Beranda Masyarakat Otomotif Tips Memanaskan Mesin Motor, tidak perlu lama

Tips Memanaskan Mesin Motor, tidak perlu lama

0
BERBAGI

Tips Memanaskan Mesin Motor , BlogOtive – Hallo masdab, sekarang kita bakalan sharing sedikit mengenai Memanasi motor, sebagaimana kita tahu salah satu fungsi memanasi motor adalah tidak lain supaya komponen-komponen dalam motor siap dan terutama yang saling berkaitan, seperti pelumas (oli) dan saluran pembakaran dikatakan menyatu dan siap digunakan, tujuanya tidak lain agar kita bisa merasakan keadaan yang optimal ketika kita menggunakan motor nanti.

Tapi tahukah kita kalau memanaskan motor terlalu lama ternyata  justru itu tidak baik dan terkesan mubazir atau disayangkan, apalagi untuk motor sekarang yang fiturnya sudah canggih dan semuanya sudah terprogram dengan elektronik (Motor Injeksi), jadi enggak cuma asal ngalir aja. Sistemnya sudah tertata rapi.

Memanaskan Mesin Motor
Ilustrasi Memanaskan Mesin Motor

Beberapa mekanik menyarankan agar dalam memanaskan mesin motor cukup dengan kisaran waktu 30 sampai 60 detik saja (maksimal 1 menit) itu sudah dirasa cukup untuk memanaskan mesin motor dan siap untuk digunakan. Beberapa dampak yang bisa ditimbulkan jika kita memanaskan mesin motor terlalu lama;

Mesin bisa Overheat
Untuk motor yang menggunakan pendingin mesin Cairan (Water/Liquid Cooled) tidak akan berdampak buruk, tetapi kalau untuk motor dengan pendingin Udara contohnya, mesin bisa Kepanasan berlebih atau istilahnya Overheating karena motor dalam keadaan diam.

Menimbulkan Polusi
Memanaskan mesin terlalu lama juga membuat ekstra polusi lebih di lingkungan kita masdab, baik itu polusi udara maupun polusi suara.

BBM terbuang sia-sia
Mesin hidup lama-lama sudah pasti bahan bakar terus mengalir, dan itu mubazir bahan bakar, Bahan Bakar Minyak (BBM) atau Bensin kita terbuang sia-sia.

Nah jadi tidak perlu lama masdab dalam kita memanaskan mesin motor, tidak perlu juga dalam memanaskan motor harus digeber-geber, cukup diamkan saja mesin sudah panas kok!

Disarankan juga untuk memanaskan mesin untuk menggunakan engkol atau kick starter, tujuanya untuk menghemat aki karena cukup besar daya yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin dalam kondisi dingin, dibandingkan jika motor sudah dipakai/panas.
Jadi, Cukup diamkan saja satu menit dalam gear netral, sehabis itu tinggal pancal perseneling, gas dan mulai jalan, enggak usah ribet-ribet sob!

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini