Percepatan 6 Speed, apakah lebih kencang dari 5 speed?

Diposting pada

Hallo teman-teman BlogOtive, diantara banyaknya persaingan motor mereka hadir dengan kondisi yang berbeda-beda, terutama soal transmisi dengan enam percepatan atau lima percepatan, ini memang digunakan oleh motor-motor dengan kapasitas mesin besar.

Tetapi diantara mereka ada yang menggunakan percepatan 5 ada juga yang 6, seperti motor-motor Yamaha seperti Vixion, Byson, Scorpio dan yang lain (kecuali R series) yang masih menggunakan percepatan 5 speed padahal mesinya pada gede-gede.
Sementara itu ada Satria F dan Honda CBR yang menggunakan 6 speed.

Untuk perbedaan ini, BlogOtive akan berusaha menjawab pertanyaan ini dan seringkali banyak dipertanyakan oleh si pengguna Mesin Garpu Tala, ya kan?

Transmisi Motor 6 Speed

Sebenarnya 5 atau 6 Speed itu tidak menjamin kecepan, yang lima speed lebih lambat atau sebaliknya, itu tergantung dari spesifikasi masing-masing motor faktor power dan lainya.
Pembagian transmisi gear itu sebenarnya hanya untuk dibagi sesuai kebutuhan si pengendara dengan level tenaga atau kecepatan berbeda-beda setiap gearnya, ambil saja gigi 1 pasti gigi ini memiliki tenaga lebih besar namun kecepatan paling lambat, semakin banyak gigi seumpama 5 atau 6 maka semakin cepat.

Nah, masalah perbedaan ini bisa kita simpulkan bahwa tidak ada perbedaan masalah kecepatan hanya pembagiannya saja kita ambil contoh jika kapasitas 100 dibagi 5 dengan 100 dibagi 6, sama-sama kapasitas 100 namun dengan pembagian yang berbeda-beda dan untuk mencapai kecepatan tertinggi berada di gigi terbanyak masing-masing.

Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015, menulis lebih dari seribu kata setiap hari.. :)