Memilih Ukuran Helm
Ilustrasi (gambar: Luusama Helmet Store)

Cara Memilih Ukuran Helm yang Pas sesuai Ukuran Kepala

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Memilih Ukuran Helm yang Pas sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan ketika berkendara masdab, jadi sebelum membeli helm pastikan dulu helm tersebut cocok di kepala kita.

Helm merupakan alat keselamatan yang harus kita gunakan ketika berkendara sebab fungsi helm utamanya untuk menlindungi kepala dari benturan.

Nah, helm yang baik selain memiliki standarisasi minimal lolos SNI (Standar Nasional Indonesia) adalah helm yang ngefit dengan ukuran kepala kita, karena memiliki ukuran yang pas.. tidak logo dan tidak mengurangi pandangan.

Helm yang logo biasanya tidak aman, karena berpotensi naik turun, bergetar bahkan lepas kalau logo banget, sementara helm kekecilan tentu tidak nyaman dan kurang proporsional, tentu kurang aman apalagi kalau sampai mengurangi pandangan (menghalangi).

Cara Memilih Ukuran Helm yang Pas, Ukur terlebih dahulu lingkaran kepala

Terlebih dulu yang perlu dilakukan adalah mengukur terlebih dahulu ukuran lingkar kepala kita.

Silahkan gunakan alat pengukur untuk mencari tahu berapa keliling lingkaran kamu.

Bagian yang diukur adalah bagian jidat/kening atau kepala bagian atas telinga, disitu adalah ukuran keliling lingkar kepala paling panjang.

Mengukur Lingkaran Kepala untuk Memilih Ukuran Helm yang pas
Cara Mengukur Lingkaran Kepala untuk Memilih Ukuran Helm yang pas

Kalau ukuran kepala saya saat diukur adalah 57 cm, cocok pakai ukuran apa? yuk lihat dubawah

Ukuran Helm terhadap kepala (SIZE CHART)

Berikut adalah Size Chart Ukuran Helm yang biasanya digunakan oleh produsen helm di Indonesia.

  • XS (Extra Small) : 53-54 cm
  • S (Small) : 55-56 cm
  • M (Medium) : 57-58 cm
  • L (Large) : 59-60 cm
  • XL (Extra Large) : 61-62 cm
  • 2XL (Double Extra Large) : 63-64 cm

* Size chart kebanyakan produsen helm di Indonesia dan International.

Biasaya setiap produsen memiliki ukuran (size chart) yang berbeda-beda, tapi kebanyakan adalah sama dan bahkan mendekati.

“Sejumlah product di berbagai negara, ada yang beda tapi sedikit. Seperti ‘S’ [ukuran] ada juga yang 59 cm dan ‘L’ ada yang 61 cm,” ungkap Hendry Tejakusuma, Direktur PT Dinaheti Motor Industri (DMI), produsen helm MDS dan KYT seperti dikutip Kompas.

Untuk lebih pastinya soal size chart masing-masing produsen helm, yang penting kita sudah tahu lingkaran kepala kita, masalah size chart tinggal menyesuaikan masing-masing produsen.

Nah kalau kepala admin BlogOtive cocoknya pakai ukuran M nih karena ukuran lingkar kepala saya adalah 57 cm.

Nah itulah dia masdab Cara Memilih Ukuran Helm yang pas dari BlogOtive, selamat membeli helm baru masdab.. jangan lupa dipakai terus setiap berkendara ya! (Hendri)

Gambar Gravatar
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!