Beranda Masyarakat Otomotif Fungsi Stabilizer Rantai Sepeda Motor

Fungsi Stabilizer Rantai Sepeda Motor

0
BERBAGI
Stabilizer Rantai
Stabilizer Rantai Motor

Halo masdab, pernahkah kamu sering menjumpai masalah pada rantai seperti yang saya alami, dimana biasanya rantai sering kali kendor karena motor dipakai di medan yang sering tidak rata dan mengakibatkan vibrasi atau getaran berlebih, selain itu gaya pengendara yang sering dipakai stop and go semakin menambah masalah. Ada satu alat pendukung rantai motor yakni Stabilizer atau kerap disebut Tensioner, dan memang benar Fungsi Stabilizer Rantai bisa digunakan untuk mengatasi atau minimal meminimalisir masalah ini.

Stabilizer Rantai ini merupakan sebuah alat yang memiliki bantalan roda yang gunanya untuk menyangga rantai dan ikut berputar bersama putaran gear, Tensioner Rantai ini disangga besi yang disematkan pada bagian swing-arm atau lengan ayun motor. Lalu apa sajakah fungsinya, apa benar bisa mengatasi rantai kendor? berikut adalah fungsinya

Fungsi Stabilizer Rantai Sepeda Motor

Mengatasi Kendor (Setel Otomatis)

Fungsi yang pertama adalah untuk mengatasi kendor, biasanya para mekanik menyarankan untuk mengecek dan mengencangkan rantai kembali setiap 500 km, biasanya kalau saya baru mencapai 300 km rantai sudah kendor dengan sendirinya, nah salah satu fungsi stabilizer ini bisa untuk menutupi kekendoran rantai sementara. Roda akan membantu menyangga rantai yang bergerak dan mengurangi suara cekrek-cekrek akibat bergesekan dengan swing arm.

Untuk Menstabilkan Rantai

Sesuai namanya, Stabilizer tentu fungsinya adalah sebagai penyeimbang atau balancing.. pernahkah kamu menikung dengan rantai yang agak kendor lalu seperti menjumpai suara “grek” atau “kreek” akibat gear belakang bergesekan dengan rantai bagian tepi/sisi jadi bukan di tengah mata rantai? kalau saya pasti menjumpai ini kalau nikung tajam dan rantai kendor. Nah, dengan stabilizer akan membantu rantai tetap Stabil di tengah meskipun dipakai untuk menikung dab.. ini fungsi utamanya

Kurang lebih dua poin diatas adalah fungsi Stabilizer / Stabiliser atau Tensioner Rantai Sepeda Motor, dengan dua kegunaan diatas, dampaknya bisa menimbulkan efek yang terjadi yakni bisa membuat rantai awet dan gear tidak runcing atau terkikis karena gesekan saat menikung, selain itu kita juga dapat meminimalisir suara cekrek-cekrek akibat gesekan rantai.

Stabilizer atau Tensioner Rantai
Stabilizer atau Tensioner Rantai

Jadi itu dia Fungsi Stabilizer Rantai menurut BlogOtive, tapi sayangnya menurut saya pakai stabilizer ini jadi agak ribet dan mengurangi penampilan atau kegantengan motor.. IMHO, tapi kalau dilihat fungsinya sih oke-oke aja pakai Stabilizer. Kamu bagaimana dab, mau pakai? sudah banyak yang jual dengan berbagai merek yang bisa kamu coba.

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini