Ban Motor Matic
Ban Motor Matic

5 Ban Motor Matic ring-14 Termurah dan Awet, Cocok untuk Musim Hujan!

Diposting pada

BLOGOTIVE.COMRainy December, ya memasuki bulan Desember, iklim di Indonesia berganti menjadi musim hujan teman-teman pembaca setia semuanya! Jadi, jangan biarkan ban motor matic kamu gundul ya, karena kalau tidak ban tersebut bakalan licin dan handling motor pun akan berkurang.

Saat musim hujan, ban motor butuh cengkraman yang lebih karena air yang menggenang di aspal  akan menjadi penghambat dan mengurangi gaya gesek ban terhadap lintasan aspal. Apalagi kalau ban gundul, sudah pasti pattern ban sudah menipis! Padahal fungsi dari pattern itu sendiri adalah untuk membantu memecah genangan dan memisahkan air dari ban.

Nah, intinya jangan ditunda lagi deh untuk kamu yang ban motornya sudah gundul! Oleh karena begitu, kali ini BlogOtive akan memberikan teman-teman semuanya beberapa rekomendasi tipe ban untuk motor matic termurah yang bisa kamu coba dari beberapa produsen ban kenamaan.

Ban Motor Matic Ring-14 Termurah

Corsa ECOMAX H01

Corsa ECOMAX H01
Corsa ECOMAX H01

Ban yang pertama adalah Corsa ECOMAX H-01. Ban ini lumayan awet untuk motor matic kamu, ditambah lagi desain pattern-nya juga keren.

Harga Ban Corsa ECOMAX H01 depan (80/90-14) ada di tingkatan Rp 110 ribuan dan belakang (90/90-14) berada di harga Rp 135 ribuan untuk tipe ban biasa (tube/pakai ban dalam). Kalau varian ban tubeless-nya memiliki harga Rp 127 ribu untuk ban depan dan 154 ribu untuk ban belakang.

Selain awet, menurut saya ban ini adalah ban yang harganya paling murah jika dibandingkan dengan tipe ban lainya di ukuran yang sama untuk kelas motor matic ukuran rim 14 inci.

IRC SS 530

IRC SS 530
IRC SS 530

Ban yang kedua adalah IRC SS 530. Pada bagian ban depan motor ini, terdapat pattern yang bergaris tengah, lantas ban ini lumayan cocok untuk kondisi basah atau ketika hujan.

Soal desain pattern, menurut saya ban ini tidak sebagus Corsa ECOMAX. Akan tetapi ban ini ternyata lumayan banyak yang pakai lho! Bahkan ban ini dijadikan ban OEM pabrikan.

Kalau kamu tanya berapa harganya, ban ini bisa dibanderol di harga Rp 130 ribuan untuk ban depan ukuran 80/90-14 dan ban belakang 90/90-14 tubeless-nya ada di harga Rp 160 ribuan

Aspira Premio Urbano

Aspira Premio Urbano
Aspira Premio Urbano

Posisi ketiga ditempati oleh ban Aspira Premio Urbano. Ciri khas ban Aspira ini ada di pattern ban yang menyerupai huruf “A” yang  menurut BlogOtive lumayan keren juga.

Premio Urbano juga terkenal menjadi line-up Aspira yang karakteristiknya punya durability yang cukup tangguh, cocok untuk pengendara dengan jam terbang tinggi.

Nah, harga Ban Premio Urbano ini ada di kisaran Rp 140 ribuan (ban depan) 80/90-14, dan untuk ban belakangnya (ukuran 90/90-14) tubeless ada di harga Rp 170 ribuan.

Corsa R26

Corsa R26
Corsa R26

Kalau Corsa Ecomax yang dibahas di atas terkenal sebagai ban dengan harga yang cukup murah, ban Corsa R26 satu ini memang dibuat untuk kamu yang lebih memerhatikan performa karena ban lebih nge-grip daripada ban Ecomax.

Corsa R26 ini bagus untuk dipakai di kondisi basah atau saat hujan. Walau ban ini memiliki pattern yang tidak memiliki pembelah air, compound ban ini lebih lembut.

Harga Ban Corsa R26 ini ada di tingkatan Rp 145 ribuan untuk ban depan dan Rp 179 ribu untuk ban belakangnya. Soal ukuran, ban ini memiliki ukuran standard ring-14.

FDR GENZI PRO

FDR GENZI PRO
FDR GENZI PRO

Last but not least, di urutan kelima ada merek FDR dengan ban Genzi Pro-nya. Nah, ban ini cocok banget bagi kamu yang suka barang dengan desain yang agresif karena pattern ban FDR ini garang banget!

FDR Genzi Pro ini memang lebih mahal daripada ban-ban merek lainnya. Harga ban ini ada di tingkatan Rp 160 ribuan (depan) 80/90-14 dan Rp 190 ribuan untuk ban belakang 90/90-14 tubeless.

Tips Memilih Ban Motor

Bingung dengan pilihan ban yang memang banyak bener? Berikut ada beberapa tips agar kamu tidak bingung saat memilih ban motor versi BlogOtive :

  • Pilih yang harganya pas sesuai dengan bujet
  • Pilih yang pattern-nya keren menurutmu
  • Ban dengan desain pattern garis tengah akan lebih bersahabat dengan kondisi hujan
  • Pilih ban dengan compound lembut untuk cengkraman lebih baik

Sebelum mengakhiri artikel ini, perlu diingat bahwa harga di atas hanya merupakan estimasi ya! Karena setiap seller / penjual / toko ban akan memiliki harganya yang berbeda-beda. Tapi kamu nggak perlu cemas kok, karena selisih harganya tidak akan terpaut jauh.

Bagi kamu yang masih bingung di mana kamu bisa mendapatkan berbagai ban tersebut, kamu bisa mendapatkan Ban Motor matic  dengan harga yang sangat murah melalui e-commerce kenamaan seperti Shopee Indonesia! Karena hanya di Shopee kamu bisa mendapatkan berbagai promosi menarik seperti gratis ongkos kirim, jadi kamu tidak perlu khawatir soal harga ban yang mahal! (Hendri)

Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015, menulis lebih dari seribu kata setiap hari.. :)