengalaman buruk tahun ini, selanjutnya mereka berusaha merevisi sebaik mungkin, tim HRC juga tak mau mengatakan bahwa mereka gagal tahun ini, hanya saja memang ada sebuah resiko kecil untuk sebuah keputusan baru.

“Pembalap kami memberi kami banyak komentar. Masalah terbesar adalah karakteristik dari motor. Saya tidak akan mengatakan bahwa kami telah membuat kesalahan, tapi kami pergi risiko kecil, ada sebuah tantangan. Tapi itu tidak bekerja dengan cara yang kami harapkan. Race demi race kami telah berbuat perubahan. Tentu saja pengembangan bukan mesin itu sendiri, tetapi beberapa komponen yang berhubungan dengannya. Jadi kami membuat kemajuan. Tapi itu pelajaran bagi kita. Untuk musim depan kami ingin membangun sebuah mesin yang lebih baik. ” tutupnya.

Akhir kata, itulah dia beberapa info persiapan MotoGP 2016 tentang Honda yang akan test motor andalanya, RC213V untuk mesin. Repsol Honda kemungkinan akan kembali kompetitif, seru!. Ikuti perkembangan selanjutnya, BlogOtive.

Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015, menulis lebih dari seribu kata setiap hari.. :)