Harga Yamaha MT-15 dijual lebih mahal dari R15?

Diposting pada

Calon Nakedbike baru Yamaha MT-15 dijual lebih mahal daripada versi Full Fairing YZF-R15?. Berawal dari rilis Yamaha M-Slaz di Thailand yang disinyalir kuat akan memiliki design dan mesin yang sama dengan di Indonesia karena dibuktikan dengan spyshoot yang beredar benar-benar sama. Lantas apakah untuk harga akan sama atau sejalan? ini yang akan kita bahas kali ini sob.. jadi mari siapkan analisamu Otivers.

Berdasarkan perbedaan harga di negeri tetangga, harga MT15 ternyata memanglah lebih mahal daripada YZF-R15.. Yamaha MT-Slaz di Thailand dijual dengan harga 89,500 baht atau jika di konversi ke Rupiah adalah Rp 34,27 juta mengikuti kurs hari ini, Selasa (02/12/2015) sementara untuk R15 dijual dengan 85,000 baht atau setara dengan Rp 32,55 juta, dikalkulasi, selisih harga M-Slaz dan R15 versi Thailand adalah Rp 1,8 jutaan.

Jika itu yang menjadi alat ukur maka MT-15 nanti jelas akan lebih mahal daripada R15, jika sekarang saja R15 di Indonesia di jual Rp 29,8 juta atau dibulatkan Rp 30 juta, maka bisa ditebak harga MT-15 di Indonesia akan menjadi Rp 32 jutaan.

Biasanya nakedbike memang dijual lebih murah daripada versi Full Fairing, kita bisa melihat motor-motor Yamaha seperti R25 dan MT-25 (Nakedbike) yang selisih 5 jutaan MT-25 lebih murah tapi dengan specs turunan dan sama, tapi untuk R15 dan M-Slaz ini specs berbeda sob.. yang paling gamblang terlihat adalah Headlamp LED, suspensi depan Up-Side Down, Speedometer Natif LCD Full Digital dan bahkan Starter sudah mengadopsi Switch Engine Stop ala MT-07 dan 09, M-Slaz menambahkan spesifikasi kekinian, jadi bisa dikatakan wajar, ditambah lagi body M-Slaz juga bukan hanya telanjang bulat melainkan juga ada semacam undercowl dibawahnya. (Baca: Spesifikasi Yamaha M-Slaz, MT15 versi Thailand).

Yamaha MT-15 dijual lebih mahal dari R15
MT-15 di Indonesia
Yamaha M-Slaz, MT15 versi Thailand
M-Slaz

Eits, tapi itu untuk versi Thailand, tapi bukankah masih mungkin PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku pemegang hak merk Yamaha di Indonesia melakukan penyunatan atau rombak harga? kayaknya untuk hal penyunatan fitur tidak bisa deh.. pasalnya produk biasanya sudah ada ketentuan dari Yamaha pusat. jadi kemungkinan hal itu sangat kecil terjadi.

Asisten General Manager Marketing YIMM, Muhammad Masykur yang awalnya masih belum tau estimasi harga MT-15, saat diwawancarai Otosia beberapa waktu lalu kini ia sudah mengantongi harga, namun beliau hanya memberikan ancer-ancer bahwa MT-15 akan menjadi Nakedbike termahal di kelas 150cc, dia juga menambahkan harga tidak akan jauh beda dari R15.

“Nantinya MT-15 akan menjadi line-up tertinggi untuk segmen sepeda motor naked sport 150 cc,”

“Untuk harga, nantinya beda sedikit dari R-15,”

Akhir kata, Indonesia-Thailand memang berbeda, namun itu tadi beberapa analisa Yamaha MT-15 akan lebih mahal daripada R15. Bisa disimpulkan alasanya karena fitur lebih dan belajar dari harga Yamaha M-Slaz. Jikapun harga lebih murah dari R15, harganya tidak akan jauh beda seperti penuturan pak Masykur diatas (Baca: Prediksi Spesifikasi dan Harga Yamaha MT-15). Ini hanya versi analisa, mari tunggu kebenaranya di tanggal rilis yang katanya dijadwalkan awal smester pertama 2016. BlogOtive

Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015, menulis lebih dari seribu kata setiap hari.. :)