Kenapa Harga KTM Duke dan RC series begitu murah? , BlogOtive – Mungkin Otivers banyak yang bertanya kenapa harga motor-motor KTM sekarang harganya jauh lebih murah dan bahkan bisa lebih murah daripada motor Jepang, padahal diketahui brand ini merupakan brand Eropa (Austria) yang mustinya dijual super mahal seperti BMW atau Ducati contohnya, disini kami akan mencoba untuk memberikan alasanya berdasarkan info yang telah digaris bawahi oleh KTM melalui press kemarin.

Jadi sebenarnya BlogOtive cukup penasaran kenapa harga KTM Duke dan RC series begitu murah dengan penurunan drastis sebanyak 40% hanya karena di Completely Knocked Down (CKD) saja, memang CKD lebih murah daripada CBU namun haganya biasanya tidak begitu jauh bahkan sampai se-ekstrim 40% seperti Harga KTM, nah dari situ penasaran muncul dan ketemu juga klausul kenapa hal itu terjadi.

Seperti diketahui, sebelumnya harga KTM Duke 200 adalah Rp 52 jutaan kini dibandrol Rp 33 juta, untuk RC200 dari mulanya Rp 56 jutaan menjadi Rp 37 juta serta untuk motor 250 cc-nya, Duke 250 dari yang dibandrol Rp 70 jutaan menjadi Rp 44 juta dan KTM RC250 dari Rp 75 jutaan kini menjadi Rp 47 juta. Turun banyak banget!

KTM Duke 250
KTM Duke 250

Jadi gini masdab semua, KTM dan Bajaj membangun kerjasama unutuk membuat motor-motor KTM dan dipasarkan di India sana, setelah putus kerjasama dengan Kawasaki dengan produk Pulsar NS200-nya, kini Bajaj Auto menggandeng KTM dan memasarkan Duke series di negara taj mahal, nah tidak jauh dari situ, pada akhirnya perusahaan Bajaj di Indonesia juga bekerjasama dengan KTM Indonesia menjadikan PT Penta Jaya Laju Motor sebagai distributor tunggal motor ini.

Rencananya, PT Penta Jaya membuat pabrik untuk perakitan motor KTM ini di Indonesia, tepatnya di Gresik, Jawa Timur, lahan sudah disiapkan dan maksimal 2 tahun depan pabrik sudah siap beroprasi. Lalu bagaimana dengam KTM Duke dan RC Series yang di jual di Indonesia saat ini, darimana dia dibuat?

Nah, untuk sementara ini, KTM dan Bajaj India melakukan semajam direct distribution ke Indonesia yang sebelumnya harus dikirim dulu ke Austria untuk dikirim lagi ke Indonesia, hal itu juga yang membuat harga CBU KTM Duke dan RC series begitu mahal masuk kesini, nah dengan direct ini maka nanti tidak perlu lagi ke Austria melainkan dari India langsung ke Indonesia namun bukan import motor utuh (CBU) melainkan dengan cara Completely Knocked Down (CKD), artinya diimport parts secara terpisah lalu baru dirakit disini.

KTM RC 250
KTM RC 250

Motor-motor yang di CKD akan dirakit dengan forecast 600 unit per-bulan atau target 10,000 unit per tahun sebelum pabrik beroprasi untuk di produksi lokal, Penta Jaya akan mempekerjakan 120-150 orang pekerja lokal untuk merakit Duke dan RC series. Beberapa komponen lokal yang sudah lolos SNI juga akan disematkan untuk motor ini seperti rantai, Meskipun dirakit lokal beserta beberapa komponen kecil, namun Direktur Penta Jaya, Kristianto Goenadi mengklaim bahwa kualitas tidak ada penurunan, masih standar Eropa.

Nah jadi itu dia alasan kenapa Harga KTM Duke dan RC series begitu murah, karena dengan CKD dan dengan sistem pendistribusian yang lasngsung di direct maka Harga motor bisa ditekan. Mungkin itu saja sedikit penjelasanya masdab, semoga terjawab!

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu