Perbedaan Satria F150 terbaru bertajub All New FU Injeksi dengan Satria F Karburator akan kita bahas pada laman ini sob, Seperti diketahui bahwa Suzuki Satria terbaru ini diluncurkan pada 16 Februari 2016 di Sirkuit Sentul.

Perbedaan yang paling jelas adalah sistem Suplai bahan bakar keduanya, dimana Old Satria masih menggunakan Karburator sementara untuk All New Satria baru pakai teknologi canggih yang sudah di program sebuah sistem elektronik, Fuel Injection, Injeksi atau disingkatnya FI, akan tetapi masih ada juga perbedaan-perbedaan besar diantara keduanya..

Old Satria dengan All New Satria Injeksi
Old Satria dengan All New Satria Injeksi

Design
Dari sektor Design filosofi Satria masih ada diantara keduanya, hanya saja di All New Satria Injeksi lebih terlihat lebih runcing sisi-demi-sisinya berbeda dengan old Satria yang lebih curved, adapun perbedaan design lainya adalah

1. Headlamp
Headlamp Old Satria terdapat bulatan di tengah, untuk All New Satria lebih terlihat seperti kepala iron-man, lampu sudah dibekali lampu senja dibagian atas dan ada lampu untuk pass beam.

Fitur Headlamp All New Satria Injeksi
Headlamp LED

2. Fairing
Fariring Old Satria bermodel curved, sementara untuk All New Satria lebih lancip, selain itu di bagian lubang udara (air layer) di Satria yang baru ada semacam jaring-jaring untuk melindungi benda asing masuk ke sektor mesin.

  Honda Sonic dan CB150R Facelift sudah Inden
Fitur Keranjang All New Satria Injeksi
Fairing Satria Injeksi

3. Spakbor
Spakbor depan hampir tidak ada perubahan (sama), hanya saja di All New Satria di atas ban diberi lubang dengan tujuan berat spakbor lebih ringan, aerodinamis dan bisa menjadi pendingin radiator lewat jalur angin dari ban.

Untuk spakbor belakang sangat berbeda, di Old Satria Karburator modelnya standar sementara di All New Satria lebih terlihat menggantung sporty dan lebih fungsionalis karena lebih panjang dengan tujuan pembnceng tidak akan kecipratan air disaat musim hujan.

4. Knalpot
Knalpot yang digunakan di Satria Injeksi dibuat lehernya lebih lebar dan besar untuk mendukung pernapasan mesin, design juga sedikit berubah di All New Satria memakai knalpot Satria Karbu Euro 3.

5.Tal Lamp
Lampu belakang keduanya sedikit berbeda, akan tetapi filosofi lampu beulatan di tengah Satria tetap dipertahankan di keduanya.

Fitur Tail Lamp All New Satria Injeksi
Tail Lamp khas Satria

Penerangan
Lampu atau bagian Headlamp Satria Injeksi sudah menggunakan jenis Light Emiting Diode (LED), namun untuk bagian lampu sein tetap masih bohlam, sementara untuk Satria Karbu semua peneranganya masih menggunakan jenis Bulp atau Bohlam.

  Yamaha NMax di eksport ke 8 Negara

Speedometer
Spedo All New Satria F150 sudah mengusung Full Digital sementara untuk Old Karbu masih menggunakan perpaduan Digital-Analog. Spedo Satria terbaru juga memiliki indikator yang lengkap sepeti odometer, jam, trip A, B juga pergantian oli periodik serta terdapat tulisan ‘FU ready to go’ pada saat kontak dihidupkan.

Fitur Speedometer All New Satria Injeksi
Speedometer Digital

Kunci Kontak
Di All New Satria Injeksi sudah pakai kunci kontak berpengaman magnet yang cangging (Shutter Key) dengan menekan dengan gagang kunci tanpa memutar.

Fitur Shutter Key All New Satria Injeksi
Pengaman kunci baru

Footstep
Footstep All New Satria dibuat versi Lipat sementara di old Satria FU Karburator masih model tanam, kelebihan model Lipat selain lebih sporty juga lebih aman karena terdapat pentolan yang akan mengindikasikan gesekan dengan aspal ketika menikung terlalu tajam.

Fitur Footstep All New Satria Injeksi
Footstep Lipat

Ruang Penyimpanan
All New Satria Injeksi memiliki ruang penyimpanan khusus di bagin leher, ruang bisa digunakan untuk menyimpan kanebo sementara di bawah jok juga ada tempat untuk menaruh toolbox, ini tidak ada di old Satria Injeksi.

Fitur Bagasi All New Satria Injeksi
Bagasi depan

Sasis
Sasis All New Satria lebih ringan karena sasis model Twin Spar milik Satria ini diperbarui dan dikurangi beberapa komponen, dengan ini berat kosong keseluruhan menjadi berkurang, lebih ringan.

  Spesifikasi Mesin Honda Sonic bakalan mirip CBR150R

Starter
Starter Satria Karbu masih pakai Starter Konvensional, sementara untuk Satria Injeksi sudah menggunakan Starter ala bigbike Suzuki, One Push atau Suzuki Easy Start yang hanya butuh sekali tekan untuk menghidupkan mesin.

Pendingin Mesin
Pendingin mesin Suzuki Satria Karburator pakai Pendingin Udara atau Air Cooled, sementara untuk Satria FU Injeksi sudah menggunakan Pendingin Cairan, Radiator atau Liquid Cooled.

Mesin & Performa
Mesin All New Satria ini di buat baru, meskipun kubikasi sama namun Suzuki merubah beberapa komponen untuk menghasilkan daya yang lebih, seperti perubahan pada trottle yang lebih besar. Satria Injeksi mampu mengeluarkan daya maksimum sebesar 18,2 HP atau 13,6 kW dalam 10.000 rpm sementara old-Satria hanya 16 HP dalam 9.500 rpm, begitu juga dengan torsi old Satria Karbu hanya 1,27 kgf.m sementara untuk Satria Injeksi naik menjadi 1,3 kgf.m.

Bagaimana Otivers mengenai Pebedaan All New Satria Injeksi dan Karburator yang BlogOtive sajikan? Satria FU memiliki generasi dan fitur yang berbeda banget..

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu