Setelah kemarin BlogOtive update info mengenai Cara Inreyen Sepeda Motor yang masih baru, kini kita akan membahas yang lebih spesifik tepatnya untuk Inreyen motor Honda khusunya nakedbike 150 cc, All New Honda CB150R Streetfire.

Cara Inreyen Motor All New Honda CB150R
All New Honda CB150R

Meskipun ini adalah milik All New CB150R namun BlogOtive yakin hal ini berlaku untuk semua motor Honda lainya bahkan pabrikan lain, hanya berbeda detail penyampaian karena Inreyen umumnya adalah proses penyesuaian komponen pada motor terutama mesin untuk tetap bekerja presisi pada posisinya, tentu punya waktu untuk saling berkaitan, saling klop.

Untuk masdab saja yang punya merk selain All New CB150R monggo untuk membaca buku pedoman pemilik atau buku petunjuk saja, apapun mereknya. Kalau untuk Honda CB150R sendiri teknis untuk Inreyen dijelaskan pada halaman 7 submenu Periode Pemakaian mula pada Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Berkendara.

Selama periode 500 km pertama, ikutilah petunjuk untuk memastikan keandalan dan kinerja sepeda motor anda di masa mendatang.

Poin-poin:

  • Hindari penggunaan gas secara penuh dan akselerasi dengan sangat cepat.
  • Hindari pengereman dan penurunan kecepatan secara mendadak.
  • Berkendaralah dengan biasa saja.

Intinya Honda berusaha menjelaskan dalam masa Inreyen (jarak tempuh 500 km), pastikan masdab untuk mengoperasikan motor dengan biasa saja, naik perlahan (kecepatan) dan turun perlahan termasuk dalam pengereman dan down shifting gear, bisa ambrol nanti kalau langsung betot.. karnena inreyen sendiri adalah proses penyesuaian komponen supaya saling mengait dan padu.

Tujuanya, seperti yang di jelaskan pada buku pedoman yakni Untuk memastikan kinerja motor di masa mendatang, nah tuh dia jelas sudah. Supaya mesin motor tetap awet masdab, punya durabilitas yang tinggi, jadi proses inreyen sangat penting sebenarnya.

Mesin Motor All New Honda CB150R
MesinAll New Honda CB150R

Sebagian orang mengataka kalau Inreyen harus di push maksimal, harus di pakai ngebut biar nanti motornya bisa kencang.. menurut BlogOtive itu salah kaprah masdab, masalah kekencangan ada pada kapasitas dan spesifikasi motor itu sendiri, kalau tidak maksimal ya berarti ada komponen yang bermasalah. Motor bukanlah seperti otot kita yang bila digembleng push-up terus bisa jadi kekar dan menjadi kuat.. hehe.

Saran BlogOtive untuk Cara Inreyen Motor All New CB150R ini masdab lebih baik naikkan gas dan gear dengan perlahan, lalu berjalanlah konstan dan konsisten pada rpm tertentu yang penting jangan sampai gas pol seperti anjuran buku manual, tujuanya untuk meng klopkan komponen mesin.. halah bahasanya.., terakhir untuk berhenti juga perlahan termasuk penurunan gigi.. ini berlaku untuk periode yang ada pada buku pedoman, kalau sudah lewat itu dan yakin ya monggo geber semau loe tapi tetap hati-hati dan taati peraturan.

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu