Beranda Yamaha Ini alasan Yamaha tidak tertarik buat Motor Ayago

Ini alasan Yamaha tidak tertarik buat Motor Ayago

0
BERBAGI

“Yamaha ogah pasarkan Ayago” itulah kutipan yang menjadi titik fokus perbincangan pasca sedang panasnya kabar mengenai peluncuran Ayago dari Honda, Sonic 150R karena seperti kita tau bahwa Honda-Yamaha adalah seteru di industri sepeda motor bahkan hingga dunia balap (pokoknya yang berhubungan dengan motor).

Sekarang BlogOtive akan mengajak teman-teman yang mungkin pecinta Yamaha (Fans berat Yamaha) dan bertanya-tanya “mengapa sih pabrikan idola saya ini gak produksi motor model Ayam Jago?” kini kami akan berusaha menelisik penyebabnya.

Sebelumnya, GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Mohammad Msykur mengataka bahwa penjualan model ayago yang pernah dibuat Yamaha dulu itu lesu.
“Kita belum ada rencana. Karena zamannya 2 tak dulu ada Champ, marketnya segitu-segitu aja. Dan segmentasinya juga segitu-segitu aja. Kita masih belum lihat ada peluang,” ungkapnya.

“Yang signifikan adalah saat pasar bebek turun, ternyata penjualan Jupiter MX justru stabil. Makanya kita fokus ke Jupiter MX,” imbuhnya.

Champ, motor Ayago Yamaha
Champ, motor Ayago Yamaha. (image source: rudysoul.com)

Secara realita jika dibuktikan dari perkataan Masykur ternyata ada benarnya. Diambil kesimpulan bahwa Yamaha saat ini belum mau menjual produk Ayam Jago dikarenakan tren pasar yang belum begitu banyak.

Dari statistik penjualan Motor yang dihimpun oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada bulan Januari hingga Juni 2015 (semester 1) mencatatkan bahwa penjualan Bebeksport andalan Yamaha, Jupiter MX 150 malah lebih laris ketimbang sosok Ayago Suzuki, Satria F150.

Dalam data yang dilansir oleh AISI, penjualan Jupiter MX series dijual total 98.124 unit dimana 70.534 dusumbangkan oleh MX King 150 sementara sisanya disumbangkan Jupiter MX 150. Ini jelas mengalahkan total  penjualan Ayago Suzuki Satria F150 di angka 43.566 unit saja.

Bebeksport Yamaha masih diatas Ayago, itulah alasan mengapa Yamaha belum tertarik memproduksi Ayago, namun tidak menutup kemungkinan apabila Yamaha menyiapkan ayago apabila Jupiter MX King diusik, seperti kita ketahui Honda K56F adalah produk yang disinyalir melahirkan model bebeksport penantang Yamaha Jupiter MX King.

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini