Beranda Pengetahuan Cara Inreyen Motor yang masih baru

Cara Inreyen Motor yang masih baru

0
BERBAGI

Inreyen adalah proses dimana komponen pada mesin motor umumnya saling menyesuaikan. Penting untuk diterapkan dalam motor yang masih baru, disini BlogOtive akan memberikan Tips Inreyen Motor baru supaya mesin tetap awet, tahan lama/punya durability yang bagus.

Seperti kita tahu, Komponen mesin ada banyak sekali dan semuanya saling berhubungan, saat masih baru disitulah mereka saling menyesuaikan, saling mengait satu sama lain. Saat motor masih baru, inilah yang terjadi.

Dalam tahapan ini hendaknya kita tidak boleh terlalu agresif dalam mengoperasikan sepeda motor, tidak boleh arogan agar komponen menyesuaikan terlebih dahulu. Mudahnya saja di ibaratkan seperti kita jika menaiki motor baru masdab, kita juga harus menyesuaikan kendaraan kita, handling, karakter tenaga motor, pengereman, panel dan yang lain-lain.. kalau langsung geber dijamin kita belum bisa menguasai sepenuhnya, alhasil jatuh, salah pencet klakson, dan kejadian lainya. Betul kan?

Nah, makanya tidak jauh berbeda juga dengan benda mati seperti mesin. Cara Inreyen yang akan BlogOtive berikan ini adalah dari Suzuki masdab, tetapi hampir semua pabrikan menyarankan yang sama kok.. jadi jangan khawatir, inreyen ini adalah suatu yang umum untuk motor baru jadi bukan hanya untuk beberapa motor tertentu saja.

Cara Inreyen Motor yang masih Baru

Cara Inreyen Motor yang masih baru
Masa-masa Inreyen (ilustrasi)

Jangan Berkendara terlalu Ekstrim
Kendarai motor barumu sesuai prosedur, biasa saja seperti air mengalir akan tetapi jangan telalu arogan, agresif, langsung gaspol atau yang lainya yang masuk dalam kategori ekstrim. Hal ini ditujukan untuk menghindari crash/kegagalan salah satu atau beberapa komponen akibat komponen tersebut belum menyatu.

Jaga Putaran Mesin agar tetap konstan
Berkendaralah dengan halus, stabil dan konsisten masdab, terutama untuk putaran mesin (rpm). Pastikan konstan di putaran tertentu agar mesin berputar dengan ritme yang sama dan semakin mempercepat proses penyesuaian.

Mengganti Oli Secara teratur
Pelumas bertujuan untuk menghindari gesekan berlebih, maka rutinlah untuk mengganti oli secara teratur, maksimal setiap 1.000 km jarak tempuh, jika lewat itu segeralah untuk mengganti oli. Penggantian oli pertama itu pasti menyenangkan untuk mesin karena sisa-sisa bahan dari mesin produksi terbuang dan tergantikan dengan pelumas baru.

Hanya itu saja tiga Tips atau Cara Inreyen Motor, intinya cukup operasikan seperti biasa dan jangan arogan, ditahan dulu untuk betot gas panjang ya.. sambil masa penyesuaian berakhir. Kapan masa Inreyen sepeda motor berakhir? Inreyen memerlukan setidaknya 500 km.

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini