Mungkin banyak dari kita penasaran bagaimana kalau motor kita menggunakan campuran bahan bakar minyak (BBM) misalkan untuk produk Pertamina saja ya, mencampur Pertalite dengan Pertamax, Pertamax Plus dengan Pertalite atau Premium dengan Pertalite.. apakah boleh? jawabanya boleh-boleh saja kok!

Bahan Bakar Minyak
BBM Pertamina, Premium sudah dihapus perlahan

Alasan pencampuran mungkin karena memang disengaja supaya bisa mendapatkan Kualitas lebih (contohnya Pertalite dengan Pertamax) tetapi dengan biaya yang dikeluarkan tidak banyak seperti jika full Pertamax, atau memang alasanya karena tidak disengaja contohnya jika kasusnya seperti BlogOtive, kemarin isi Pertamax Plus tetapi karena sekarang lagi bokek terpaksa pakai Pertamax saja.

Boleh saja mencampur BBM seperti beberapa contoh diatas, tetapi disarankan lebih baik menyesuaikan juga dengan kompresi mesin motor masdab.. karena bila dilogika otomatis mencampur Pertalite (90) dengan Pertamax (92) jelas nilai oktanya lebih rendah daripada full Pertamax (92). Itu diatas buka enggak boleh atau bahaya, tetapi “lebih baik” dilakukan supaya performa motormu enggak memble apabila kompresi mesin motor tinggi!

Lalu pertanyaan selanjutnya, apakah dengan mencampur dua jenis bahan bakar contohnya Pertalite dengan Pertamax, fitur atau keunggulan pada Pertamax masih bisa kita dapatkan untuk motor kita? bisa ikut dan beberapa jadi hangus (tidak ikut).. oke jawaba detailnya mungkin sambil kita bandingkan beberapa fitur dari BBM dari Pertamina ini;

  • Premium : Premium sudah akan tergantikan oleh Pertalite. Memiliki Nilai Oktan 88, mengandung pewarna dye.
  • Pertalite : Memiliki Nilai Oktan 90, tidak berpewarna, mengandung zat aditif Ecosave.
  • Pertamax : Memiliki Nilai Oktan 92, tidak berpewarna, mengandung zat adifit Ecosave.
  • Pertamax Plus : Pertamax Plus sudah akan tergantikan oleh Pertamax Turbo. Memiliki Nilai Oktan 95, tidak berpewarna, mengandung zat adifit Ecosave.
  • Pertamax Turbo : Memiliki Nilai Oktan 98, tidak berpewarna, mengandung zat adifit Ecosave, formula Ignition Boost Formula (IBF).

EcoSAVE adalah zat aditif yang mengandung fitur dengan fungsinya masing-masing.

  1. Detergency, membersihkan mesin.
  2. Corrotion Inhibitor, pelindung anti karat.
  3. Demulsifier, menjaga kemurniah bahan bakar dari campuran cairan seperti air.
Sayangnya, jika masdab hendak mencampur bahan bakar jenis apapun tetapi dicampurnya dengan Premium, kita bakalan kehilangan zat aditif karena bakalan tidak berfungsi jika bertemu dengan Premium, meskipun boleh-boleh saja dan nilai oktan juga naik (lebih dari Premium/88). Intinya cuma kehilangan fungsi zat aditifnya!
BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu