Jorge Lorenzo di tes Qatar
Jorge Lorenzo di tes Qatar. Official Twitter Lorenzo

Hasil Tes Day 1 MotoGP Qatar: Lorenzo top 5, Marquez crash dua kali

Diposting pada

Hasil Tes Pramsim MotoGP 2017 di Sirkuit Losail Qatar kemarin merupakan pencapaian yang bagus untuk Ducati sebab dua pembalapnya berada di urutan teratas, Andrea Dovizioso bahkan menjadi yang tercepat di tes hari pertama, kemudian Lorenzo tembus top 5 setelah di kedua sesi tes sebelumnya di Sepang dan Phillip Island selalu berada di urutan buncit dan tak tak pernah sentuh top 5.

Dari dulu memang trek Qatar selalu baik untuk motor Ducati, Longest Straight yang sangat panjang terlihat mendukung untuk geber motor dengan karakter cepat seperti Desmocedici GP series. Lah.. dengan hasil ini Lorenzo seperinya merasa senang.. top 5 pertama sepanjang tes pramusim dab.

“Ini adalah hari pertama terbaik dari tes terbaru: awal yang bagus kami disini selalu menjadi pemimpin dan kita disini juga sempat tercepat [posisi 1] sebelum berakhir di urutan ke lima.” ujar Lorenzo dikutip situs resmi.

Lorenzo menambahkan kalau Dovizioso sangat cepat yang bisa menjadi acuan untuk laptime Lorenzo bisa ditingkatkan.. selisih 0,79 detik. Tapi sayangnya dia katakan jika dirinya masih belum temukan feeling terbaik diatas Desmo.

“Saya masih belum punya feeling bagus dengan motor ini, tapi setiap waktu saya pergi, saya merasa punya fell lebih dan mulai reda dengan keadaan ini dan sirkuit ini favorit untuk kami,”

Sementara di posisi kedua tercepat diraih Maverick Vinales, berbeda dengan pembalap lain yang masih tidak konsisten, Vinales selalu meraih posisi atas di setiap tes pramusim 2017 ini. Maverick berselisih 0,3 detik lebih lambat dari Dovizioso.

Tapi tidak demikian untuk team-mate Vinales, Valentino Rossi yang punya masalah di entry-corner dan ban yang dianggap Rossi terlalu lembut, Rossi akui masih belum 100% di tes Qatar hari kedua.

“Hari ini kami bekerja dengan feeling motor, terutama pada entry-corner. Kami tingkatkan, tetapi saya tidak begitu senang, kita tidak 100% karena aku tidak punya banyak feeling untuk tekan sepeda di tikungan, tetapi hari ini tidaklah buruk dan kita mencoba sesuatu yang lebih menarik,”

Valentino Rossi di Tes Day 1 Qatar MotoGP 2017
Valentino Rossi di Tes Day 1 Qatar MotoGP 2017. Official Twitter Rossi

Meski berkata tidak 100% tapi The Doctor mampu raih urutan top 10 diposisi 8 dengan gap 0,86 dengan Dovi.

Perasaan yang buruk juga dirasakan oleh Juara bertahan MotoGP, Marc Marquez yang harus terjatuh sebanyak dua kali selama tes hari pertama. Tim Honda Repsol juga mencoba RC-213V dengan fairing aerodinamis baru.

Marc Marquez di Tes Pramusim
Official Twitter Repsol Honda Team

“Aku tidak bisa berkata kalau ini hari terbaik kita, tapi ini hanyalah pertama kami bekerja di test pramusim dengan perasaan berbeda, terdapat fairing baru yang ingin kita lebih evaluasi. Beberapa hal bekerja baik tapi beberapa diantaranya kita masih perlu untuk sesuaikan.”
“Aku jatuh dua kali, pertama kesalahanku karena mengerem terlambat dan kedua tipikal crash untuk trek ini, hampir di akhir sesi temperatur turun dan kondisinya tidak baik,”

Kendati terjatuh, Marquez mendapati posisi ke-12 dengan gap 1,08 detik lebih lambat dari Dovizioso.

Tes kedua masih akan berlangsung hari ini, malam nanti waktu Indonesia.. nantikan update selanjutnya dari BlogOtive!

Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015, menulis lebih dari seribu kata setiap hari.. :)