Gambar LayOut Sirkuit Mandalika
Gambar LayOut Sirkuit Mandalika

6 Fakta Persiapan MotoGP Indonesia 2021, Ini Gambaran Sirkuit Mandalika

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Setelah heboh dengan pembangunan sirkuit di beberapa daerah seperti Sentul Bogor dan Jakabaring Palembang, kini Indonesia digegerkan lagi dengan pembanguan sirkuit di Pulau Lombok, tepatnya di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTT).

Bogor sudah “melambaikan tangan” karena kesulitan mendapat investor untuk pembiayaan renovasi Sentul, sementara Palembang belum jelas progresnya hingga kini.

Harapan baru muncul melalui Sirkuit Mandalika yang katanya sedang dibangun untuk menyongsong MotoGP 2021, perencanaan dan masterplan bahkan sudah menyebar di beberapa media melalui pemberitaan.

Nah sebagai pecinta MotoGP tentu BlogOtive senang sekali mendengar hal ini, ya harapanya semoga benar terealisasi, bukan berhenti ditengah jalan. BlogOtive punya Data dan Fakta dari berbagai sumber mengenai rencana pembangunan Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2019. Yuk lanjutkan membaca..

Gambar Sirkuit Mandalika MotoGP 2021
Gambar Sirkuit Mandalika MotoGP 2021

Fakta Sirkuit Mandalika dan MotoGP 2021

  • 1) Rencana sudah ada sejak tahun 2017

Sebenarnya, rencana pembuatan Sirkuit Mandalika ini sudah digagas ITDC sejak awal 2017 lalu untuk persiapan MotoGP 2019.

Menurut situs resmi ITDC, saat itu mereka menggandeng Roadgrip Motorsports UK Ltd dan Mrk1 Consulting sebagai perancang dan pengembang Sirkuit Mandalika.

Namun rencana dua tahun lalu itupun belum memunculkan sebuah progres dan malah mundur ke tahun 2021.

  • 2) Kesepakatan dengan Dorna

Seperti dilansir Tribunnews, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengklaim bahwa pihaknya telah menandatangani kontrak dengan Dorna, penyelenggara MotoGP untuk menyelenggarakan MotoGP Indonesia 2021 mendatang.

Sebelumnya, pada November 2018 CEO Dorna memang sempat mengunjungi Lombok untuk melihat Mandalika. Mungkin saja ada perbincangan serius disana.

  • 3) Dibangun oleh Konstruktor asal Perancis

ITDC kali ini menggandeng Vinci Construction Grands Projects, perusahaan asal Perancis ini akan membangun lintasan balap sepanjang 4,3 Km.

Pembangunan akan dimulai pada Oktober 2019.

“Untuk tahap awal, kami hanya membangun jalan dasarnya saja. Selebihnya akan ditangani oleh Vinci pada tahun berikutnya,” jelas Direktur Utama ITDC, Abdulbar Mansoer.

  • 4) Konsep Sirkuit Jalan Raya (Street Race)

Sirkuit Mandalika akan dibangun dengan Standar FIM dan FIA untuk kelayakan penyelenggaraan event balap agar nantinya bisa dipakai untuk tuan rumah MotoGP.

Konsep Sirkuit ini adalah Street-race Circuit, yang dimana saat kompetisi balap berlangsung lintasanya akan menjadi Sirkuit dan dapat juga digunakan sebagai jalan raya (terowongan).

  • 5) Dibiayai oleh Bank Asia (AIIB)

Untuk Pembiayaan akan bekerjasama dengan Asia Infrastructure Investment Bank (AIIB), dikatakan Dirut ITDC Abdulbar Mansoer, investor juga sudah siap membantu membangun Sirkuit Mandalika.

“Investor sudah siap membangun Mandalika, dengan hadirnya spot turism akan memepercepat recovery Lombok,” ujarnya dikutip Bolasport.

Sebagai informasi, Lombok terkena Tsunami akibat erupsi gunung anak Krakatau pada Desember 2018 lalu.

  • 6) Target 2021 selesai

Pembangunan Sirkuit Mandalika dimulai Oktober 2018 dimulai dari membangun landasan dasar samapai dikerjakan oleh konstruktor.

“Kami Oktober ini sudah memulai pembentukan jalan. Ada beberapa terowongan yang saya buat karena harus disambung-sambung. Nanti 2020 sudah lebih rapi,” tutur Abdulbar.

Rencananya, Sirkuit Mandalika akan dipakai untuk MotoGP musim 2021 agenda bulan Maret berbarengan dengan gelaran MotoGP di kawasan Asia Tenggara.

Sumber data & referensi: Motorsportlives, Tribunnews, ITDC, Bolasport.

Gambar Sirkuit Mandalika

Masyarakat memanang sudah lama menanti-nanti dan berharap Indonesia punya sirkuit berstandar balap Internasional dan bisa mengikuti event balap seperti MotoGP.

Faktanya, Indonesia adalah negara kedua di dunia setelah China yang sering melihat acara balap motor paling populer tersebut.

Ya meskipun Indonesia terjepit diantara negara-negara tetangga yang sudah menyelenggarakan MotoGP, tapi nyatanya para pembalap MotoGP sering mampir sebelum Grand Prix Australia, Malaysia atau Thailand.

Harapan BlogOtive sebagai pecinta MotoGP, semoga saja Sirkuit Mandalika ini benar-benar terealisasi karena sebelumnya pemberitaan seperti ini sudah penuh melintas jagat maya namun nyatanya hingga saat ini hanya mengambang saja. (Hendri)

Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015, menulis lebih dari seribu kata setiap hari.. :)