Yamaha Byson FI
Shroud Yamaha Byson FI

Byson FI lebih Irit dan Kencang daripada versi Karburator

Diposting pada

Banyak kabar dari para netizen yang mengeluhkan penurunan Power si Naked punuk Byson saat mendengar atau membaca Spesifikasi motor ini, selain power mereka juga mengeluhkan sektor pengereman belakang yang menggunakan Drum Brake.

Disini BlogOtive akan mencoba menganalisa apakah benar Byson FI ini tidak kencang setelah penurunan Power? yups, jawabanya ternyata tidak dan ada alasanya, mengapa? karena ada penurunan di ruang bakar Byson FI menjadi 149,3 cc guna lolos standarisasi Euro 3.

Byson FI lebih cepat dan Irit

Lantas mengapa penurunan power akibat pengecilan ruang bakar dan perubahan FI malah lebih cepat? sebenarnya tidak banyak lebih kencang dari sebelumnya, namun ada peningkatan, ini disebabkan karena penurunan berat motor ini lebih ringan 3 Kg sehingga hanya memiliki bobot 133 kg yang mengakibatkan power to weight ratio dan akselerasinya lebih baik. Hal ini sudah dibuktikan oleh media dan Technical Service YIMM di sesi test ride kemarin.

“Powernya memang sedikit turun tapi bobotnya lebih ringan 3 kg, sehingga power to weight ratio-nya lebih baik. Akselerasinya lebih baik 1 detik dalam jarak 400 meter,” ungkap M Abidin selaku GM Technical Service & Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) seperti yang BlogOtive kutip dari aripitstop.com (19/6/2015).

Nah, sudah gamblang kan kalau Power lebih baik dan akselerasi meningkat? semuanya sudah di teliti bro, jarang sekali motor yang mendapat update malah lebih jelek dibanding versi sebelumnya. Tak hanya itu, konsumsi BBM motor ini juga lebih irit 18%, hal ini juga dikatakan M Abidin.

“Sebenarnya penurunan kapasitas ruang bakar adalah kombinasi yang pas agar bisa lolos standarisasi euro3 tanpa mengurangi performanya dan mendapatkan fuel consumption yang baik lebih irit hingga 18 persen dari versi karburator,” imbuhnya.

Dengan hal ini dapat disimpulkan bahwa All New Byson FI lebih Irit dan Kencang dibandingkan Byson Karburator.

Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015, menulis lebih dari seribu kata setiap hari.. :)