Beranda Pameran Otomotif GIIAS 2017, Kenapa Yamaha tidak ikut lagi?

GIIAS 2017, Kenapa Yamaha tidak ikut lagi?

0
BERBAGI
Both Yamaha di PRJ 2015
Gambar: Both Yamaha di PRJ 2015. Biasanya di PRJ selalu ikut tapi di GIIAS enggak lagi

Masdab.. Tahun 2015 silam adalah partisipasi terakhir (last but maybe not least) Yamaha di event pameran otomotif Gakindo Indonesia International Motor Show (GIIAS), karena di tahun 2016 lalu perusahaan berlogo garpu ini sudah mulai melewatkan salah satu pameran otomotif bergengsi yang biasanya bukan hanya diikuti oleh anggota GAKINDO tapi juga hampir seluruh pabrikan motor Jepang.

Seperti diketahui, GAKINDO adalah singkatan dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia yang merupakan sebuah organisasi para ATPM otomotif yang kebanyakan memang roda empat. Dalam GIIAS 2017 ini merupakan pameran yang ke-25.

Kalau BlogOtive intip situs resmi penyelenggara, tercatat ada 8 manufacturer sepeda motor yang mengikuti pameran ini, mereka adalah Honda, Ural, Harley Davidson, Kawasaki, Piaggio, Kymco dan Suzuki.

Walaupun Notabenenya Honda dan Kawasaki bukanlah anggota GAKINDO dua pabrikan Jepang ikut meramaikan pameran, hanya Yamaha yang absen. Ya, tentunya hal ini mengundang pertanyaan bagi saya. Kenapa demikian?

Tahun 2016 lalu melalui beberapa media, para petinggi Yamaha menjawab secara diplomatis.. pertama karena sudah pernah ikut di tahun sebelumnya (2015), kedua pengen ikut IMOS saja karena di GIIAS Yamaha bukan member Gakindo tapi di IMOS merupakan member dari AISI sang penyelenggara IMOS, itu kata pak Masykur, Asisten GM Marketing YIMM 2016.

Tentu dari jawaban-nya tidak ada yang ngomongin teknis maka BlogOtive-pun berandai-andai mengurai alasanya kenapa tidak ikut.. Ya, alasan pertama menurut BlogOtive memang betul Yamaha bukan member Gakindo, kedua di GIIAS kebanyakan yang datang adalah antusias mobil dan ketiga jelasnya mungkin tidak menguntungkan..IMHO, berbeda dengan event lain seperti di Jakarta Fair (PRJ) atau IMOS.

Yup, alasan BlogOtive ini rupanya selaras dengan seorang rekan Blogger masdab Muslim (bmspeed7com) yang membalas begini ketika saya blogwalking mengomentari perihal Yamaha yang tidak ikut GIIAS
“IMHO.. Kembali ke awal, Jualan! Ya mungkin di GIIAS kurang menggiurkan dari segi penjualan, kalau di PRJ Yamaha besar-besaran karena mereka dari tahun ke tahun selalu mencatatkan angka penjualan yang baik.”

Yo memang sama dengan perkiraanku dab.. jadi yang digarisbawahi adalah dari segi penjualan, mungkin berkaca dengan GIIAS 2015.

Last, berikut adalah peserta GIIAS 2017 beserta dengan Lokasi pameranya.

Manufacturer (Nomor Booth/Lokasi Pameran)

  1. Honda (PF22b/Pre Function)
  2. Ural Motorcycle (1A2/Hall 1)
  3. Harley Davidson (1C/Hall 1)
  4. Kawasaki (1G/Hall 1)
  5. Piaggio (1I/Hall 1)
  6. Kymco (1J/Hall 1)
  7. Suzuki (1M2/Hall 1)

Catat yang mau datang, 10-20 Agustus 2017 di ICE BSD City, Tangerang. Salam gas pol!

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini