Beranda Masyarakat Otomotif Ini alasan Knalpot berada di sebelah kanan

Ini alasan Knalpot berada di sebelah kanan

0
BERBAGI

Kenapa knalpot posisinya berada di sebelah kanan? Yup, pasti banyak dari kita bertanya tentang hal itu dan kebanyakan tidak mengetahui alasanya kenapa seperti itu, nah disini BlogOtive akan memberikan alasan Knalpot berada di sebelah kanan sob.. check it out!

Yup, seperti diketahui bahwa Knalpot merupakan komponen dalam sebuah kendaraan untuk mengeluarkan zat sisa hasil pembakaran, sisanya itu berupa asap yang panas sob.. Panas? Yup, tentu saja panas.. nah sebenanya alasanya bermula dari sini..

alasan Knalpot berada di sebelah kanan
Kenapa knalpot harus di sebelah kanan?

Sebenarnya alasan Knalpot diposisikan di sebelah kanan bukan karena hal-hal teknis, standar regulasi atau apapun itu, tetapi hanya karena untuk menghindari kejadian tersengat knalpot oleh yang mengendarainya.

Sadarkah kita jika setiap kita naik motor itu selalu di awali di kiri? yup, sebagai manusia yang normal (bukan kidal) kaki kanan memang merupakan acuan keseimbangan, yang paling baik untuk keseimbangan daripada kaki kiri.. jadi saat kita melangkah dengan kaki kanan tentu mula-mulanya dari sisi kiri sob.. (sebenarnya ini juga bisa digunakan untuk menjawab alasan kenapa stand motor condong ke kiri, posisi kiri) nah, jadi posisi knalpot harus dibuat berlawanan.. dibuatlah sebelah Kanan.

Otomatis dengan berada di kanan, risiko kaki tersengat knalpot akan lebih kecil sob karena kita naiknya dari kiri.. lah wong knalpot di sebelah kanan saja, banyak dari kita kakinya yang masih tersengat panasnya knalpot.. lah gimana mau di kiri? haha..

Sebenarnya posisi knalpot yang lebih aman lagi berada di bawah buritan, seperti motor-motor fairing atau motor balap.. tetapi untuk motor pabrikan, dengan memposisikan knalpot di bawah buritan akan terhalang dengan spakor.. padahal fungsi spakbor ada banyak, untuk dudukan plat nomor, menangkis cipratan air dari ban dan untuk lampu pembantu stop lamp (itu yang warnanya merah menyala kalau terkena sorot.. gak tau apa namanya)

Nah.. Bagaimana sob? sudah tau kan alasan Knalpot berada di sebelah kanan.. jangan lupa simak info-info menarik lainya.. // BlogOtive

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini