20.6 C
Yogyakarta
Senin, Juli 26, 2021

Gesits, Motor Listrik buatan Indonesia

Gesits, Motor Listrik buatan Indonesia yang dirancang Garasindo bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya resmi diperkenalkan ke publik setelah di IIMS (Indonesia International Motorshow) 2015 kemarin motor dengan nama Garasindo Electric Scooter ITS ini ditampilkan hanya sebuah pro-to-type-nya saja.

Benar, motor ini adalah rakitan anak-anak ITS bersama Garasindo, seperti yang diungkapkan CEO Garansindo Group, M. Al Abdullah dikutip Otomotifnet, berikut pernyataan-nya;

“Garansindo mendorong kemampuan anak bangsa untuk mewujudkan Indonesia mempunyai kebangaan dengan memiliki kendaraan hasil karya Indonesia.”

“Disamping itu, juga melihat perlunya satu solusi untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh polusi kendaraan bermotor,”

Gesits
Gesits

Motor listrik ini menggunakan baterai dengan jenis Lithium Ion dan memiliki daya baterai 50V, 40 AH, pihak Gesits mengklaim motor ini memiliki kapasitas mesin 125 cc yang mampu melaju dengan kecepatan maksimal 110 km/jam.

Jika di isi baterai sampai penuh, Gesits diklaim mampu berlari sejauh 80 sd 100 Km dengan waktu pengisian sekitar 1,5 sd 3 jam.

Gesits kabarnya juga akan diproduksi massal dan dijual secara bebas di pasar Lokal, dikatakan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof. H. Mohammad Nasir, Ph.D, Gesits ditargetkan dapat diproduksi tahun depan.

“Jika sarana dan prasarananya sudah siap, targetnya di tahun 2017, GESITS sudah di bisa dijual ke pasaran. Nanti tinggal kami perjuangkan soal regulasi ke Menteri Perindustrian dan Menteri Keuangan soal pajak dan sebagainya,”

Gesits saat dinaiki
Gesits

Berapa sih harga Motor Listrik Gesits ini? yup, info yang didapat Otomotifnet menyebutkan kabarnya motor ini akan dijual dibawah Rp 20 jutaan.

“Kami yakin kalau motor listrik akan diterima pasar asal harganya masuk akal. Tidak terlalu mahal dan ketersediaan part juga mendukung,” ujar Harun Sjech, Project Director motor listrik Garansindo-ITS.

“Kami yakin kalau motor listrik akan diterima pasar asal harganya masuk akal, Tidak terlalu mahal dan ketersediaan part juga mendukung,”

Gesits memiliki fitur seperti motor matic pada umumnya, motor ini memiliki sasis jenis Tubular dengan suspensi belakang berada di tengah. Untuk pemantauan kecepatan, sebagai pengganti speedometer, semuanya bisa dipantau dengan menggunakan Smartphone Android. Beberapa data yang mampu direkam seperti Speed, RPM, Suhu dan Voltase.

“Gesits juga sudah memiliki fitur regenerative brake, saat deselerasi otomatis motor listik akan melakukan pengisian baterai. Tinggal diset pakai laptop regenerative berapa persen yang diinginkan,” ujar DR. M. Nur . Yuniarto, ketua tim riset Gesits.

Sebelum diproduksi secara massal dan dijual ke publik, Gesits akan di uji selama 5 sampai 10 ribu Kilometer pada segala kondisi cuaca.

Spesifikasi Gesits:

  • Sasis: Tubular
  • Dimensi: 1.910 x 695 x 1.110 mm
  • Berat isi: 120 Kg
  • Kecepatan Maksimal: 110 Km/jam
  • Kapasitas Angkut: 150 Kg
  • Transmisi: Otomatis
  • Konsumsi Energi: 50 Km/Kwh
  • Motor Listrik: 5 KW
  • Baterai: Lithium Ion (Li-Ion) 50V, 40 AH

Mantap, dukung karya anak bangsa.. Harapanya semoga Gesits, Motor Listrik buatan Indonesia ini memiliki kualitas yang benar-benar teruji. Semoga kedepan Masyarakat juga melirik motor Listrik yang lebih ramah lingkungan. (sumber referensi berita: otomotifnet.com)

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Ngecas HP di Motor Tidak Membuat Aki Soak, Ini Penjelasanya

BLOGOTIVE.COM – Fitur pengisian daya / power charger menjadi salah satu fitur yang ditawarkan oleh sepeda motor tipe skutik keluaran terbaru seperti Honda BeAT,...

Wajib Uji Emisi Kendaraan Bermotor Termasuk Roda Dua, Yamaha Beri Dukungan

BLOGOTIVE.COM - Dinas lingkungan hidup DKI Jakarta saat ini tengah menjalankan sosialisasi program wajib uji emisi untuk sepeda motor.  Dalam mendukung program tersebut,...

Astra Motor Yogyakarta Gelar Ujian SIM C Gratis dan Pelatihan Safety Riding

BLOGOTIVE.COM - Astra Motor Yogyakarta selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kedu, dan Banyumas bekerja sama dengan...

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

Pajak Innova Reborn 2016-2021 Bensin dan Diesel, Catat Sebelum Membeli!

BLOGOTIVE.COM - Siapa yang tidak tahu Toyota Kijang Innova, mobil MPV 7 seater yang sudah sejak lama menjadi favorit masyarakat Indonesia karena...

9 Pilihan Warna Honda BeAT 2021, Dibagi Dua Varian

BLOGOTIVE.COM - Untuk kamu yang pengen meminang Honda BeAT, tidak tanggung-tanggung ada 9 pilihan warna keren yang disediakan PT Astra Honda Motor...

Biaya Biro Jasa STNK Perpanjangan Tanpa KTP, Ini Tarifnya

BLOGOTIVE.COM - Perpajakan masih menjadi kendala bagi beberapa orang yang membeli kendaraan bekas atau second, jika hendak perpanjangan tahunan si pemilik STNK...

All New CB150R facelift 2021 Resmi Launching di Yogyakarta, Kedu dan Banyumas

BLOGOTIVE.COM - Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer sepeda motor Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas secara resmi telah memperkenalkan motor sport...

Starting Grid MotoGP Perancis 2021, Quartararo Pole Position

BLOGOTIVE.COM - Starting Grid MotoGP Perancis 2021 di Sirkuit Le Mans menempatkan pembalap pabrikan Yamaha, Quartararo start dari posisi pertama, Fabio meraih...