Dorong Piston kedalam agar lebih mudah memasukkan kampas baru
Salah satu step dalam proses pergantian kampas rem

Cara Ganti Kampas Rem Depan Sepeda Motor dengan Mudah, Tidak sampai 5 Menit!

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Halo masdab dimanapun anda berada, semoga dalam keadaan baik-baik saja saat membaca artikel ini, sekarang saya mau sharing bagaimana Cara Mengganti Kampas Rem depan sendiri masdab, simpel, mudah tidak butuh waktu sampai 5 menit.. yuk lanjutkan membaca.

Entah kenapa masdab, saya kalau punya motor rasanya lebih puas mengganti part-partnya sendiri dibanding ketika menyerahkan segala urusan kepada mekanik (service) ke bengkel alias terima beres saja.. rasanya lebih puas saja, disamping itu bisa sebagai belajar seumpama tiba-tiba mengalami masalah dijalan jadi tidak merepotkan orang lain..

Dengan alasan itu sayapun akhirnya mengganti part yang menurut saya sangat simpel sekali ketika diganti yakni Kampas rem. Saya membeli kampas ori si black jack di bengkel resmi lalu saya pasang sendiri. Nah, disini saya akan membagikan caranya kepada masdab semua..

Tutorial ini saya beru judul mengganti Kampas Rem depan Sepeda Motor dengan mudah. Kenapa sepeda motor? ya karena kebanyakan motor yang berlalu lalang di jalanan itu adalah motor Jepang dan kebanyakan memiliki vendor kaliper dengan sistem yang sama atau mirip, jadi meskipun ada banyak merek seperti Honda, Yamaha, Suzuki atau Kawasaki.. cara menggantinya kurang lebih sama. Ya, kalaupun beda tutorial ini jangan diikuti masdab.. yuk lanjut.

Kampas rem berfungsi untuk menjepit diskbrake atau piringan cakram sehingga laju kecepatan roda melambat, kalau kampas rem habis akibatnya pengereman berkurang dan kalau kampas habis berpotensi merusak diskbrake karena diskbrake justru bergesekan dengan besi yang melekat pada kampas, jadi penting untuk kita segera mengganti kampas rem motor kita jika hendak habis.

Kampas rem depan motor saya ini tipis (sebenarnya masih) di angka 20 ribuan kilometer, lumayan awet dibandingkan penggunaan kampas rem teman-teman saya yang gak sampai 15 ribu sudah habis. Ya karena saya sering kombinasi rem belakang dan engine braking bro jadi pengeremanya lumayan efektif.

Nah, sebelumnya kita siapkan dulu peralatan untuk mengganti kampas motor kita.. berikut adalah alat dan part yang diperlukan..

  1. Kampas rem baru yang kompatibel dengan Kaliper. Silahkan masdab beli di toko motor atau bengkel resmi.
  2. Kunci L bintang, punya CB150R ukuran T40, motor lain ada juga yang T50.
  3. Kunci ring/pas/shock ukuran 10 mm (kebanyakan)
  4. Sudah itu saja.

Cara Mengganti Kampas Rem Depan

Lepaskan Kaliper Rem dari Shockbreaker. Pertama yang dilakukan adalah melepas kaliper yang menempel shock, pakai kunci L bintang (punya saja ukuran T40).

Melepas Kaliper Rem dari Shockbreaker
Melepas Kaliper Rem dari Shockbreaker, ada 2 baut yang perlu dicopot.

Lepaskan Kampas lama dari kaliper. Kedua, kendurkan baut yang menyangga kampas pakai kunci ring/pas ukuran 10 mm lalu copot kampas.

Kendurkan baut penyangga Kampas
Kendurkan baut penyangga Kampas

Bersihkan Area kaliper (kalau perlu). Copot juga penjepit kampas dan bersihkan, fungsi penjepit ini untuk membatasi kampas kanan dan kiri. Ben ra gathuk! Jangan kebalik ya, posisikan seperti ini.

Posisi Penjepit Kampas
Posisi Penjepit Kampas

Siapkan kampas, terlebih dahulu dorong Piston. Dorong piston pakai obeng supaya tidak mengganggu pemasangan kampas, karena ini kampas baru jadi tebal, butuh banyak space supaya bisa masuk.

Dorong Piston kedalam agar lebih mudah memasukkan kampas baru
Dorong Piston kedalam agar lebih mudah memasukkan kampas baru

Masukkan kampas satu per satu. Untuk kampas yang kedua bisa dibarengi dengan memasang baut penyangga kampas.

Dah, masukkan kembali ke posisi semula dan dikencangkan baut-baut yang tadi dilepas. Semua beres, kampas berganti dengan yang baru. Saya menggantinya tidak sampai 5 menit masdab!

Itulah dia Cara Mengganti Kampas Rem Depan dari pengalaman BlogOtive sendiri ganti kampas Honda CB150R si black jack, oh iya harga kampasnya sendiri Rp 55 ribu, common part dengan Old CB150R, CBR150R new, untuk harga kampas tipe lain silahkan tanya sendiri ke toko/bengkel teredekat ya masdab.. Semoga bermanfaat. (Hendri)

Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015, menulis lebih dari seribu kata setiap hari.. :)