Perbandingan Daya LED dan Bohlam adalah yang akan kita kupas disini Otivers, seperti kita tahu bahwa lampu dengan kepanjangan Light Emiting Diode ini sedang menjadi trendsenter saat ini dan mulai diterapkan pada kendaraan roda empat maupun sepeda motor. Lampu konvensional atau jenis Bulp/Bohlam sudah mulai ditinggalkan, meskipun memang masih ada beberapa merk sepeda motor terbaru yang masih menggunakan lampu bohlam.

Lampu LED
ilustrasi Lampu LED

Lampu LED memiliki daya yang tidak begitu besar bahkan sangat kecil sekali, namun pencahayaan yang dihasilkan jangan ditanyakan lagi, tentu saja lebih terang daripada jenis bohlam meskipun dayanya yang lebih kecil. Lampu LED juga bukan merupakan lampu yang membutuhkan ukuran yang besar untuk dapat menghasilkan sinar yang terang.

Nah, seberapa sih perbedaan daya yang dihasilkan oleh kedua penerangan, lampu LED dan juga lampu Bohlam ini? Yup, kita akan mengambil sampel sebuah motor yang menggunakan lampu yang sudah Full LED semua yakni All New CBR150R 2016 dengan Old CBR150R Lokal 2015 yang masih menggunakan lampu bohlam.
Dan ternyata hasilnya sungguh mengejutkan bahwa lampu LED sangatlah minim daya sob dibandingkan dengan bohlam.

Dari sektor Headlight, All New CBR150R yang sudah mengadopsi LED, dalam kondisi Low dengan total ada 4 lampu Low menyala, disana memerlukan daya 11,4 watt saja, sementara untuk Old CBR150R 2015 yang masih menggunakan bohlam dan itu saja hanya 2 lampu Low saja sudah memakan daya 75 watt. Padahal sinar yang dihasilkan lebih terang CBR150R 2016 Loh.. wedian kan lampu LED.

Jika di switch ke High, posisi high pada All New CBR150R menghidupkan dua lampu tambahan di sebelah bawah, itu artinya ada 6 lampu menyala dan itu hanya memerlukan daya 14,4 watt saja yang dimana sebelumnya (CBR150R lama) memerlukan daya 75-an watt.

Itu dibagian Headlamp, lalu bagaimana untuk bagian Lampu Sein dan lampu belakang/stop lamp? yup, dengan Lampu LED, daya lampu satu buah lampu sein hanyalah 2,5 watt sob, padahal kalau menggunakan bohlamp membutuhkan daya super gede yakni 21 watt. Sementara untuk lampu belakang memerlukan daya 0,3 watt sob dalam kondisi normal (hanya lampu yang menyala) dan jika dalam kondisi di rem (stoplamp) itu menjadi butuh daya 2,2 watt saja. Bohlam? boross!!

Pada kesimpulanya, Daya yang dibutuhkan untuk menghidupkan lampu LED lebih minim daripada untuk lampu Bohlam, dan meskipun itu, sinar yang dihasilkan lampu LED lebih terang dibandingkan dengan jenis Bohlam. Perbedaan yang sangat mencolok dari dua lampu beda generasi ini.
Adapun lampu Bohlam memang harganya lebih murah dibandingkan dengan LED, namun jika mengingat perbandingan ini jadi tidak masalah agak mahal sedikit.
Jadi itu dia sob, perbandingan daya Lampu LED dengan bohlam, semoga bermanfaat!

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu