Aturan atau regulasi World Super Sport 300 , BlogOtive – Seperti yang diupdate pada artikel sebelumnya bahwa secara resmi Dorna dan FIM mengumumkan bahwa World SSP 300 sebagai penjenjangan kompetisi WorldSBK dari kelas 300 cc dan sekitarnya dan akan dimulai pada tahun 2017, nah disitu FIM juga telah membuat aturan-aturan, lebih tepatnya yang menyangkut spesifikasi teknis.

Yamah R3 masuk syarat WorldSSP
Yamaha R3, salah satu motor yang memenuhi syarat masuk WorldSSP

Seperti diketahui motor yang sudah lolos atau memenuhi syarat untuk berkompetisi diantaranya yakni Honda CBR500R, Kawasaki Ninja 300 (EX300ADF), Yamaha YZF-R3 dan KTM RC390. Nah, kelima motor diatas memiliki kubikasi yang berbeda. Adil kah? mari kita simak aturan-aturanya dibawah masadab

WorldSSP 300
WorldSSP 300


Spesifikasi Motor
Spesifikasi motor yang digunakan harus sama seperti awal saat diproduksi massal, jadi manufacturer tidak diperbolehkan meracik khusus.

Adapun kelas mesin yang bisa masuk adalah yang di jual di Eropa sebagai mesin kelas A2 dan tidak termasuk kelas A1, Komisi Superbike berhak memutuskan mesin mana yang memenuhi syarat dan sementara ini ada; CBR500R, Ninja 300, R3 dan RC390 dimana daftar itu bisa dirubah kapanpun oleh komisi Superbike.

Nah, untuk kesetaraan/menyeimbangkan kubikasi mesin dengan output power yang berbeda-beda, diantaranya meliputi

  • Batas Revs mesin
  • Batas berat/perubahan berat

Berat minimum untuk motor yang sudah masuk daftar, diantaranya; CBR500R 150 kg, Ninja 300 140 Kg, Yamaha R3 140 Kg, KTM RC390 136 Kg. IMO.. Sepertinya penentuan berat minimal diambil dari PWR (power to weight ratio).

Bahan bakar dan ban
Bahan bakar terisi penuh. Rider dapat menggunakan maksimal dua ban depan dan dua ban belakang (dry race) setiap perlombaan. Ban disediakan oleh pemasok mesin.. (mungkin dan besar sekali kemungkinan adalah Pirelli)

Mesin dan sistem Injeksi
Alokasi mesin tidak terbatas.

Sistem injeksi harus menggunakan bahan asli (waktu produksi), tanpa modifikasi;
Injektor bahan bakar tidak berubah dari aslinya

  1. Air Funnel harus tidak berubah dari spesifikasi awal pembuatan.
  2. Katup kupu-kupu tidak boleh dimodifikasi.
  3. Katup throttle sekunder tapi tidak poros, dapat dihapus atau tetap diposisi terbuka.
  4. Perangkat Variable intake tract bisa ditambahkan bila sebelumnya motor tidak ada, jika ada semuanya harus tetap sama.
  5. Udara dan campuran udara/bbm bisa ke ruang bakar secara eksklusif melalui kupu-kupu throttle body.
  6. Pengontrol elektronik katup throttle atau yang dikelan sebagai throttle by wire hanya digunakan bila motor memilikinya. Software (ECU) bisa dimodifikasi namun semua sistem keselamatan haurs tetap dipertahankan dan asli.

Kepala Silinder dan Piston
Kepala silinder harus asli dan tidak bisa dimodifikasi, kepala gasket bisa diubah.
Camshalft harus asli dan tidak bisa dimodifikasi,
Cam Sporocket atau gear harus asli dan tidak bisa dimodifikasi.
Silinder harus asli dan tidak bisa dimodifikasi.
Piston harus asli.
Ring piston, pin dan klip piston harus asli.

Itu dia beberapa cuplikasan aturan World Supersport 300 sob, tidak semua BlogOtive tulis namun cukup mewakili karena kebanyakan memang harus komponen asli untuk bagian mesin, kecuali ECU. Untuk yang pengen lihat keseluruhan aturanya bisa klik link ini.

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu